Pemerintah Thailand Bagikan Uang Digital ke 45 Juta Warga untuk Dongkrak Ekonomi

Updated
July 25, 2024
Gambar Pemerintah Thailand Bagikan Uang Digital ke 45 Juta Warga untuk Dongkrak Ekonomi

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Thailand berencana untuk membagikan uang digital kepada 45 juta warganya sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian negara. Program ini merupakan janji kampanye dari partai Pheu Thai yang memenangkan pemilu Thailand tahun 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rincian Program Uang Digital

Program ini akan mendistribusikan uang digital senilai 10.000 baht (sekitar $280) kepada warga Thailand berusia 16 tahun ke atas dengan pendapatan di bawah $23.000 dan tabungan di bawah $13.700.

Dana tersebut akan didistribusikan secara digital melalui aplikasi dompet elektronik yang dapat diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store.

Manfaat dan Batasan Program Uang Digital

Program uang digital ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, menghidupkan kembali sektor manufaktur, dan meningkatkan kepercayaan terhadap perekonomian Thailand.

Namun, program ini juga memiliki beberapa batasan. Uang digital tidak dapat digunakan untuk membeli alkohol, tembakau, ganja, lotere, emas, berlian, gas alam, bahan bakar, perangkat elektronik, dan beberapa barang lainnya.

Baca Juga: Thailand Resmi Bebaskan Pajak Penghasilan untuk Keuntungan Token Investasi!

Selain itu, uang digital hanya dapat digunakan di lebih dari dua juta toko ritel, minimarket, dan toko kelontong yang terdaftar dalam program ini.

Pendanaan dan Dampak Ekonomi

Program uang digital ini akan didanai dari anggaran negara selama dua tahun fiskal. Sebanyak 165 miliar baht akan berasal dari anggaran tahun fiskal saat ini yang berakhir pada 30 September, dan sisanya 285 miliar baht akan berasal dari tahun fiskal berikutnya.

Jika program ini efektif, pemerintah memperkirakan akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Thailand yang selama satu dekade terakhir rata-rata di bawah 2% per tahun.

Kesimpulan

Program uang digital ini merupakan upaya pemerintah Thailand untuk meningkatkan perekonomian negara. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, menghidupkan kembali sektor manufaktur, dan meningkatkan kepercayaan terhadap perekonomian Thailand. Namun, program ini juga memiliki beberapa batasan dan tantangan yang perlu diatasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->