Pintu Blog
/
Berita
/
Selain El Salvador, 5 Negara Amerika Latin Ini Sambut Positif Penggunaan Bitcoin
Selain El Salvador, 5 Negara Amerika Latin Ini Sambut Positif Penggunaan Bitcoin
June 11, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Reading Time: 3 minutes

Beberapa hari lalu, sedang ramai diperbincangkan mengenai El Salvador yang telah melegalkan penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Berita ini tentu saja mendapatkan banyak respon positif dari para investor dan trader aset kripto mengingat sejauh ini penggunaan Bitcoin hanya terbatas pada perdagangan komoditi semata.

El Salvador sendiri merupakan negara pertama yang mengizinkan penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Kebijakan ini diumumkan oleh Presiden El Salvador, Nayib Bukele dalam Konferensi Bitcoin 2021 di Miami, yang mana merupakan salah satu acara Bitcoin terbesar dalam sejarah.

Mengikuti pengumuman tersebut, beberapa negara di Amerika Latin pun turut memberikan sinyal positif terhadap penggunaan Bitcoin di negara mereka masing-masing.

Paraguay

Dilansir dari coindesk, Carlos Rejala selaku anggota kongres dari Paraguay berencana mengajukan regulasi yang memungkinkan penggunaan cryptocurrency untuk penambangan, jual-beli, pembagian modal hingga pemodalan berbagai aktiviras bisnis di Paraguay pada Juli bulan depan.

Proyek ini diumumkan melalui Twitter resmi Carlos Rejala (@carlitosrejala) beberapa hari setelah El Salvador menetapkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negaranya.

Cuitan dari Carlos Rejala ini juga menampilkan meme foto seorang pria dengan sinar laser dari matanya, yang menjadi tren baru bagi petinggi negara-negara Amerika Latin yang juga ikut mendukung gerakan ini.

Brazil

 

bitcoin sebagai alat pembayaran

Mengikuti cuitan dari Carlos, Fabio Ostermann (@FabioOstermann) selaku Deputi Brazil ikut memposting cuitan foto pria dengan mata laser serta me-retweet sebuah postingan dari salah satu akun popular Bitcoin.

Tidak mau kalah, langkah ini juga diikuti oleh anggota Deputi Brazil yang lain, Gilson Marques (@gilson_marques) yang juga menyertakan hashtag #Bitcoin dan #ToTheMoon.

Baca juga : Lewat $1M, Penasehat Joe Biden Jadi Salah Satu Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia

Argentina

 

pembayaran menggunakan bitcoin

Tidak terlalu terang-terangan seperti dua negara sebelumnya, salah satu anggota deputi Argentina, Francisco Sanchez (@fsancheznqn) juga ikut memposting cuitan serupa namun hanya disertai dengan kata-kata singkat, “Aku tidak bisa mempercayainya, tapi begitulah adanya.”

Panama

Gabriel Silva, seorang politikus asal Panama membagikan sentimen yang serupa terhadap Bitcoin.

Dilansir dari TheStreet, begini cuitan lengkapnya,

  (twitter.com)

“Langkah ini benar-benar penting dan Panama tidak boleh ketinggalan. Jika kita benar-benar ingin menjadi pusat pergerakan di bidang teknologi dan entrepreneurhip, kita harus ikut mendukung cryptocurrency. Kami juga berencana menyiapkan proposal yang akan dipresentasikan saat Rapat Besar nanti.”

Gabriel pun mengakhiri cuitannya dengan ajakan bagi orang-orang yang ingin bergabung dengannya untuk menghubunginya secara langsung.

Meksiko

Baru-baru ini, salah seorang senator dari Meksiko bahkan telah mengubah foto profilnya dan menambahkan “mata laser” yang menjadi ciri khas dari gerakan pro-Bitcoin di beberapa negara Amerika Latin ini.

 

perkembangan bitcoin

Untuk mendukung adopsi Bitcoin, ia juga beberapa kali membagikan artikel dan postingan bertemakan Bitcoin di Twitter-nya.

Perkembangan Bitcoin di Indonesia

Hingga artikel ini ditulis, Indonesia pun belum menerima pembayaran Bitcoin sesuai dengan pernyataan resmi dari Bank Indonesia (BI) di tahun 2017 lalu.

Namun tenang saja karena menurut pernyataan Badan Pengasa Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Bitcoin dan 229 cryptocurrency lainnya dilegalkan untuk diperdagangkan di pasar aset kripto sejak Desember 2020 lalu.

Bahkan, Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) meyakini bahwa investasi aset Bitcoin akan terus meningkat di Indonesia meningkat mengingat penyebaran aset kripto memang lebih cepat di negara berkembang daripada di negara maju.

Cara Beli Bitcoin di Indonesia

Buat kamu yang ingin berinvestasi Bitcoin secara mudah dan aman, download aplikasi Pintu sekarang! Investasi Bitcoin dan koin kripto lainnya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja hanya melalui smartphone kamu!

Topics
Bagikan
Artikel Terkait

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Terdaftar dan Diawasi
Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Terdaftar dan Diawasi

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Terdaftar dan Diawasi
Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Terdaftar dan Diawasi
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.