Arbitrage

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Arbitrage atau arbitrase adalah sebuah strategi trading untuk mencari keuntungan dengan memanfaatkan perbedaan harga suatu aset yang muncul di antara beberapa market atau pasar. Para pelaku arbitrase atau biasa disebut arbitrageurs. Mereka memanfaatkan perbedaan harga antarpasar dengan cara membeli suatu aset di pasar yang harganya lebih murah lalu menjualnya di pasar lain di mana harganya lebih tinggi. Dalam konteks aset kripto, ini biasanya terjadi karena setiap pasar exchange memiliki harga yang berbeda-beda karena banyak faktor termasuk keterbatasan teknologi, faktor manusia, dan informasi.

Arbitrageur biasanya memiliki beberapa akun di berbagai exchange yang ada. Mereka juga memiliki aset di akun-akun tersebut sehingga seorang arbitrageur bisa langsung melakukan strategi arbitrase tanpa harus mengirimkan asetnya ke antar exchange. Sebenernya, para arbitrageurs pun memiliki peran dalam meningkatkan efisiensi pasar karena melalui arbitrase mereka mengurangi jarak harga yang ada di antara beberapa exchange.

Sekarang, dengan teknologi yang terus berkembang, kesempatan melakukan arbitrase menjadi semakin sulit karena pasar semakin cepat beradaptasi terhadap perubahan harga. Meskipun begitu, arbitrageur yang jeli akan selalu melihat kesempatan untuk mengaplikasikan strateginya dan mencari perbedaan harga yang ada.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí