Pengertian Bid Price dan Ask Price di Dunia Crypto, Pemula Wajib Tahu!

Updated
September 17, 2021
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Pengertian Bid Price dan Ask Price di Dunia Crypto, Pemula Wajib Tahu!
Reading Time: 2 minutes

Bid price dan ask price adalah dua istilah yang biasa digunakan di dunia sekuritas, termasuk di dunia investasi crypto. Simak pengertian bid price dan ask price melalui artikel berikut ini!

Pengertian Bid Price

gambar bid price

Sederhananya, bid price adalah harga beli. Nilai bid price mewakili harga maksimal yang bersedia dibayar oleh pembeli untuk mendapatkan suatu saham atau sekuritas lainnya.

Broker atau pemegang saham yang mau menjual aset mereka bisa memilih salah satu bid price yang ditawarkan oleh calon pembeli (biasanya bid price tertinggi) atau mereka juga bisa mengajukan ask price sendiri di order book dan menunggu pembeli melakukan bidding.

Para trader di dunia crypto bisa menentukan harga yang mereka inginkan ketika membeli atau menjual aset. Ketika harga yang telah ditetapkan terlalu jauh dari harga pasar, maka kesepakatan dan proses jual beli pun gagal terjadi.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Trading Crypto

Pengertian Ask Price

grafik ask price

Sementara itu, ask price adalah harga jual. Nilai ask price mewakili harga minimum yang bersedia diterima oleh penjual ketika menawarkan asetnya.

Ask price sering juga disebut sebagai offer price atau harga yang ditawarkan. Ask price menjadi salah satu hal paling fundamental dalam perdagangan aset crypto.

Dalam dunia crypto, harga pasar biasanya ditunjukkan sebagai (ask price/bid price). Contohnya seperti ini: $100/$120.

Ini artinya pembeli harus mengeluarkan $120 untuk memiliki sebuah aset, sementara penjual akan menerima $100. Adanya selisih harga antara bid price dan ask price ini disebut dengan spread, yang berkaitan dengan likuiditas sebuah aset.

Bagaimana Penentuan Bid Price dan Ask Price?

Dilansir dari Investopedia, besarnya bid price dan ask price ditentukan oleh pasar. Secara garis besar, nilainya tergantung dari keputusan pembeli dan penjual untuk melakukan perdagangan dan berinvestasi pada aset tertentu. Ketika jumlah permintaan melebihi penawaran, maka bid price dan ask price akan meningkat. Sebaliknya, ketika jumlah penawaran melebihi permintaan, maka nilai bid price dan ask price akan cenderung turun.

Sementara itu, selisih antara bid price dan ask price (spread) ditentukan oleh jumlah aktivitas trading aset bersangkutan. Aktivitas trading yang lebih banyak biasanya mengarah pada spread yang lebih kecil.

Pertimbangan Bid Price dan Ask Price Ketika Berinvestasi

Sebagai pembeli, investor dan trader tentu ingin membeli aset dengan harga (bid price) yang lebih murah. Sementara penjual ingin menjual aset dengan harga (ask price) yang lebih tinggi. Selain itu, spread bid-ask yang kecil juga biasanya lebih disukai karena bisa meningkatkan keuntungan dan meminimalisir kerugian ketika harga aset berfluktuasi.

Nah, itu dia pengertian bid price dan ask price. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi di aset crypto, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lain bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Coinmarketcap, What Is an Ask Price?. Diakses tanggal: 11-9-2021

Coinmarketcap, What Is A Bid Price?. Diakses tanggal: 11-9-2021

Jason Fernando, Bid and Ask. Diakses tanggal: 11-9-2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+