Bear Trap

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Bear trap adalah indikasi teknis palsu yang terjadi ketika kinerja pasar salah menandakan pembalikan tren harga naik. Ini dapat terjadi di semua jenis pasar termasuk cryptocurrency.

Bear trap akan membuat harga suatu aset seolah-olah mengalami penurunan berkepanjangan, mendorong penjualan aset secara masif dan membuat harganya semakin menurun. Bear trap biasanya dilakukan oleh sekelompok trader yang memiliki kepemilikan aset yang tinggi.

Sekelompok trader ini melakukan bear trap dengan menjual aset dalam jumlah besar secara bersamaan. Hal ini memicu penurunan harga yang drastis dan investor lain biasanya akan menjual aset mereka untuk mengantisipasi kerugian jika tren harga terus menurun. Namun, ketika harganya terus menurun, trader yang melakukan bear trap tadi justru secara bersamaan membeli kembali aset yang mereka miliki dan membalikkan situasi pasar. Mereka mendapatkan keuntungan dari perbedaan antara harga jual di awal dan harga beli lebih murah di akhir saat bear trap membuat pasar panik.

Para investor pemula harus berhati-hati akan situasi bear trap karena strategi ini sering digunakan.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí