6 Bitcoin Trading Tools Untuk Memaksimalkan Kesuksesan Kamu!

Updated
November 5, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 6 Bitcoin Trading Tools Untuk Memaksimalkan Kesuksesan Kamu!
Reading Time: 4 minutes

Seiring dengan popularitas mata uang kripto yang semakin meningkat, berbagai tools untuk menganalisis pasar kripto juga semakin banyak tersedia. Ada beragam Bitcoin Trading Tools yang dapat digunakan trader untuk memudahkan aktivitas jual beli aset sekaligus memaksimalkan kesuksesan trading. Simak selengkapnya di bawah ini!

6 Bitcoin Trading Tools yang Banyak Digunakan Trader

Keberadaan trading tools telah membantu trader pemula maupun trader profesional untuk menganalisis pasar kripto dengan baik sehingga mereka bisa selalu menjadi yang terdepan . Berikut beberapa trading tools yang bisa kamu gunakan untuk bisa terjun ke dunia investasi dan trading kripto secara maksimal.

Dompet Kripto

dompet kripto
(cryptopolitan.com)

Dompet kripto merupakan alat kelengkapan yang wajib dimiliki oleh investor maupun trader kripto. Alat ini digunakan untuk menyimpan informasi akses kripto, sehingga pengguna dapat melakukan transaksi jual beli aset kripto dengan aman dan mudah.

Secara umum, dompet kripto terbagi menjadi dua jenis, yaitu Hot Wallet dan Cold Wallet. Tiap dompet memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pengguna biasanya mempertimbangkan aksesibilitas dan keamanan ketika memilih dompet kripto untuk menunjang aktivitas trading mereka.

Baca juga: Jenis-Jenis Dompet Crypto, Mana yang Lebih Baik?

Tools untuk Mengecek Statistik Pasar Kripto

statistik crypto di pintu

Sebelum melakukan transaksi kripto, trader biasanya mengecek data statistik pasar kripto di platform yang tersedia. Statistik yang ditampilkan biasanya meliputi nilai kapitalisasi pasar, volume perdagangan dalam 24 jam, serta jumlah suplai.

Platform yang dapat dikunjungi untuk mengecek statistik pasar kripto antara lain adalah Coinmarketcap dan Coingecko. Namun, jika ingin mengecek statistik pasar sekaligus melakukan jual beli aset, kamu bisa menggunakan aplikasi Pintu.

Di Pintu, tersedia data yang sangat lengkap, mulai dari grafik harga crypto dan pertumbuhannya dalam rentang 24 jam, 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun hingga sepanjang waktu, ditambah informasi mengenai kapitalisasi pasar, suplai maksimum dan suplai yang  beredar.  Tiap data disajikan dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami.

Crypo News Aggregator

news aggregator terbaik

Bagi trader harian, penting untuk mengetahui  setiap pergerakan kecil dan kondisi real-time di pasar kripto. Maka dari itu, keberadaan platform berita ter-update memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan kesuksesan trader.

Cointelegraph, Coindesk, dan CryptoManiaks merupakan beberapa contoh platform berita yang selalu menyediakan informasi kripto paling aktual. Selain menyajikan berita kripto terkini, mereka juga memiliki segmen yang menampilkan opini dan kajian dari pakar investasi.

Jika kamu pengguna Pintu, aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi dari Bappebti, kamu tidak perlu khawatir ketinggalan berita seputar kripto karena Pintu akan otomatis menampilkan berita terbaru dari berbagai platform berita kripto terpercaya di dunia.

Berita pun telah dikategorikan masing-masing berdasarkan jenis aset crypto. Sebagai contohnya adalah berita di bawah yang diletakan di halaman khusus Ethereum yang sudah disertai dengan grafik harga Ethereum dan informasi penting lainnya mengenai Ethereum.

Kalender Kripto

kalender kripto

CoinMarketCal adalah kalender kripto yang bisa memberikan informasi mengenai berbagai acara dan proyek terbaru yang berpotensi mempengaruhi harga kripto.

Tiap update tersebut diletakan pada grafik harga dari aset crypto bersangkutan sehingga pembaca bisa dengan mudah mengidentifikasi jika sebuah event atau acara mengakibatkan fluktuasi harga pada aset bersangkutan.

Charting Tools

Charting Tools Indonesia
(tradingview.com)

Analisis teknikal bisa membantu trader mengambil keputusan buka dan tutup posisi yang tepat di pasar kripto. Salah satu charting tools yang bisa menunjang analisis teknikal para trader adalah TradingView. Selain kripto, TradingView juga bisa digunakan untuk analisis teknikal Saham dan Forex.

Dilansir dari laman resminya, TradingView telah dilengkapi dengan 100+ indikator trading paling populer, 50+ tools menggambar, pendeteksi candlestick pattern dan analisis multi-timeframe.

Baca juga: 13 Pola Candlestick Terlengkap di Dunia Crypto

Tools Analisis Blockchain

Tools analisis blockchain
(cryptomiso.com)

Tools analisis blockchain menyediakan metrik analisis blockchain dari setiap aset kripto yang meliputi arus pertukaran keluar masuk, waktu transaksi, informasi penambangan, hashrate blockchain, dsb.

Berbeda dari platform Glassnode yang menampilkan banyak metrik informasi dan live data on-chain, platform Santiment juga menyediakan statistik tren sosial media kripto. Pengguna dapat melihat pergerakan harga kripto setiap kali terjadi lonjakan volume sosial.

Di samping itu, trader juga bisa mengakses platform Cryptomiso untuk memeriksa perkembangan sistem blockchain, protokol perangkat lunak, atau aktivitas pengembangan proyek kripto dari aktivitas Github-nya.

Nah, itu dia daftar 6 Bitcoin Trading Tools yang sering digunakan oleh para trader. Jika kamu tertarik terjun ke dunia trading bitcoin dan kripto, segera kunjungi Pintu, aplikasi cryptocurrency Indonesia yang sudah terdaftar resmi di BAPPEBTI. Jual beli aset kripto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Go Banking Rates, Best Crypto Research Tools. Diakses tanggal 5-11-2021.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->