Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
6 Simbolisme dan Arti Logo Crypto yang Beredar di Pasaran...

6 Simbolisme dan Arti Logo Crypto yang Beredar di Pasaran

August 4, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar 6 Simbolisme dan Arti Logo Crypto yang Beredar di Pasaran
Reading Time: 3 minutes

Buat kamu yang menggeluti dunia crypto, pasti tidak asing lagi dengan simbol serupa B pada Bitcoin, simbol seperti kristal pada Ethereum dan lainnya. Pernahkah kamu bertanya-tanya apa arti di balik logo.crypto tersebut? Simak berbagai arti logo crypto yang sedang beredar di pasaran berikut ini!

Bitcoin

arti logo bitcoin

Logo bitcoin sempat beberapa kali mengalami perubahan. Tampilan awal yang diperkenalkan Satoshi Nakamoto pada tahun 2008 cukup sederhana yakni seperti koin emas dengan huruf BC di atasnya.

Logo baru diperkenalkan pada tahun 2010 dengan desain tanpa huruf C dan penambahan garis dolar. Namun reaksi publik tidak terlalu bagus karena dianggap mirip dengan simbol mata uang Thailand, Baht.

Phil Wilson membantu mendesain logo Bitcoin yang dikenal sekarang, yang mana berupa garis dolar dengan simbol $ yang telah dicap ke tanah oleh Bitcoin, mengindikasikan dominasi moneter bitcoin. Latar lingkaran oranye mempunyai arti bahwa Bitcoin tidak memiliki ujung dan akan menonjol dari mata uang lain.

Geometri desain huruf B yang diputar 13,88 derajat ke kanan memberikan pesan bahwa blockchain Bitcoin akan terus berkembang di masa depan.

Baca juga: Simak 6 Pengalaman Investasi Bitcoin Sukses

Ethereum

arti logo ethereum

Logo Ethereum yang berbentuk oktahedron dirancang oleh Richard Stott, Desainer Kreatif dari Ethereum. Menurutnya, tidak ada sumber inspirasi spesifik untuk desain maupun arti logo crypto yang satu ini.

Stott mengungkapkan bahwa ia cukup beruntung karena proyek desain Ethereum melibatkan orang-orang yang terbuka dan jujur, sehingga komunikasi visual logo dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Olusegun Ogundeji dari Cointelegraph menyebutkan bahwa oktahedron sebagai bentuk yang paling cocok untuk merepresentasikan energi, penyembuhan dan manifestasi. Energi akan mengalir dari kedua sisi atas dan bawah dengan kekuatan yang sama, sedangkan delapan sisinya akan mengalirkan energi tambahan yang lembut.

Binance Coin

arti logo BNB Coin
(cryptopotato.com)

Logo Binance Coin dirancang dari dua blok mirip belah ketupat yang ditempatkan secara tumpang tindih di atas blok besar. Desain tersebut memiliki makna Binance sebagai platform pertukaran yang mempertemukan penawaran dan permintaan.

Sementara itu, tiga blok kecil di tengah yang membentuk rantai mewakili blockchain perdagangan. Crypto logo yang dibuat dengan simetris secara horizontal dan vertikal memberikan kesan Binance sebagai platform yang seimbang dan adil.

Uniswap

 

arti logo uniswap
(medium.com)

Logo Uniswap menjadi salah satu yang paling unik di antara logo cryptocurrency lainnya. Mereka menggunakan simbol unicorn berwarna merah muda untuk logonya. Unicorn dipilih karena merepresentasikan Uniswap sebagai protokol DEX yang kuat dan terus berkembang dengan memberikan ide dan solusi dari waktu ke waktu.

Sebelum menggunakan nama dan logo saat ini, Hayden Adams, pendiri Uniswap, berencana menamai proyeknya dengan Unipeg, kombinasi antara unicorn dan pegasus. Namun, akhirnya Vitalik Buterin menamai proyek tersebut dengan Uniswap.

 
arti logo chainlink
(crypticker.io)

Logo crypto Chainlink memiliki desain yang mirip dengan rantai siklik sederhana, benzena, dengan makna Chainlink sebagai protokol tunggal yang berfungsi sebagai jembatan universal yang menghubungkan sistem on-chain (seluruh blockchain) dan off-chain.

Sebagaimana cincin benzena yang stabil, Chainlink juga dilengkapi dengan infrastruktur yang aman dan fleksibel. Platform ini terintegrasi dengan jaringan oracle yang handal dan teruji keamanannya serta terhubung dengan data API.

Polygon (MATIC)

 
arti logo polygon matic

Polygon memiliki bentuk logo crypto yang sama dengan nama platformnya. Simbol Polygon sendiri didefinisikan sebagai serangkaian garis yang terhubung membentuk jalur tertutup. Hal tersebut serupa dengan karakteristik Polygon.

Polygon merupakan protokol yang menghubungkan jaringan blockchain yang kompatibel dengan Ethereum sehingga membentuk sebuah sistem multi-rantai yang aman dan tertutup. Sistem ini menyelesaikan masalah seperti biaya bahan bakar, kecepatan transfer dan keamanan.

Itu dia simbolisme dan arti logo crypto dari beberapa koin yang ada di pasaran saat ini. Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi dan trading aset kripto, download Pintu, aplikasi jual beli cryptocurrency yang sudah terdaftar resmi di BAPPEBTI. Cek juga harga crypto terbaru secara real-time dan belajar crypto secara gratis di Pintu Akademi

Referensi:

Bitcoin Magazine, The History and Symbolism Behind Bitcoins Logo. Diakses tanggal: 29 Juli 2021.

Chainlink Today, What is The True Definition of Chainlink. Diakses tanggal: 29 Juli 2021.

Daily Coin, Bitcoin, Ethereum and Ripple Logo: What Do They Mean?. Diakses tanggal: 29 Juli 2021.

Medium, Are You Committed Enough to Tattoo. Diakses tanggal: 29 Juli 2021.

Onextrapixel, Polygon Graphics- What They Are Examples and Tutorials. Diakses tanggal: 29 Juli 2021.

Uniswap, Uniswap History. Diakses tanggal: 29 Juli 2021.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.