Jaringan GPU Terdesentralisasi, Aethir, Catat Pendapatan $36 Juta di Tahun Pertama!

Updated
July 17, 2024
Gambar Jaringan GPU Terdesentralisasi, Aethir, Catat Pendapatan $36 Juta di Tahun Pertama!

Jakarta, Pintu News – Aethir, penyedia infrastruktur cloud terdesentralisasi, baru saja melaporkan pendapatan sebesar $36 juta dalam setahun terakhir, yang berujung pada pertumbuhan bulan-ke-bulan sebesar 10%.

Permintaan untuk AI, cloud gaming, dan daya komputasi edge menjadi pendorong utama pertumbuhan jaringan unit pemrosesan grafis (GPU) terdesentralisasi ini.

Pertumbuhan dan Keunggulan Aethir

Aethir mengklaim sebagai jaringan infrastruktur fisik terdesentralisasi GPU-as-a-service satu-satunya di dunia yang berstandar enterprise.

Baca juga: ApeCoin Luncurkan Testnet Layer-2 ApeChain: Curtis!

Layanan komputasi GPU yang ditawarkan sangat dapat diskalakan dan hingga 60% lebih murah dibandingkan pesaing seperti Amazon Web Services dengan menyediakan infrastruktur terdistribusi yang memanfaatkan GPU yang tidak terpakai.

Aethir menggunakan pusat data tier 3 dan tier 4, yang merupakan dua tingkatan teratas, untuk sumber kapasitas GPU-nya. Pusat data jenis ini diharapkan memiliki uptime sebesar 99,982%.

Co-founder dan kepala strategi Aethir, Mark Rydon, mengatakan bahwa tonggak sejarah baru ini menunjukkan kebutuhan pasar akan sumber daya komputasi yang lebih mudah diakses serta kemampuan untuk menyediakan infrastruktur yang lebih kuat, fleksibel, dan mudah diakses untuk tugas-tugas yang memerlukan GPU intensif.

Proyek yang Didukung oleh Daya GPU Aethir

TensorOpera AI menggunakan daya GPU terdesentralisasi Aethir untuk melatih model AI dengan 750 juta parameter selama 30 hari berturut-turut.

Selain itu, Aethir juga telah diintegrasikan ke dalam platform pengembangan dan penerbitan game seperti Sequence, MetaGravity, dan GameSwift.

Jaringan Aethir juga mendukung aplikasi seperti APhone, sebuah aplikasi di rantai Solana yang menyediakan fungsionalitas yang ditingkatkan untuk smartphone yang sudah usang dengan mengakses layanan baru di onchain seharga $20 per tahun.

APhone bersifat platform-agnostik dan ditata seperti Android, menawarkan aplikasi Web3 dan Web2 seperti WhatsApp, Instagram, dan ChatGPT di toko aplikasinya.

Baca juga: Terobosan Terbaru! BNB Chain dari Binance Luncurkan Testnet Layer-2 dengan Optimism

Skalabilitas Onchain Aethir

Testnet Aethir menjamu 500.000 pengguna dan didukung oleh Nvidia, Super Micro, HPE, dan Foxconn dalam penjualan node senilai $146 juta. Jaringan ini diluncurkan di mainnet Ethereum pada 12 Juni.

Sumber: X

Koin asli Aethir, ATH, menggunakan Ethereum untuk staking dan layer-2 Arbitrum Ethereum untuk pembayaran penyedia dan penghargaan komunitas. ATH dapat distake di rantai ZK Sophon yang berorientasi pada hiburan. Total suplai ATH adalah 42 miliar. Setiap token bernilai $0,0755 pada saat penulisan.

Aethir kini sedang bersiap untuk peluncuran mainnet dari Aethir Network Protocol, yang akan mengintegrasikan semua perangkat lunaknya dengan kontrak Ethereum dan Arbitrum.

Secara keseluruhan, keberhasilan Aethir dalam mencapai pendapatan sebesar $36 juta dalam tahun pertamanya menunjukkan potensi besar dari jaringan GPU terdesentralisasi dalam memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk daya komputasi AI, cloud gaming, dan edge computing.

Dengan keunggulan biaya yang signifikan dan pertumbuhan yang konsisten, Aethir berada pada posisi yang kuat untuk terus berkembang dan menjadi pemain utama dalam ekosistem teknologi terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->