Picu Penurunan Pasar, Jump Crypto Menggerakkan Setidaknya $46,78 Juta ETH!

Updated
August 6, 2024
Gambar Picu Penurunan Pasar, Jump Crypto  Menggerakkan Setidaknya $46,78 Juta ETH!

Jakarta, Pintu News – Jump Crypto, lengan kripto dari perusahaan perdagangan milik sendiri yang berbasis di Chicago, Jump Trading, diduga sedang mentransfer jutaan dolar aset digital ke bursa.

Hal ini memicu spekulasi bahwa Jump Crypto sedang melakukan likuidasi besar-besaran, yang dapat memperburuk tekanan jual di pasar kripto. Simak lebih lanjut, yuk!

Jump Crypto telah Memindahkan 17.576 ETH

Data dari platform analitik blockchain SpotOnChain (5/8/24) menunjukkan bahwa dalam 24 jam terakhir saja, Jump Crypto telah memindahkan 17.576 ETH, atau lebih dari $46,78 juta, ke bursa seperti Binance, OKX, Coinbase, Bybit, dan Gate.io.

Baca juga: Pasar Crypto Ambruk: Likuidasi Lebih dari $1 Miliar di Tengah Turbulensi Pasar Global!

Transfer terbaru ini menambah total deposit Jump Crypto ke bursa menjadi $277 juta dalam bentuk Etherdum selama 10 hari terakhir.

Sejak 25 Juli, Jump Crypto telah menebus 83.091 wstETH (senilai $341 juta) menjadi 97.600 stETH dan melepaskan 86.059 stETH ($274 juta) dari Lido Finance. Perusahaan kemudian mendepositokan sejumlah bersih 72.213 ETH ($231 juta) ke berbagai bursa.

Saat ini, Jump Crypto memegang sekitar $706 juta dalam bentuk mata uang kripto, termasuk USDT, USDC, Bitcoin, dan lainnya.

Dugaan Penyebab Likuidasi

Ada beberapa spekulasi tentang alasan di balik dugaan likuidasi Jump Crypto. Beberapa analis percaya bahwa Jump Crypto mungkin sedang menghadapi margin call di pasar tradisional dan membutuhkan likuiditas untuk memenuhi kewajibannya.

Sementara yang lain percaya bahwa Jump Crypto mungkin sedang keluar dari bisnis kripto karena alasan regulasi.

Dr. Julian Hosp, salah satu pendiri platform DeFi Cake Group, mencuit di Twitter:

“Alasan di balik aksi jual gila-gilaan di kripto tampaknya adalah Jump Trading, yang mungkin sedang menghadapi margin call di pasar tradisional dan membutuhkan likuiditas selama akhir pekan, atau mereka sedang keluar dari bisnis kripto karena alasan regulasi (terkait Terra Luna).”

Dampak Terhadap Pasar Kripto

Dugaan likuidasi Jump Crypto terjadi pada saat yang bergejolak bagi pasar kripto. Dalam 24 jam terakhir (5/8/24), 14% dari total kapitalisasi pasar kripto telah terhapus. Harga kripto sedang dalam penurunan bebas, dengan Bitcoin sempat turun di bawah $50.000 hari ini.

Baca juga: Aave Raup Pendapatan $6 Juta di Tengah Anjloknya Pasar Crypto!

Token DeFi utama seperti Lido DAO, UNI, AAVE, dan MKR turun antara 20% hingga 30% dalam 24 jam terakhir.

“Jump melikuidasi buku kripto mereka ke pasar yang tipis pada Minggu sore di musim panas dengan sempurna menunjukkan mengapa operasi kripto mereka sangat kacau,” kata Adam Cochran, VP of Operations di SBT Partners.

“Untuk sebuah toko yang telah menghasilkan begitu banyak pembangun cerdas di ruang ini, operasi mereka selalu tampak seperti kekacauan.”

Investigasi CFTC

Pada bulan Juni, Commodity Futures Trading Commission (CFTC) mulai menyelidiki Jump Crypto. Investigasi ini berfokus pada aktivitas perdagangan dan investasi perusahaan, yang mencakup keterlibatan mendalam dalam industri kripto melalui lengan market-making dan investasinya.

Baca juga: Dominasi Bitcoin Melonjak ke 58% di Tengah Penurunan Drastis Pasar Altcoin dan Saham!

Diluncurkan pada September 2021, Jump Crypto telah menghadapi beberapa kemunduran, seperti peretasan Wormhole senilai $325 juta pada tahun 2022 dan kerugian besar dari keruntuhan FTX.

Baru-baru ini, Jump juga disebutkan dalam gugatan Securities and Exchange Commission (SEC) terhadap Terraform Labs, meskipun tidak didakwa dengan kesalahan apa pun.

“Kisaran besar dan tidak rapi di mata uang utama ini benar-benar disebabkan oleh perubahan pasokan besar-besaran dari masalah siklus terakhir (dan sebelumnya) – aset FTX, Mt Gox, Jerman, GBTC dan sekarang Jump, ditambah proyek baru yang tidak terkunci/token,” cuit Raoul Pal, CEO Real Vision.

Secara keseluruhan, dugaan likuidasi Jump Crypto telah menimbulkan kekhawatiran tentang kesehatan pasar kripto. Masih harus dilihat apakah likuidasi ini akan terus berlanjut dan dampak jangka panjangnya terhadap pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->