Harga Bitcoin Tembus 173 juta Rupiah, Saatnya Investasi?

Updated
July 28, 2020
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Harga Bitcoin Tembus 173 juta Rupiah, Saatnya Investasi?
Reading Time: 3 minutes

Berita bitcoin hari ini—Harga bitcoin (BTC) kembali menyentuh 173 juta Rupiah atau sekitar 11 ribu Dolar AS pada hari Jumat (7 Agustus 2020). Berita kenaikan nilai bitcoin membuktikan bahwa aset cryptocurrency ini semakin menguat meskipun berada dalam kondisi ekonomi global yang lesu di tengah pandemi Covid-19 dan new normal.

harga bitcoin

Pedagang, investor, dan analis bitcoin Indonesia umumnya optimis terhadap berita kenaikan harga bitcoin. Sejak Mei, harga bitcoin relatif stagnan di kisaran 9.000 – 9.500 Dolar AS. Namun, harga bitcoin minggu ini tercatat 173 juta Rupiah atau melebih 11 ribu Dolar AS. Harga bitcoin kembali melewati angka 11 ribu dolar AS untuk pertama kalinya sejak 2019.

Ada beberapa hal yang mendorong pergerakan harga bitcoin. Pertama, harga btc (bitcoin) dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran di pasar. Jika kita melihat harga bitcoin sekarang dibandingkan beberapa tahun yang lalu, kita dapat melihat bahwa masyarakat semakin melirik aset kripto sebagai alternatif investasi. Apalagi jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain–seperti harga saham yang justru merosot di pasar–performa aset kripto justru lebih baik . Grafik bitcoin yang semakin menguat menunjukkan bahwa permintaan terhadap bitcoin juga semakin meningkat.

Yang kedua, bitcoin dianggap sebagai investasi safe haven. Definisi safe haven adalah instrumen investasi yang nilainya dipercaya akan tetap terjaga, bahkan meningkat, meskipun terjadi krisis ekonomi dan geopolitik.

Sama seperti emas, bitcoin sama-sama menjadi investasi safe haven atau aman yang menjadi pilihan publik. Faktor kelangkaan suplai, permintaan yang meningkat, harga yang cenderung naik, dan nilai yang terjaga saat inflasi atau deflasi membuat keduanya dianggap sebagai safe haven atau investasi yang menjadi pilihan saat kondisi perekonomian global tidak menentu.

Beberapa orang di Indonesia memilih Bitcoin karena pertumbuhan dan return aset yang lebih tinggi. Menariknya, generasi milenial yang melek teknologi lebih percaya pada aset yang terdesentralisasi—seperti bitcoin. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir banyak investor dan pedagang aset kripto baru di Indonesia bermunculan. Terlebih lagi investasi dan trading di pasar kripto juga semakin mudah dilakukan, bahkan bisa menggunakan smartphone.

Ketiga, fenomena bitcoin halving yang terjadi di bulan Mei turut berkontribusi terhadap kenaikan harga mata uang kripto. Bitcoin halving adalah momen dimana reward (hadiah) yang diberikan kepada miner (penambang) bitcoin dikurangi setengahnya—dari 12,5 btc ke 6,25 btc. Pengurangan jumlah reward ini mempengaruhi harga permintaan dan penawaran di pasar karena penambang harus menjual bitcoin dengan harga lebih tinggi untuk menutupi biaya yang dibutuhkan untuk menambang bitcoin.

Prediksi Bitcoin di Masa Depan

Terkait dengan kenaikan harga btc (bitcoin) hari ini, apakah ini waktu yang tepat untuk menjual atau membeli mata uang kripto?

Jika kita melihat kurva bitcoin yang naik turun sejak bulan Mei, bukan tidak mungkin bahwa harga bitcoin akan melonjak lebih tinggi di akhir tahun 2020.

Jeth Soetoyo, CEO Pintu, memberi komentar bahwa tren lonjakan harga mata uang cryptocurrency biasanya terjadi pasca bitcoin halving. Bahkan harga bitcoin tertinggi pernah menyentuh 20 ribu Dolar AS pada tahun 2017, atau kira-kira satu setengah tahun sejak fenomena halving di tahun 2016.

“Jika melihat pergerakan harganya, hal ini tentunya akan mendongkrak popularitas bitcoin karena masyarakat akan melihat potensi untung yang lebih besar melalui investasi mata uang cryptocurrency. Bahkan, bisa saja 1 btc dapat melampaui 20 ribu Dolar AS di akhir tahun ini,” komentar Jeth.

Nah, gimana nih teman-teman? Apakah kamu semakin tertarik berinvestasi di bitcoin dan mata uang digital? Di Pintu, kamu dapat memulai investasi mulai dari 55 ribu Rupiah. Jadi, siapa pun bisa memulai investasi dan berdagang (trading) cryptocurrency. Klik tombol di bawah untuk mengunduh aplikasi Pintu!

Tentang Aplikasi Pintu

Pintu merupakan aplikasi termudah untuk investasi dan jual beli cryptocurrency. Aplikasi Pintu dikembangkan oleh PT Pintu Kemana Saja, perusahan rintisan (startup) yang didirikan di Jakarta pada tahun 2019.

Pintu menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk investasi mata uang digital dengan desain aplikasi dan user interface yang praktis, simpel, dan tanpa ribet. Pengguna dapat menyimpan, mengirim, dan berdagang cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, dan lainnya secara instan melalui smartphone.

Aplikasi Pintu juga telah resmi berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, sehingga Pintu dijamin aman dan memiliki payung hukum yang jelas. Saat ini, Pintu telah terintegrasi dengan beberapa jaringan blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, dan Binance Chain.

Kontak

Untuk kemitraan dan kerjasama lainnya, silakan kirim email ke marketing@pintu.co.id atau kunjungi https://pintu.co.id

Follow sosial media Pintu di:

Telegram: https://t.me/PintuIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/Pintu_ID

Twitter: https://twitter.com/PintuID

Facebook: https://cutt.ly/eyqWXl4

YouTube: https://bit.ly/pintu-youtube

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->