Market Merah Pasca ETF Ethereum, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (24/7/24)?

Updated
July 24, 2024
Gambar Market Merah Pasca ETF Ethereum, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (24/7/24)?

Jakarta, Pintu News – Hari ini, pada 24 Juli 2024, harga Bitcoin turun lebih dari $1.400 dalam dua jam, mendorong kerugian dalam 24 jam menjadi 2,1%. Penurunan ini diperkirakan terkait dengan pembayaran yang sedang berlangsung dari Mt. Gox kepada kreditornya. Kira – kira apa faktor lain dari penurunan harga crypto hari ini? Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Pengembalian 140.000 Bitcoin oleh Mt. Gox

Penurunan harga Bitcoin hari ini terjadi bersamaan dengan dimulainya pengembalian Bitcoin oleh Mt. Gox kepada kreditornya dengan total lebih dari 140.000 BTC, senilai sekitar $8,5 miliar.

Menurut grup Telegram kreditur Mt. Gox, para kreditur mulai menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin dan Bitcoin Cash di bursa Kraken pada 23 Juli. Pengembalian ini dilakukan setelah pertukaran kripto yang berbasis di Jepang memindahkan lebih dari 47.500 Bitcoin, senilai hampir $3,2 miliar, ke dua alamat tidak dikenal pada 23 Juli.

Bersamaan dengan itu, pemerintah AS memindahkan 58,74 BTC, senilai hampir $4 juta, ke Coinbase Prime, yang menimbulkan spekulasi tentang tujuannya. Data dari Arkham Intelligence menunjukkan bahwa kepemilikan BTC Mt. Gox saat ini berada di sekitar 85.234 BTC, senilai $5,70 miliar.

Baca Juga: Pemerintah AS Pindahkan Bitcoin yang Disita Senilai $4 Juta!

Pengembalian ini diharapkan selesai dalam satu hingga dua minggu, dan kreditur telah menunggu lebih dari satu dekade untuk mendapatkan kembali dana mereka. Ketakutan akan tambahan pasokan Bitcoin yang segera dijual setelah masuk ke sirkulasi telah menekan pasar.

Peluncuran ETF Inverse Berjangka Bitcoin di Hong Kong

Hong Kong meluncurkan produk inverse berjangka Bitcoin pertama di Asia, CSOP Bitcoin Future Daily (-1x) Inverse Product (7376.HK), pada 23 Juli. ETF baru oleh CSOP Asset Management – salah satu manajer aset terbesar di China – bertujuan untuk menawarkan investor cara untuk mendapatkan keuntungan dari penurunan harga Bitcoin.

ETF ini mengambil posisi pendek pada kontrak berjangka untuk Bitcoin dari Chicago Mercantile Exchange (CME). Nilainya meningkat saat harga Bitcoin turun, memberikan cara untuk bertaruh melawan kinerja Bitcoin. ETF ini dinyatakan dalam dolar AS dan diperdagangkan di Bursa Efek Hong Kong (HKEX).

Baca Juga: 3 Altcoin yang Berpotensi Melonjak 2x-5x Pasca Peluncuran ETF Ethereum

Peluncuran ETF inverse berjangka Bitcoin di Hong Kong ini bisa memberikan tekanan tambahan pada harga Bitcoin dengan menyediakan alat baru bagi investor untuk bertaruh melawan Bitcoin, yang berpotensi meningkatkan aktivitas penjualan.

Lebih dari $150 Juta Posisi Long dengan Leverage Dilikuidasi

crypto market liquidations
Total Crypto Market Likuidasi. Sumber: Coinglass

Penurunan harga Bitcoin hari ini juga diikuti oleh likuidasi besar-besaran posisi long di pasar berjangka kripto. Pasar secara keseluruhan menyaksikan lebih dari $159 juta dalam likuidasi long dalam 24 jam terakhir, dibandingkan dengan $40 juta likuidasi short. Lebih dari $24 juta posisi long BTC telah dilikwidasi dalam periode yang sama, dibandingkan dengan $13,93 juta likuidasi short.

Likuidasi long terjadi ketika trader terpaksa menjual aset mereka untuk keluar dari posisi long mereka, yang meningkatkan tekanan jual di pasar yang sudah bearish. Menariknya, likuidasi posisi long ini bertepatan dengan penurunan minat terbuka (OI) dan tingkat pendanaan berjangka Bitcoin.

Data tambahan dari Coinglass menunjukkan bahwa jumlah total kontrak berjangka terbuka BTC adalah $36,75 miliar pada 23 Juli, turun dari $37,2 miliar sehari sebelumnya. Sementara itu, tingkat pendanaannya turun dari 0,24% per minggu menjadi 0,12% per minggu dalam periode yang sama.

Penurunan tingkat pendanaan dan OI menunjukkan bahwa trader menghindari mengambil risiko baru, mencerminkan pandangan pasar yang lebih berhati-hati.

Kesimpulan

Penurunan harga crypto hari ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pengembalian Bitcoin oleh Mt. Gox, peluncuran ETF inverse berjangka Bitcoin di Hong Kong, dan likuidasi besar-besaran posisi long dengan leverage.

Kondisi ini mencerminkan sentimen pasar yang hati-hati dan tekanan jual yang meningkat. Sebagai investor, penting untuk terus memantau perkembangan pasar dan mempertimbangkan risiko sebelum mengambil keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->