Self-Custody

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Self-custody adalah sebuah cara menyimpan aset crypto secara mandiri dalam dompet yang tidak disimpan atau dikuasai oleh pihak ketiga. Ini sama seperti menyimpan uang kertas di dalam dompetmu sendiri dan bukan di bank. Tujuan dan fungsi self-custody pada crypto adalah memastikan bahwa aset crypto kita tidak dikontrol oleh orang lain. Konsep self-custody sendiri sejalan dengan prinsip desentralisasi yang tidak lagi memanfaatkan otoritas atau perusahaan pihak ketiga.

Saat ingin melakukan self-custody, kamu bisa memilih di antara beberapa dompet non-custodial seperti menggunakan dompet digital atau dompet fisik. Akses terhadap dompet non-custodial menggunakan private key. Private key adalah sejumlah kata yang menjadi satu-satunya akses terhadap aset di dalam dompetmu.

Metode self-custody sekarang sudah menjadi pilihan banyak pemilik aset crypto karena lebih aman dan kamu memiliki kontrol penuh terhadap semua asetmu. Kamu bisa membaca lebih lanjut tentang self custody pada artikel “Mengenal Self-Custody: Menyimpan Crypto Dengan Aman“

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí