Pengertian Biaya Investasi, Contoh dan Cara Menghitungnya Secara Mudah

Updated
August 11, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengertian Biaya Investasi, Contoh dan Cara Menghitungnya Secara Mudah
Reading Time: 3 minutes

Sebelum berinvestasi, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu biaya investasi yang harus kamu keluarkan untuk tiap instrumen investasi bersangkutan. Apa itu biaya investasi? Simak pengertian biaya investasi dan contohnya, termasuk biaya transaksi saham, reksadana, emas hingga aset kripto melalui artikel di bawah ini!

Pengertian Biaya Investasi

contoh biaya investasi adalah

Setiap investasi pasti membutuhkan biaya. Pengertian biaya investasi adalah biaya yang dikeluarkan ketika kamu memperoleh sebagian maupun seluruh investasi, termasuk diantaranya biaya perantara, kewajiban pajak, dan lainnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Risiko Investasi, Contoh Kasus, dan Cara Mengatasinya

Contoh Biaya Investasi

Biaya Investasi Saham

Dalam investasi saham, beberapa yang termasuk biaya investasi adalah broker, biaya transaksi atau levy, pajak pertambahan nilai atau PPN, dan pajak penghasilan atau PPh.

Jual beli saham biasanya menggunakan perantara yang disebut broker. Setiap sekuritas menetapkan biaya broker yang berbeda-beda, umumnya 0,15% hingga 0,35% dari nilai transaksi saham. Dan khusus untuk penjualan saham juga akan dikenakan biaya PPh sebesar 0,1%.

Biaya investasi saham lainnya yaitu levy (biaya transaksi) yang besarnya 0,04% dari nilai transaksi (per tahun 2019). Sementara itu, dikenakan juga tarif PPN sebesar 10% dengan dasar pengenaan hanya 0,03% jumlah transaksi, serta PPh final senilai 0,1% dari nilai bruto transaksi.

Biaya Investasi Reksadana

Terdapat 3 biaya investasi, yaitu biaya yang dibayarkan reksadana, biaya yang dibayarkan oleh perusahaan aset, dan biaya yang dibayarkan oleh investor. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa biaya investasi adalah biaya yang harus terpenuhi, sehingga kamu wajib membayar 3 biaya tersebut jika ingin berinvestasi di aset reksadana.

Biaya yang dibayarkan oleh reksadana terdiri dari biaya manajer investasi, transaksi efek, registrasi efek, notaris, auditor, percetakan, pengeluaran, dan pajak-pajak yang berkaitan.

Sedangkan biaya yang dibayarkan oleh perusahaan aset yaitu biaya pembentukan reksadana, administrasi pengelolaan portofolio, pemasaran, pembubaran, dan likuidasi.

Biaya investasi reksadana yang perlu dibayarkan investor adalah subscription fee, redemption fee, switching fee, dan biaya transfer bank terkait transaksi yang dilakukan. Kesimpulannya, investor hanya perlu membayar biaya yang berkaitan dengan transaksi reksadana.

Biaya Investasi Emas

Bagi investor emas, biaya investasi adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk penggunaan storage cost, cetak sertifikat, biaya transaksi penjualan atau pembelian, dan untuk pembayaran pajak penghasilan.

Adanya biaya untuk storage cost karena jika kamu sudah memiliki emas batangan yang melimpah, maka kamu ingin menyimpannya di tempat yang aman berupa safety box atau tempat penyimpanan lain untuk melindunginya dari bencana, pencurian atau hal-hal tidak diinginkan lainnya.

Khusus biaya cetak sertifikat hanya perlu ditanggung oleh investor yang ingin mengubah tabungan emas digitalnya menjadi wujud fisik. Harganya sekitar Rp70.000 hingga Rp100.000 untuk 1 gram emas pertama.

Biaya transaksi biasa dikeluarkan jika kamu melakukan transaksi berupa trading emas . Besaran pajak penghasilan yang wajib kamu bayarkan adalah sebesar 0,45% bagi pemilik NPWP atau 0,9% bagi investor yang tidak memiliki NPWP.

Biaya Investasi Cryptocurrency

Bagi investor cryptocurrency, biaya investasi adalah biaya yang harus disiapkan untuk membayar biaya layanan meliputi biaya penjualan atau pembelian aset, penarikan dana maupun biaya deposit, tergantung pada broker atau exchange yang kamu gunakan. Biaya investasi kripto bisa dibayarkan dengan modal yang kecil, apalagi investasi kripto belum dikenai pajak.

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Investasi?

cara menghitung biaya investasi adalah

Cara menghitung biaya investasi pun sangatlah mudah. Sebelum mulai berinvestasi, kamu hanya perlu menjumlahkan biaya-biaya di atas tergantung pada instrumen investasi dan perantara yang kamu pilih. Untuk mengetahui biaya transaksi dari broker atau exchange bersangkutan, kamu bisa menuju halaman FAQ pada website resmi mereka masing-masing maupun bertanya kepada customer service.

Untuk kamu yang tertarik melakukan jual beli bitcoin dan aset kripto lainnya, download aplikasi Pintu sekarang! Belajar cryptocurrency dan cek harga kripto terbaru di aplikasi dan website Pintu secara mudah!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Abdul Malik, Apa Saja Biaya-biaya dalam Investasi Reksadana? Diakses tanggal: 9-08-21.

CNBC Indonesia, Sebelum Jual-Beli Saham, Kenali Dulu Biaya-biaya Transaksinya. Diakses tanggal: 9-08-21.

Swayamjit, How to Calculate the Cost of Investment? (With Example). Diakses tanggal: 9-08-21.

Warta Ekonomi, Mengenal Jenis Biaya yang Terdapat di Investasi Emas. Diakses tanggal: 9-08-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.