Tiga Penyebab Bitcoin Turun Setelah Gagal Menembus $19,500
Reading Time: 1 minute

Pada 15 Desember, Bitcoin terlihat sempat melonjak ke $19,570 dan kembali turun lagi ke kisaran $19,050 dalam kurun waktu tiga jam. Apakah penyebab turunnya harga Bitcoin? Menurut analis Cointelegraph, ada tiga alasan yang menyebabkan turunnya harga Bitcoin. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Benarkah Bitcoin is the New Gold?

Reli Bantuan untuk Bitcoin

Pada 12 Desember lalu, dilaporkan bahwa indikator teknis menunjukan BTC oversold setelah turun di bawah $17,600. Kemudian BTC kembali berhasil melewati $18,300 dan menembus level resistensi kluster whales di $18,800 yang kemudian meningkatkan momentumnya. Pada akhirnya BTC melonjak hingga $19,570 di seluruh bursa perdagangan cryptocurrency.

Tingkat Pendanaan Berjangka Negatif Memicu BTC

Di berbagai bursa perdagangan crypto, tingkat pendanaan berjangka berubah menjadi negatif karena Bitcoin mulai pulih di $18,000. Hal ini terjadi karena lebih banyak pengguna yang menjual dibanding pengguna yang ingin membeli. Artinya kemungkinan shortsqueeze meningkat yang dapat menyebabkan permintaan pembeli melonjak.

Meskipun pendanaan berjangka berubah menjadi negatif untuk waktu yang singkat, hal ini menunjukan penjualan yang agresif. Short-seller memang cenderung agresif saat reli bantuan. Segera setelah Bitcoin melewati $19,300 dan dengan cepat mencapai ke $19,570, hal itu menandakan terjadi shortsqueeze yang besar.

Whales Terlihat Kembali

Meskipun pemulihan yang kuat, BTC mengalami aksi jual besar-besaran di atas $19,500. Hal ini dikarenakan whales yang sedang mengambil untung. Ki Young Ju, CEO dari CryptoQuant pada 15 Desember dilaporkan mengurangi posisinya karena peningkatan simpanan whales ke bursa.

Baca Juga: Bank DBS Resmi Luncurkan Digital Exchange

Sejak itu, Bitcoin telah turun kembali di bawah $ 19.100, berkonsolidasi di bawah area resistensi $ 19.400 sekali lagi. Saat ini Bitcoin diharapkan berada di atas level $18,800. Pertahanan di level ini akan menjadi tanda bullish yang dapat mendorong BTC untuk kembali ke level tertinggi baru sepanjang masa.

Ingin mencoba investasi crypto? Download dan beli Bitcoin atau aset digital lainnya di aplikasi Pintu mulai dari Rp 22,000! Yuk download sekarang!

Artikel Terkait