Ethereum Akan Lakukan Upgrade EIP-1559 Juli Mendatang

Updated
June 9, 2021
• Waktu baca < 1 Menit
Gambar Ethereum Akan Lakukan Upgrade EIP-1559 Juli Mendatang
Reading Time: < 1 minute

Meskipun menerima penolakan dari sebagian besar penambang, Ethereum Improvement Proposal atau EIP-1559 diperkirakan akan tetap diluncurkan pada Juli 2021 mendatang nanti. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu EIP-1559?

Layaknya aplikasi, Ethereum juga telah mengalami beberapa kali upgrade untuk bisa memberikan performa yang lebih baik lagi bagi masyarakat. Salah satu upgrade yang paling ditunggu-tunggu adalah EIP-1559.

EIP-1559 ini pertama kali diusulkan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2018 dan kemungkinan akan terealisasikan Juli 2021 mendatang nanti.

EIP 1559 sendiri merupakan perubahan pada protokol Ethereum dimana sebagian transaction fee yang sebelumnya dibayarkan ke penambang, akan di-burn.

Masalah utama yang ada saat ini adalah biaya transaksi ETH sangatlah volatil dan bergantung pada kondisi pasar. Pada sistem sekarang, seluruh transaction fee akan diberikan kepada penambang. Sementara dengan adanya EIP-1559, transaction fee akan dibagi menjadi dua, yaitu Base Fee dan Tip. Base Fee akan di-burn sementara Tip akan diberikan kepada penambang.

Dengan pembaharuan ini, diharapkan biaya transaksi ETH akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca juga : Cara Mendapatkan Penghasilan Pasif dengan Kripto

EIP-1559 Berpotensi Mempengaruhi Harga ETH (Ether)

Rencana ini pun mendapatkan banyak tanggapan dari masyarakat. Beberapa orang berpendapat bahwa mekanisme burning base fee ini akan memberikan dampak positif pada pemegang ETH, yang mana dengan berkurangnya supply ETH maka akan ikut meningkatkan harga ETH.

Sebelumnya, harga ETH telah menyentuh rekor tertingginya yaitu di kisaran Rp 51,24 juta pada 5 Juni 2021 lalu, yang mana mengalami peningkatan sebesar 5,1 persen dibandingkan hari sebelumnya dan peningkatan 63,8% dalam sebulan terakhir. Ketika pertama kali diperdagangkan, harga ETH hanyalah sebesar Rp 41.035 per kepingnya.

Cara Membeli ETH (Ether) Mudah dan Instan

Untuk kamu yang berniat untuk membeli dan melakukan trading ETH (Ether), download aplikasi Pintu sekarang juga! Lakukan trading secara mudah kapan saja dan dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone kamu. Tersedia berbagai pilihan koin kripto lainnya juga, lho.

Cek harga Ethereum hari ini!

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->