Apa itu Koin Micin? Ini Cara Belinya!

Updated
July 8, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Koin Micin? Ini Cara Belinya!
Reading Time: 4 minutes

Micin memang enak. Karena itulah koin micin banyak diminati oleh trader dan investor crypto. Namun, tidak semua koin micin memberikan keuntungan. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu koin micin, serta bagaimana cara memilih koin micin dengan fundamental bagus.

Apa Itu Koin Micin?

Menurut Techopedia, istilah ‘Shitcoin’ atau koin micin adalah token cryptocurrency yang sedang tren dan populer yang menawarkan potensi pertumbuhan besar, terlepas dari utilitas mereka. Meski istilah ini terdengar kasar, jangan salah paham. Ini bukan berarti koin tersebut buruk atau tidak bernilai, melainkan lebih merujuk pada koin yang mungkin tidak memiliki utilitas atau fungsi yang jelas, namun memiliki potensi pertumbuhan yang besar.

Biasanya, koin micin memiliki volatilitas yang tinggi dan bisa memberikan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat, meski tentu saja risikonya juga tinggi.

Baca juga: Mengenal Apa itu Wall Street Meme, Koin Micin yang Tengah Populer?

Kaya dari Koin Micin, Bisakah?

Banyak orang yang sudah menjadi kaya raya dari koin micin. Mereka membeli koin micin saat harganya masih rendah, dan menjualnya saat harganya naik. Strategi ini memang membutuhkan kesabaran, tapi hasilnya bisa sangat menguntungkan jika kamu memilih koin micin yang tepat.

Salah satu koin micin yang masih eksis hingga sekarang adalah Dogecoin.

Dliluncurkan oleh programmer Billy Markus dan Jackson Palmer pada tahun 2013, Dogecoin dibuat dengan tujuan untuk mengolok-olok ledakan altcoin pada saat itu. Meskipun awalnya dianggap sebagai lelucon, Dogecoin mendapatkan popularitas sebagai “meme coin” dan digunakan untuk transaksi online kecil dengan biaya minimal.

Dogecoin mendapatkan popularitas besar sebagian berkat dukungan dari tokoh seperti Elon Musk, yang sering mempromosikannya di media sosial dan menyebutnya sebagai “crypto rakyat”. Namun, Musk juga dikenal memiliki pengaruh negatif pada DOGE, seperti saat harganya turun tajam setelah Musk menyebutnya sebagai “hustle” dalam acara Saturday Night Live.

Dogecoin sendiri telah menjadi blockchain berbasis PoW terbesar kedua setelah Bitcoin berdasarkan kapitalisasi pasar. Harga Dogecoin sangat dipengaruhi oleh komunitas media sosial dan pernyataan individu tertentu. Faktor ini menciptakan volatilitas tinggi pada aset, yang bisa dianggap sebagai prospek dalam trading jangka pendek atau menengah.

Bukan hanya itu saja, Dogecoin juga telah diadopsi sebagai metode pembayaran oleh beberapa perusahaan, seperti Dallas Mavericks. Hal ini menunjukkan bahwa Dogecoin memiliki utilitas nyata dan bukan hanya sekedar koin micin belaka.

Beberapa koin micin yang tidak kalah populer adalah Shiba Inu, Floki Inu, Pikamoon, dan masih banyak lagi.

Koin Micin di Metaverse

Koin micin ini juga berpotensi besar di dunia metaverse. Bayangkan saja, dengan koin micin, kamu bisa membeli properti di metaverse dan menjadikannya sebagai investasi jangka panjang. Wow, menarik bukan?

Cara Beli Koin Micin di Pintu

cara beli koin micin

Untuk membeli koin micin, kamu bisa melakukannya di berbagai platform trading crypto. Di Pintu sendiri, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Masuk ke Halaman Market Pintu

Ada dua cara untuk masuk ke halaman Market. Pertama, kamu bisa mengetuk salah satu aset yang tampil di Watchlist pada halaman Beranda.

Kedua, kamu bisa masuk ke menu Market yang terletak di bagian bawah layar, kemudian ketuk aset crypto koin micin yang akan kamu beli.

Ketuk Tombol Beli

Pada halaman aset koin micin yang ingin kamu beli, ketuk tombol Beli.

Masukkan Jumlah Aset yang Ingin Kamu Beli

Masukkan jumlah koin micin yang akan kamu beli. Kamu bisa memasukkan jumlah yang akan dibeli dalam satuan Rupiah maupun satuan aset koin micin. Untuk melakukan hal ini, ketuk tombol tanda panah yang terletak di samping kanan kolom jumlah pembelian. Pintu akan menghitung nilai aset koin micin berdasarkan harga saat transaksi dilakukan.

Konfirmasi pembelian

Cek kembali detail transaksi pembelian yang akan kamu lakukan. Jika semua sudah sesuai, konfirmasi transaksi tersebut dengan mengetuk tombol “Beli Sekarang”.

Baca juga: Analisis Pasar Crypto Terbaru, Eksklusif dari Tim Pintu!

Cara Memilih Koin Micin Fundamental Bagus

Tidak semua koin micin bagus. Pertanyaannya, bagaimana cara memilih koin micin yang memang potensial? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba lakukan.

  1. Lakukan Riset: Sebelum membeli koin apapun, termasuk koin micin, lakukan riset mendalam. Cari tahu tentang tim yang bekerja di balik koin tersebut, rencana mereka, dan teknologi yang mereka gunakan.
  2. Periksa Volume Perdagangan: Koin dengan volume perdagangan yang tinggi biasanya lebih stabil dan kurang rentan terhadap manipulasi harga.
  3. Hindari Pump and Dump: Beberapa koin micin mungkin menjadi target skema pump and dump, di mana harga koin dipompa dan kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Hindari koin yang menunjukkan tanda-tanda ini.
  4. Diversifikasi Portofolio: Jangan menaruh semua uang kamu dalam satu koin. Sebaiknya, diversifikasi portofolio kamu dengan berbagai koin untuk mengurangi risiko.
  5. Investasikan Uang Dingin: Ini adalah aturan emas dalam investasi. Jangan pernah investasikan lebih dari yang kamu mampu dan rela apabila nilainya hilang
  6. Ikuti Berita dan Tren: Dunia crypto berubah dengan cepat. Ikuti berita crypto dan tren terkini untuk membuat keputusan yang tepat waktu.
  7. Gunakan Platform Perdagangan yang Tepercaya: Gunakan platform perdagangan yang memiliki reputasi baik dan aman untuk membeli dan menjual koin kamu.

Trading aset crypto seperti koin micin ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan trading aset lain. Salah satunya adalah fleksibilitas waktu. Dalam hal ini, kamu bisa trading kapan saja dan di mana saja, hanya bermodalkan smartphone dan internet karena trading crypto dibuka 7 x 24 jam. Selain itu, aset crypto juga memiliki volatilitas yang tinggi, sehingga potensi keuntungannya juga besar.

Namun, tidak semua koin micin bisa menghasilkan. Penting untuk melakukan analisis secara mendalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam crypto, termasuk koin micin.

Kamu bisa belajar crypto secara gratis di Pintu Academy. Pintu juga menyediakan fitur Pintu Earn, di mana kamu bisa menabung aset crypto dan memperoleh bonus hingga belasan persen per tahun!

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->