13 Pola-Pola Candlestick Paling Lengkap di Pasar Crypto dan Bitcoin

Updated
October 18, 2021
• Waktu baca 5 Menit
Gambar 13 Pola-Pola Candlestick Paling Lengkap di Pasar Crypto dan Bitcoin
Reading Time: 5 minutes

Candlestick adalah salah satu teknik analisis untuk memetakan pergerakan harga pasar, mulai dari pasar saham hingga crypto. Dalam artikel ini, kamu bisa belajar pola-pola candlestick paling lengkap yang banyak digunakan trader-trader di luar sana.

Pola Candlestick Bullish Reversal

Seperti namanya, pola candlestick bullish reversal adalah pola candlestick yang bisa membantu trader memprediksi tren pembalikan harga dari downtrend menjadi uptrend. Secara umum, terdapat beberapa pola candlestick bullish reversal.

Bullish Hammer

gambar pola candlestick bullish hammer

Bullish hammer candlestick adalah pola pembalikan bullish yang mengindikasikan tren bearish telah berakhir dan kemungkinan harga aset akan mengalami bullish. Dalam hal ini, trader (penjual) mendorong harga lebih rendah selama periode tersebut, lalu terjadi tekanan pembelian yang cukup intens dan aset ditutup pada harga yang lebih tinggi daripada harga bukanya.

Baca juga: Daftar 7 Buku Analisis Teknikal Cryptocurrency untuk Pemula

Morning Star

gambar pola candlestick morning star

Pola candlestick ini biasanya menandakan bagian akhir dari tren penurunan harga (downtrend) dan merupakan sinyal pembalikan bullish. Pola Morning Star terdiri dari candlestick merah panjang di sebelah kiri, diikuti dengan candlestick pendek (bisa berwarna merah atau hijau), dan candlestick hijau yang tutup harga di posisi tengah atau terkadang lebih tinggi dari candlestick pertama.

Three White Soldiers

gambar pola candlestick three white soldiers

Pola yang terdiri dari tiga candlestick yang muncul berturut-turut dengan tampilan hijau panjang dan sumbu kecil. Pola ini mengindikasikan tren bullish yang kuat, di mana terjadi tekanan beli yang konsisten setelah terjadi tren penurunan harga di hari-hari sebelumnya.

Bullish Engulfing Candle

gambar pola candlestick engulfing candle

Pola ini terjadi ketika harga pembukaan di hari kedua lebih rendah dari harga penutupan hari pertama namun mengalami kenaikan tren pembelian drastis yang menyebabkan harga tutup lebih tinggi daripada candle pertama. Pola ini pada umumnya sering memicu tren pembalikan harga aset.

Piercing Line

gambar pola candlestick piercing line

Pola ini menunjukkan penurunan harga di awal yang diikuti peningkatan tekanan beli. Dalam rentang waktu tersebut, banyak trader yang tertarik membeli aset pada harga tertentu, sehingga pada akhirnya, penutupan harga candlestick kedua melebihi setengah candlestick pertama.

Pola Candlestick Bearish Reversal

Selain pola candlestick bullish, tentunya terdapat juga pola candlestick bearish yang jadi perhatian trader crypto sebelum memutuskan untuk membuka maupun menutup posisi trading. Seperti namanya, pola candlestick bearish reversal adalah pola candlestick yang bisa digunakan trader untuk memprediksi tren harga dari uptrend menjadi downtrend.

Beberapa jenis-jenis candlestick yang memberikan sinyal bearish adalah sebagai berikut.

Bearish Harami

gambar pola candlestick bearish harami

Candlestick besar hijau yang diikuti candlestick merah kecil yang seluruh bagian tubuhnya ada dalam kisaran tubuh candlestick pertama. Pola ini menunjukkan kemungkinan penurunan harga aset.

Baca juga: Perbedaan Analisis Fundamental, Teknikal, dan On-Chain

Dark Cloud Cover

gambar pola candlestick dark cloud cover

Candlestick hijau besar yang diikuti candlestick merah serupa dengan harga pembukaan dan penutupan yang lebih tinggi daripada candlestick pertama menandakan kemungkinan terjadinya penurunan harga aset.

Evening Star

gambar pola candlestick evening star

Evening star candlestick adalah pola candlestick kecil berwarna merah yang muncul di bagian atas candlestick hijau panjang. Kedua candlestick ini tidak boleh saling bersentuhan untuk bisa disebut sebagai pola evening star. Pola ini biasanya mengindikasikan pembalikan bearish, dimana harga aset kembali turun.

Shooting Star

gambar pola candlestick shooting star

Pola-pola candlestick yang berikutnya adalah Shooting Star. Pada dasarnya, shooting star candlestick adalah pola lain yang memberikan sinyal kemungkinan terjadinya penurunan harga aset. Pola ini menunjukkan adanya tren penguatan di sebagian besar sesi, namun tren penurunan yang besar terjadi dalam waktu singkat dan mendorong harga turun dan ditutup di bawah pembukaan. Candlestick hijau pertama berukuran panjang, diikuti dengan candlestick merah dengan bagian tubuh yang kecil dan sumbu kecil di atasnya.

Hanging Man

gambar pola candlestick hanging man

Hanging man candlestick adalah candlestick tunggal yang muncul di bagian teratas tren naik dan menunjukkan kemungkinan pembalikan dari bullish ke bearish. Namun jika candlestick ini muncul di bagian paling bawah ketika tren harga turun, maka menandakan akan terjadinya tren pembalikan naik, dan terjadinya pola bullish hammer.

Three Black Crows

gambar pola three black crows

Pola ini adalah kebalikan dari Three White Soldiers dalam daftar pola bullish reversal sebelumnya. Ketika pola ini terjadi, maka terdapat tiga candlestick merah panjang berturut-turut yang bergerak ke bawah dan menunjukkan terjadinya tren penurunan harga yang kuat. Ciri khas dari pola ini adalah 2 candlestick terakhir harus mengalami pembukaan harga di tengah-tengah tubuh candlestick sebelumnya, namun dengan penutupan harga yang lebih rendah dibandingkan penutupan harga candlestick sebelumnya.

Pola Candlestick Continuation

Daftar pola-pola candlestick paling lengkap di atas seharusnya sudah cukup untuk kamu yang ingin belajar menggunakan candlestick ketika melakukan trading. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut terdapat beberapa candlestick yang tidak menunjukkan perubahan harga pasar. Pola ini disebut pola kontinu dan menandakan pergerakan harga yang searah dengan tren harga sebelumnya.

Doji

gambar pola candlestick doji

Doji candlestick adalah candlestick dengan bodi tipis di tengah yang mengindikasikan sinyal netral. Harga pembukaan dan penutupan yang hampir sama menunjukkan keraguan pasar akan nilai aset sebenarnya.

Spinning Top

gambar pola candlestick spinning top

Candlestick dengan tubuh pendek di pusat dengan sumbu panjang berukuran sama yang menunjukkan tidak adanya perubahan harga yang signifikan. Pola ini menandakan periode istirahat dimana tekanan pasar sedang kehilangan kendali. Pola candlestick spinning top memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih panjang dibandingkan doji.

Nah, itu dia beberapa daftar pola-pola candlestick paling lengkap yang biasa digunakan trader crypto. Buat kamu yang tertarik melakukan jual beli aset crypto seperti BTC, ETH, BNB, dan aset-aset lainnya, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lain bisa kamu miliki mulai dari Rp11.000 saja, lho! Selamat berinvestasi!

Referensi:

Horus Hughes, 5 More Bearish Candlestick Patterns Every Bitcoin Trader Must Know. Diakses tanggal: 25-08-2021.

Horus Hughes, 5 More Bullish Candlestick Patterns Every Bitcoin Trader Must Know. Diakses tanggal: 25-08-2021.

IG Group, 16 Candlestick Patterns Every Trader Should Know. Diakses tanggal: 25-08-2021.

Marianna Galstyan, Using Bullish Candlestick Patterns To Buy Stocks. Diakses tanggal: 25-08-2021.

Scott Melker, 5 Bearish Candlestick Patterns Every Bitcoin Trader Must Know. Diakses tanggal: 25-08-2021.

Scott Melker, 5 Bullish Candlestick Patterns Every Bitcoin, Crypto Trader Must Know. Diakses tanggal: 25-08-2021.

Suharto. 2014. Mengungkap Rahasia Forex. Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+