7 Manfaat dari Analisis Balik Modal (ROI)

Updated
January 14, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 7 Manfaat dari Analisis Balik Modal (ROI)
Reading Time: 3 minutes

Analisis balik modal sering juga disebut dengan istilah analisis return on investment (ROI). ROI adalah alat ukur untuk menghitung keuntungan finansial dari sebuah investasi. Salah satu manfaat dari analisis balik modal adalah sebagai pembanding proyek investasi yang satu dengan lainnya. Selain itu, berikut 10 manfaat dari analisis balik modal.

Mengukur Profitabilitas Perusahaan

manfaat analisis balik modal adalah

Tiap perusahaan pastinya mendambakan keuntungan agar lini usahanya semakin berkembang. Manfaat dari analisis balik modal adalah untuk mengukur profitabilitas perusahaan.

Berbagai divisi dalam perusahaan harus bisa memanfaatkan aset yang ada untuk mendapatkan keuntungan. Nilai profit yang dihasilkan dari aset-aset bersangkutan dapat menjadi salah satu unsur penilaian bahwa penggunaannya optimal.

Analisis ROI juga sangat membantu untuk mengetahui tingkat pengembalian sebuah investasi. Hasil analisis ini dapat dijadikan dasar untuk memilih investasi yang dapat meningkatkan laba perusahaan.

Penyesuaian Tujuan Antar Divisi Perusahaan

Tiap perusahaan pastinya memiliki divisi yang berbeda-beda. Return on Investment berguna untuk memastikan keselarasan tujuan dari tiap divisi. Tiap peningkatan ROI dalam sebuah divisi akan membawa peningkatan ROI juga ke seluruh divisi perusahaan. Tentunya hal ini sangat berguna untuk mencapai kesesuaian visi dan misi sebuah badan usaha.

Indikator Kinerja Berbagai Divisi

ROI juga dapat digunakan sebagai indikator kinerja dari berbagai divisi di dalam sebuah perusahaan. Perolehan ROI yang baik menunjukan bahwa berbagai divisi dalam perusahaan telah menggunakan aset perusahaan secara efektif, mulai dari manajemen biaya, pemanfaatan aset yang efektif, strategi pemasaran, hingga strategi harga jual.

Berguna Sebagai Analisis Perbandingan Investasi

manfaat analisis roi

Berikutnya, manfaat dari analisis balik modal adalah untuk membantu membuat perbandingan antar tiap bisnis yang berbeda. Analisis perbandingan yang dibuat dari data ROI ini mencakup profitabilitas serta pemanfaatan aset.

Syarat penggunaan ROI sebagai analisis perbandingan ini adalah perusahaan harus memiliki ukuran yang sebanding dan berasal dari industri yang sama. Untuk memutuskan investasi yang lebih menguntungkan, penggunaan ROI jauh lebih sesuai dibandingkan dengan hanya melihat dari biaya modal saja.

Mengukur Kinerja Manajer Investasi

Kinerja manajer investasi yang bagus tentunya adalah yang bisa mengambil keputusan secara tepat dan memberikan pengembalian investasi yang optimal. Adanya analisis balik modal dapat digunakan sebagai tolok ukur dalam menilai bagus tidaknya kinerja manajer investasi.

Meminimalisir Konflik Kepentingan Internal

Semakin tinggi nilai sebuah investasi, maka biasanya akan semakin tinggi pula pengembalian yang dihasilkan perusahaan. Dalam hal ini, analisis balik modal berguna sebagai alat untuk mengevaluasi berbagai proyek investasi yang berbeda secara obyektif, memilih proyek dengan potensi pengembalian terbaik, sekaligus meminimalisir konflik kepentingan dari pihak-pihak yang terlibat.

Mengukur Persaingan di Pasar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, adanya analisis balik modal sangat berguna sebagai tolok ukur profitabilitas sebuah investasi, membandingkan proyek-proyek yang ada di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan dan menentukan tingkat kompetisi dari tiap proyek tersebut.

Nah, itu dia 7 manfaat dari analisis balik modal yang bisa kamu dapatkan apabila kamu memutuskan untuk menerapkan analisis tersebut. Baca selengkapnya di sini mengenai cara menghitung ROI dari investasi kamu.

Belakangan ini, investasi dan trading crypto sedang banyak diminati masyarakat Indonesia. Wajar saja, harga BNB, salah satu aset crypto yang ada di Pintu bahkan telah mengalami peningkatan nilai hingga 1046% per 12 Januari 2022 lalu hanya dalam kurun waktu satu tahun saja.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto secara mudah mulai dari Rp11.000, yuk download Pintu sekarang!

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->