Anti Money Laundering (AML)

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

AML atau Anti Pencucian Uang (APU) adalah seperangkat peraturan dan undang-undang yang dibuat untuk mencegah pergerakan uang secara ilegal. Proses pencucian uang melibatkan menyembunyikan asal-usul uang (yang diperoleh secara ilegal) melalui serangkaian transfer dan transaksi. Transaksi-transaksi ini dilakukan untuk menyembunyikan dan menghilangkan jejak ilegal uang agar pemiliknya dapat bertransaksi secara legal tanpa konsekuensi apa pun.

Target utama APU adalah kegiatan-kegiatan kriminal seperti perdagangan barang ilegal (narkoba, selundupan, dll.), dana terorisme, dan penghindaran pajak. Lembaga keuangan seperti Bank memainkan peran penting dalam APU karena mereka diharuskan memantau aktivitas dan catatan nasabah, terutama transaksi besar.

Aset kripto merupakan tantangan baru dalam APU dan pemerintah sedang bergegas untuk memperluas pemeriksaan APU ke dalam pertukaran aset kripto. Uni Eropa dan AS merupakan beberapa negara yang mulai menerapkan KYC dan APU dalam pertukaran aset kripto.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí