Emas Siap Bersinar di Tahun 2023: Sekarang Waktu yang Tepat untuk Investasi Emas?

Updated
May 24, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Emas Siap Bersinar di Tahun 2023: Sekarang Waktu yang Tepat untuk Investasi Emas?
Reading Time: 4 minutes

Dilansir dari laman Seeking Alpha, tahun 2023 diprediksi sebagai tahun yang gemilang bagi emas. 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa kamu bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam emas sekarang seperti dilansir dari laman Seeking Alpha dan beberapa sumber lainnya.

Federal Reserve Menurunkan Suku Bunga, Apa Dampaknya Pada Harga Emas?

Federal Reserve Menurunkan Suku Bunga, Apa Dampaknya Pada Harga Emas?

Zlaťáky.cz via Unsplash

Federal Reserve telah meningkatkan suku bunga pada laju tercepat dalam sejarah baru-baru ini. Namun, para analis mengantisipasi bahwa FED akan mulai melakukan pemotongan suku bunga di tahun-tahun mendatang. 

Beberapa analis memperkirakan hal ini dapat terjadi paling cepat akhir 2023 karena situasi ekonomi dunia yang mulai pulih dari pandemi COVID-19.

Meskipun demikian para ahli mengatakan bahwa AS dan negara lain di dunia berpotensi menghadapi tantangan ekonomi lain seperti resesi.

Suku bunga yang lebih rendah umumnya dipandang sebagai hal yang positif untuk harga emas, karena mengurangi biaya peluang memegang emas (yang tidak membayar bunga) dan membuatnya lebih menarik bagi investor.

Suku bunga adalah salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi permintaan emas, karena dapat mempengaruhi daya tarik emas sebagai penyimpan nilai atau lindung nilai terhadap inflasi. 

Ketika suku bunga rendah, investor mungkin lebih cenderung membeli emas sebagai aset safe haven yang dapat menaikkan harganya.

Melemahnya Dolar AS di Tahun 2023 Bikin Harga Emas Naik?

Harga emas dan nilai dolar AS cenderung bergerak berlawanan arah. Saat nilai dolar turun, harga emas seringkali naik.

Dolar telah melemah baru-baru ini, dan tren ini diperkirakan akan berlanjut pada tahun 2023, yang dapat menyebabkan kenaikan harga emas.

Menurut analis di Wells Fargo, dolar kemungkinan akan tetap kuat di awal tahun depan, tetapi diperkirakan akan terdepresiasi selama paruh kedua tahun 2023. 

Saat pelaku pasar mengantisipasi kemungkinan pelonggaran kebijakan moneter di AS, mereka percaya dolar akan mulai melemah pada pertengahan 2023.

Target Harga Emas 2023

Target Harga Emas 2023

Unsplash+ 

Lalu bagaimana kira-kira peluang harga emas di tahun 2023? Berikut ini kamu rangkum beberapa prediksi harga emas per ons yang telah dirangkum dari beberapa sumber:

  • Société Générale – $1,550 atau Rp22,8 ribu ($1 = Rp14.753)
  • Fitch – $1,600 atau Rp23,6 ribu
  • ANZ – $1,650 atau Rp24,3 ribu
  • Trading Economics – $1,711 atau Rp25,2 ribu
  • Reuters – $1,750 atau Rp25,8 ribu
  • Wallet Investor – $1.898 atau Rp28 ribu
  • ABN AMRO – $1,900 atau Rp28 ribu
  • Commerzbank – $1,900 atau Rp28 ribu
  • Wells Fargo – $1,900 – $2,000 atau Rp28 ribu – Rp29,5 ribu
  • Saxo Bank – $3,000 atau Rp44,2 ribu
  • Gov Capital – $3,100 atau Rp45,7 ribu
  • Swiss Asia Capital – $4,000 atau Rp59 ribu

Gold Mining Bull, analis investasi sekaligus penulis di laman Seeking Alpha, menyebutkan bahwa jika harga emas naik 10%, maka hal ini kemungkinan akan berdampak positif pada saham pertambangan emas. 

Saham-saham ini cenderung mengalami peningkatan margin ketika harga emas naik, karena mereka terkait erat dengan harga emas. 

Kesimpulan: Bagaimana Potensi Emas di 2023?

Kesimpulan: Bagaimana Potensi Emas di 2023?

Jingming Pan via Unsplash

Kinerja emas pada tahun 2022 relatif kuat dibandingkan aset lain seperti saham dan mata uang crypto

Faktor-faktor seperti nilai dolar AS yang kuat dan persaingan yang meningkat dari aset safe-haven lainnya dengan imbal hasil kemungkinan besar berkontribusi pada kinerja emas yang buruk.

Namun, ada beberapa alasan bagi investor untuk dapat menyikapi secara optimis tentang prospek emas di tahun 2023. 

Menurut laman Seeking Alpha, bank-bank sentral di seluruh dunia telah membeli emas dengan rekor kecepatan tinggi, yang dapat meningkatkan permintaan dan harga. 

Selain itu disebutkan bahwa Cina telah secara resmi melaporkan pembelian emas pertamanya dalam 3 tahun dan kemungkinan akan meningkatkan kepemilikannya pada tahun 2023. 

Terakhir, potensi ketegangan geopolitik dan ketidakpastian ekonomi yang sedang berlangsung dapat menyebabkan investor mencari emas sebagai aset safe haven.

Siap Memulai Perjalanan Investasi Kamu

Gimana? Tertarik untuk memulai perjalanan kamu untuk berinvestasi di dunia komoditas? Selain perak dan emas, crypto merupakan contoh lain dari produk komoditas.

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengakui aset crypto sebagai salah satu pilihan investasi produk komoditas yang legal.

Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi crypto, aplikasi Pintu merupakan solusi yang tepat bagi kamu untuk memulai perjalanan investasi. 

Dengan Pintu, kamu dapat dengan mudah dan aman berinvestasi crypto. Pintu berkomitmen menyediakan akses ke berbagai pilihan aset crypto terkemuka di pasar dengan transaksi yang aman dan terjamin.

Selain itu, Pintu juga memberikan informasi menarik seputar dunia ekonomi dan crypto yang bisa kamu akses melalui laman Pintu Blog dan Pintu News.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera download aplikasi Pintu dan mulai perjalanan seru kamu berinvestasi crypto!

Perhatian: 

Perlu dicatat bahwa memprediksi harga emas merupakan hal yang sulit dilakukan karena volatilitas pasar yang tinggi dan potensi kejadian yang tidak terduga. 

Analisis di atas tidak selalu akurat dalam perkiraan jangka pendek atau jangka panjangnya. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan analisa kamu sendiri dan mempertimbangkan tren pasar terkini, berita, analisis teknis dan fundamental, serta pendapat ahli sebelum membuat keputusan investasi apapun.

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->