ZKX Protocol Berbasis Starknet Ditutup, Menyalahkan Kurangnya Pengguna?

Updated
August 1, 2024
Gambar ZKX Protocol Berbasis Starknet Ditutup, Menyalahkan Kurangnya Pengguna?

Jakarta, Pintu News – ZKX Protocol, platform perdagangan derivatif sosial yang dibangun di atas jaringan Ethereum Layer-2, Starknet, mengumumkan penutupannya. Pendiri ZKX, Eduard Jubany Tur, menyatakan bahwa tidak ada jalur yang “secara ekonomi layak” untuk melanjutkan operasional protokol tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Alasan Penutupan

Dalam sebuah postingan pada 31 Juli di X (Twitter), Eduard Jubany Tur menjelaskan bahwa keterlibatan pengguna ZKX sangat minimal. Hanya beberapa individu yang terlibat dalam program hadiah protokol tersebut.

Selain itu, volume perdagangan mengalami penurunan signifikan, dan pendapatan harian protokol hanya dapat menutupi sebagian kecil dari biaya server awan mereka.

ZKX telah mendelisting semua pasar, menutup semua posisi, dan mengembalikan semua dana ke akun perdagangan masing-masing pengguna. Pengguna memiliki waktu hingga akhir Agustus untuk mentransfer dana mereka dari dompet perdagangan ke akun utama self-custodial protokol.

Baca Juga: Prediksi Breakout Bitcoin di Bulan September 2024, Namun Target $100.000 Diragukan?

Pendanaan dan Tantangan Finansial

Pengumuman penutupan ini datang hanya sebulan setelah ZKX berhasil mengumpulkan $7,6 juta dalam putaran pendanaan strategis pada 19 Juni, dengan kontribusi dari investor seperti Flowdesk, GCR, dan DeWhales. Investor sebelumnya termasuk Hashkey, Amber Group, Crypto.com, dan StarkWare.

Tur menambahkan bahwa tidak ada cara untuk “mendukung secara berkelanjutan” protokol dengan nilai token ZKE yang baru diluncurkan. Nilai token yang tidak memenuhi harapan dan kerugian yang dihasilkan berkontribusi pada situasi saat ini. Nilai token terus menurun karena pemegang token utama memilih untuk mencairkan investasi mereka.

Baca Juga: 4 Next Big Crypto Agustus 2024: ARB, XRP, ONDO, dan ADA

Penurunan Nilai Token dan Kondisi Pasar

penurunan harga token zkx
Sumber: Coingecko

Harga token ZKX turun 37,8% dalam 24 jam terakhir dan saat ini diperdagangkan pada $0,02, menurut data CoinGecko. Token ZKX turun 96,4% dari harga tertinggi sepanjang masa sebesar $0,62 yang dicapai sehari setelah peluncurannya pada 20 Juni.

Tur juga menyalahkan “kelelahan yang lebih luas” di sektor keuangan terdesentralisasi sebagai faktor lain yang berkontribusi pada penutupan protokol.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->