Gas

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Gas adalah mekanisme penetapan harga yang digunakan pada blockchain Ethereum sebagai imbalan untuk penambang atas penggunaan daya komputasi. Aktivitas yang membutuhkan gas termasuk menggunakan smart contract, meluncurkan aplikasi terdesentralisasi (DApps) di jaringan Ethereum, dan transaksi seperti mengirimkan ETH. Gas crypto ini pada dasarnya adalah biaya menjalankan transaksi dan dibayar menggunakan Ether (ETH).

Gas dikonsumsi dalam jumlah kecil yang disebut gwei. Satu gwei setara dengan 0,000000001 ETH. Jumlsh ETH yang perlu dibayarkan dalam satu transaksi tergantung pada sumber daya yang dibutuhkan transaksi pada EVM (Ethereum Virtual Machine) dan tingkat kepadatan jaringan Ethereum pada saat transaksi terjadi.

Gas juga dapat diukur untuk mengukur waktu yang diperlukan untuk memproses transaksi. Semakin rendah harganya, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk memproses sebuah transaksi. Hal ini terjadi karena penambang akan memprioritaskan transaksi dengan biaya gas lebih tinggi karena mereka mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí