Paper Wallet

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Paper Wallet adalah dokumen fisik yang berisi kunci pribadi dan alamat publik sebuah aset crypto. Paper wallet dianggap sebagai salah satu cara paling aman dalam menyimpan mata uang crypto karena berada di luar jaringan internet, sehingga lebih terlindungi dari serangan peretasan. Paper wallet juga memungkinkan cold storage, artinya kunci pribadi disimpan secara offline, memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap peretas dan malware.

Salah satu keuntungan utama paper wallet adalah ia dapat dicetak dengan mudah dan disimpan di tempat aman. Aksesnya pun tidak membutuhkan perangkat digital atau koneksi internet. Namun, kelemahan paper wallet adalah rentan terhadap kerusakan fisik, kehilangan, atau pencurian. Jika paper wallet hilang atau rusak, dan kita tidak ingat kunci pribadi, maka aset di dalamnya tidak dapat dipulihkan. Selain itu, paper wallet memerlukan penanganan dan penyimpanan yang hati-hati.

Untuk membuat paper wallet secara aman, pengguna harus menghasilkan kunci publik dan kunci pribadi menggunakan key generator yang terpercaya. Lalu, saat mencetak paper wallet, sebaiknya menggunakan printer yang tidak terhubung ke internet. Paper wallet kemudian harus disimpan di tempat aman dan terlindung seperti brankas tahan api atau kotak penyimpanan aman. Kamu harus menjaga kerahasiaan kunci pribadi rahasia.

Paper Wallet merupakan salah satu cara menyimpan crypto secara self custody. Cari tahu selengkapnya di artikel berikut.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí