Inspiratif, 7 Kisah Pengusaha Sukses dari Nol

Updated
February 9, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Inspiratif, 7 Kisah Pengusaha Sukses dari Nol
Reading Time: 4 minutes

Ingin mencapai kondisi finansial yang lebih baik atau bahkan financial freedom? Yuk, simak 7 kisah pengusaha sukses dari nol yang inspiratif berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Sukses di Usia Muda Versi Pebisnis Terkenal Dunia

Sang Ratu Puyo (Kuliner)

Pernah dengar Puding Puyo? Puding khas bertekstur lembut yang beda dari puding lain ini memiliki kisah pengusaha wanita sukses dari nol di baliknya.

Berawal dari sang ayah yang memasak tanpa resep, hingga membuat puding yang tak biasa, Eugenie Patricia Agus yang saat itu berusia 19 tahun, bersama kakaknya, Adrian Christopher Agus, nekat bereksperimen terhadap puding buatan ayahnya. Dengan modal awal Rp 5 juta, Eugenie dan kakaknya pada 10 Juni 2013 melahirkan bisnis Puyo Silky Dessert.

Hingga saat ini, Puyo sudah memiliki 56 outlet dan omzet mencapai Rp 1 miliar/bulan. Puding Puyo juga mengantarkan pendirinya menjadi salah satu pengusaha muda dalam Forbes 30 Under 30 pada tahun 2018 lalu. Kekayaan Puyo turut berkontribusi membangun sebuah perpustakaan di Kampung Roe, Flores.

Bakso Cak Man (Kuliner)

kisah pengusaha sukses bakso cak man
(tripadvisor.co.id)

Bagi kamu penggemar bakso tentu sering mendengar “Bakso Cak Man”. Cak Man atau Abdul Rahman Tukiman, lelaki asal Trenggalek yang hidupnya serba kekurangan dan menjadi yatim di usia 9 tahun. Cak Man memutuskan merantau ke kota dan bertemu Pak Sumaji, tahun 1980.

Dari sanalah, kisah sukses pengusaha di desa ini dimulai. Di kota, ia membantu membuat bakso, menyiapkannya untuk dijual serta membersihkan peralatan. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengikuti atasannya berkeliling dan menjual bakso. Di tahun 1984, ia memilih berjualan bakso sendiri dengan menggunakan tabungannya.

Kegigihan Cak Man dalam berinovasi serta meningkatkan mutu dan kualitas bakso, membuahkan hasil yang saat ini sangat luar biasa, yaitu 90 gerai bakso.

Baca juga: Inspiratif, Kisah Sukses Elon Musk dan Tips Investasi Uniknya

Traveloka (Wisata)

Kamu pasti tahu dong Traveloka, aplikasi penyedia tiket dan penginapan buatan anak Indonesia. Ferry Unardi, setelah lulus, pria Minang kelahiran 1988 ini sempat bekerja selama 3 tahun di Microsoft, sebagai software engineer.

Ferry yang kala itu sedang berlibur di Cina, terbesit ide berbisnis di dunia travel. Namun sayang, kisah sukses pengusaha muda ini sempat tertunda oleh keraguannya sendiri.

Tahun 2012, Ferry dibantu sahabatnya, Albert Zhang dan Derianto Kusuma, membangun “mesin” pencari tiket pesawat yang mudah diakses masyarakat. Sempat ditolak banyak maskapai penerbangan, Traveloka kini telah menjadi unicorn di Indonesia.

Ferry sang CEO menjadi bukti kisah pengusaha sukses dari nol yang masuk daftar Forbes 30 Under 30 tahun 2019 dan menjadi orang terkaya di Indonesia ke-146 versi Majalah Globe Asia 2018 dengan kekayaan mencapai US$ 146 (Rp 2,1 triliun).

Bus Sejuta Umat (Transportasi Publik)

Pastinya kamu tahu bus yang dijuluki sejuta umat, PO Sinar Jaya. Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya telah ada sejak 18 November 1982 dan dipelopori oleh Herman Rusly dan H. Rasidin Karyana.

Kisah sukses pengusaha bus Sinar Jaya, diawali dengan bus model kapsul di tahun 80-an. Seiring perkembangan, kini Sinar Jaya telah menjadi pelopor Suites Class di Indonesia.

Bisnis Sampah (Pengolahan Limbah)

kisah sukses pengusaha bisnis sampah

Tidak banyak yang tahu kisah pengusaha sukses dari nol di Indonesia Mohammad Baedowy, pengusaha muda terbaik versi Majalah Tempo, peraih Kalpataru 2010, serta didapuk menjadi wirausaha terbaik Indonesia versi Dji Sam Soe Awards dan Soegeng Sarjadi Awards on Good Governance.

Kisah pengusaha dari nol ini dimulai dari bisnis penggilingan sampah plastik. Di tengah jalan, mesin pencacah plastik rusak dan tidak ada yang bisa memperbaiki atau mengajarkannya untuk memperbaiki mesin.

Baedowy tetap berusaha hingga akhirnya berhasil memperbaiki mesin pencacah plastik dan membuat desainnya sendiri. Bijih plastik dieksp or sampai ke Tiongkok. Ia juga menjual mesin pencacah plastik ke lebih dari 100 mitra di Indonesia.

The Oracle of Omaha (Bisnis dan Investasi)

Warren Buffet bisa menjadi contoh kisah inspiratif pengusaha kecil yang sukses lainnya. Berbisnis sejak usia 6 tahun, Buffet pernah menjual permen dan minuman Coca-Cola. Di usia 11 tahun, ia berani membeli 3 saham perusahaan minyak Cities Service. Di usia 13 tahun, ia menjadi pengantar koran The Washington Post.

Sampai pada usia 15 tahun, gajinya yang ditabung telah terkumpul hingga Rp29 juta, yang mana ia menginvestasikan Rp 17 jutanya untuk 40 Ha peternakan di Nebraska. Kemudian, ia juga mengambil alih Berkshire Hathaway Inc yang juga telah memiliki anak usaha properti, asuransi dan reasuransi, keuangan, energi, jasa dan ritel serta manufaktur.

Warren mulai investasi saham tahun 1965 sebesar US$3.700, dengan komposisi 30% untuk asuransi, 10% sektor energi serta 60% ke manufaktur, jasa dan ritel.

Tahun 2006, ia meraup keuntungan sampai US$100miliar. Walaupun tentunya ia juga pernah mengalami kerugian jutaan dolar saat berinvestasi ke saham sebuah maskapai penerbangan. Total kekayaan bersihnya kini telah mencapai lebih dari US$100 miliar atau di atas Rp1,4 triliun.

Pengusaha yang Jadi Menteri

Siapa yang tidak mengenal Sandiaga Salahuddin Uno? Pengusaha, mantan wakil Gubernur DKI Jakarta dan kini, Menteri Parekraf. Lulusan summa cumlaude dari Wichita State University USA ini pernah menjadi pegawai Bank Summa, tahun 1990.

Setahun kemudian, ia meraih gelar master di George Washington University, di mana ia juga manajer investasi di Seapower Asia Investment Limited Singapore serta MP Holding Limited Group. Setelahnya, Sandi memilih pindah menjadi Executive President di NTI Resources Ltd, Kanada pada tahun 1995.

Sayangnya, kisah pengusaha sukses dari nol ini tak selalu mulus. Dua tahun kemudian, krisis moneter, perusahaan bangkrut dan ia harus di-PHK.

Sandi pulang ke Indonesia dan ditolak oleh 25 perusahaan yang dilamarnya. Ia mendirikan kantor penasehat keuangan, PT. Recapital Advisors dengan temannya, Rosan Perkasa Roeslani.

Setelahnya, ia juga mendirikan PT. Saratoga Investama Sedaya Tbk. pada 2019. Kini, total kekayaannya telah mencapai Rp 5,09 triliun.

Itu dia beberapa kisah pengusaha sukses dari nol yang bisa menjadi inspirasi kamu. Dari kisah-kisah tersebut, Warren Buffet mungkin menjadi salah satu yang paling terkenal di dunia investasi.

Berbicara tentang investasi, belakangan ini crypto menjadi salah satu instrumen investasi yang menarik masyarakat luas. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 6,5 juta orang. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang!

Referensi:

Ali Topan. Bermodal Nekat, Bisnis Duo Bersaudara Ini Masuk ’30 Under 30 Asia Forbes.

Fathan R., M. Sejarah PO Sinar Jaya, Pionir Suites Class di Indonesia.

Handoko, D. Kisah Kelam Sandiaga Uno, Ditolak 25 Perusahaan sampai Ngutang Buat Beli Susu.

Kumparan. Eugenie Patricia Agus, Membangun Puyo dengan ‘Kelembutan’.

Kumparan. Mengenal Ferry Unardi, Pendiri Traveloka yang Putus Sekolah dari Harvard.

Most. Jalan Sutera Warren Buffet dalam Berbisnis dan Investasi Saham.

Priyo J., B. Cak Man Sukses dengan Bakso Malang.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->