Laporan Terbaru: Volume Perdagangan Crypto Turun Menjadi $4,2 Triliun di Bulan Juni 2024

Updated
July 19, 2024
Gambar Laporan Terbaru: Volume Perdagangan Crypto Turun Menjadi $4,2 Triliun di Bulan Juni 2024

Jakarta, Pintu News – Perdagangan crypto di bursa utama mengalami penurunan signifikan pada bulan Juni 2024, melanjutkan tren penurunan yang dimulai sejak Maret.

Menurut laporan CCData, total volume perdagangan spot dan derivatif turun sebesar 21,8%, mencapai $4,2 triliun—jauh lebih rendah dari puncaknya sebesar $9 triliun pada bulan Maret.

Penurunan Aktivitas Perdagangan Crypto

Gabungan volume spot dan derivatif turun 21,8% di bulan Juni. Sumber: CCData

Penurunan aktivitas perdagangan ini disertai dengan penurunan 9,7% dalam Open Interest di bursa derivatif crypto. Penurunan ini diakibatkan oleh serangkaian likuidasi yang dipicu oleh penurunan harga tajam Bitcoin dan aset digital lainnya selama bulan Juni.

Baca juga: Memecoin, RWA, dan AI Mendominasi Narasi Crypto di Kuartal 2 Tahun 2024!

Kekhawatiran tambahan muncul dari potensi tekanan penjualan dari bursa Jepang Mt. Gox dan penjualan Bitcoin oleh pemerintah Jerman.

Meskipun pasar mengalami penurunan, beberapa bursa berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka. Misalnya, bursa Bybit memperoleh kenaikan 4% untuk mencapai pangsa pasar total sebesar 8%, sementara bursa BitGet meningkat sebesar 3,7% menjadi 3,5%.

Bybit mendapatkan pangsa pasar sementara Binance turun dari posisi teratas. Sumber: CCData

Sebaliknya, pemimpin industri Binance mengalami penurunan pangsa pasar dari 40,4% pada Juli 2023 menjadi 31,2% setahun kemudian.

Dampak pada Perdagangan Institusional

Penurunan ini juga mempengaruhi perdagangan institusional. Chicago Mercantile Exchange (CME) melaporkan penurunan 11,5% dalam total volume perdagangan berjangka, turun menjadi $103 miliar pada bulan Juni.

Kontrak berjangka Bitcoin dan Ethereum di CME mengalami penurunan volume masing-masing sebesar 11,5% dan 15,8%.

Baca juga: Solana Foundation Luncurkan Hibah $400.000 untuk Pengembang Open-Source!

Namun, perdagangan opsi Ethereum di CME mengalami penurunan tajam, dengan volume turun sebesar 58% menjadi $408 juta. Penurunan tajam ini terjadi meskipun adanya peluncuran delapan ETF Ethereum spot yang akan datang dan diyakini sebagai koreksi setelah lonjakan posisi opsi menyusul persetujuan SEC terhadap ETF Ethereum spot pada bulan Mei.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, penurunan volume perdagangan crypto yang signifikan pada bulan Juni menunjukkan tantangan yang dihadapi pasar crypto. Meskipun demikian, beberapa bursa berhasil mempertahankan atau bahkan meningkatkan pangsa pasar mereka.

Sementara itu, perdagangan institusional juga terpengaruh oleh penurunan ini, menunjukkan dampak luas dari kondisi pasar saat ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->