Consensus Mechanism

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Consensus mechanism atau mekanisme konsensus adalah seperangkat aturan dan prosedur yang memungkinkan jaringan komputer untuk mencapai kesepakatan tentang kevalidan transaksi atau data tanpa memerlukan otoritas pusat. Ini memungkinkan sekelompok node dalam jaringan terdesentralisasi untuk mencapai kesepakatan bersama tentang keadaan terkini jaringan.

Mekanisme konsensus sangat penting untuk menjalankan banyak jaringan blockchain, karena memastikan bahwa semua node dalam jaringan setuju tentang kevalidan transaksi baru atau perubahan pada keadaan jaringan. Beberapa mekanisme konsensus umum yang digunakan dalam jaringan blockchain antara lain Proof-of-Work (PoW) dan Proof-of-Stake (PoS).

Setiap mekanisme konsensus memiliki seperangkat aturan dan prosedur yang harus diikuti oleh node untuk memvalidasi transaksi dan mencapai konsensus. Sebagai contoh, pada PoW, node bersaing untuk menyelesaikan teka-teki matematika, dan node pertama yang menyelesaikannya akan diberi hadiah dan bloknya ditambahkan ke blockchain. Pada PoS, validator dipilih berdasarkan jumlah cryptocurrency yang mereka pegang, dan mereka bergiliran menambahkan blok baru ke rantai.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí