Berapa Biaya Minting NFT di OpenSea, Bisa Gratis?

Updated
April 1, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Berapa Biaya Minting NFT di OpenSea, Bisa Gratis?
Reading Time: 3 minutes

Untuk kamu yang telah lama berkutat di dunia NFT, pastinya tidak asing lagi dengan istilah biaya minting. Namun, untuk kamu yang baru pertama kali membuat NFT, mungkin masih bingung dengan istilah ini. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai biaya minting NFT di OpenSea serta bagaimana minting NFT bisa dilakukan secara gratis.

Baca juga: 8 Daftar NFT Marketplace di Ethereum

Biaya Minting di OpenSea

Minting NFT adalah proses pengubahan dan pencetakan karya menjadi NFT, atau proses memasukkan NFT ke dalam blockchain. Biaya minting pada dasarnya adalah gas fee dan biaya lain yang dikenakan oleh marketplace. Saat ini, ada berbagai marketplace NFT yang menyediakan layanan minting dengan berbagai besaran biaya. Salah satunya adalah OpenSea.

Ketika mengunggah karya di jaringan Ethereum pada marketplace, biasanya ada sejumlah gas fee yang harus kamu keluarkan untuk proses ini.

Gas fee ini bervariasi tergantung pada aktivitas di blockchain ketika itu, yang mana berkaitan dengan jumlah permintaan dan penawaran. Ketika jumlah permintaan tinggi, maka besar gas fee juga akan meningkat. Secara umum, biaya minting NFT bisa berkisar dari $1 hingga $500 atau bahkan lebih tinggi lagi.

Selain itu, saat terjadi transaksi perpindahan hak milik produk (transaksi jual-beli), platform OpenSea juga akan menarik sejumlah biaya layanan (service fee). Besaran service fee yang dikenakan adalah sebesar 2.5 % di tiap transaksi jual-beli. Besaran 2.5% tersebut akan dihitung dari besarnya harga karya NFT bersangkutan.

Cara Minting di OpenSea Secara Gratis

Di banyak marketplace NFT, Ethereum biasanya menjadi pilihan blockchain secara default. Sayangnya, minting NFT dengan blockchain Ethereum di OpenSea akan dikenakan biaya gas fee yang cukup besar.

Untuk bisa “minting gratis” di OpenSea, kamu bisa memanfaatkan blockchain Polygon yang juga tersedia di OpenSea.

Blockchain ini menawarkan biaya yang jauh lebih rendah dan kecepatan transaksi yang lebih cepat. Selain itu, Polygon memungkinkan proses lazy minting NFT, sehingga kamu hanya perlu membayar gas fee setelah NFT terjual kepada pembeli.

Berikut merupakan cara minting NFT di OpenSea secara gratis

  • Kunjungi laman OpenSea
kunjungi laman opensea
(opensea.io)
  • Klik tombol “Create” pada bagian kanan atas.
cara membuat nft di opensea
(opensea.io)
  • Lengkapi data karya NFT berupa nama, deskripsi, alamat link, dan lain-lain
cara melengkapi data pada opensea
(opensea.io)
  • Pada bagian ini, pilih blockchain Polygon untuk melakukan lazy minting.
cara lazy minting di opensea
(opensea.io)
  • Setelah semua informasi selesai, klik tombol “Create
karya NFT pada opensea
(opensea.io)

Ingat, saat kamu mengatur penjualan karyamu, ada biaya service fee sebesar 2.5% yang harus dibayarkan dari total harga jual NFT. Biaya service 2.5% tersebut bukan dibebankan kepada kreator, namun kepada pembeli. Jadi, biaya 2.5% tersebut akan secara otomatis dipotong dari harga jual.

Semoga informasi di atas bisa membantu menjawab pertanyaanmu tentang berapa biaya minting NFT di OpenSea. Selain NFT, aset crypto lain juga menarik perhatian masyarakat karena potensinya sebagai aset investasi. Sebut saja Polygon (MATIC to IDR) yang mengalami peningkatan nilai hingga 359% per 30 Maret 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto yang dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan investasi kamu, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

Austin Visual. How Much Does it Cost to Mint an NFT on Opensea ? Diakses pada 27 Maret 2022.

OpenSea. What are gas fees on Ethereum? Diakses pada 27 Maret 2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->