Volume Perdagangan Bitcoin Catat Rekor Tertinggi Pasca-Halving, Capai $1,14 Miliar!

Updated
August 7, 2024
Gambar Volume Perdagangan Bitcoin Catat Rekor Tertinggi Pasca-Halving, Capai $1,14 Miliar!

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Cointelegraph, transaksi Bitcoin di bursa kripto meroket di tengah kondisi pasar yang bergejolak, menandai rekor tertinggi sepanjang masa dalam volume perdagangan di siklus keempat Bitcoin halving.

Volume Perdangan Bitcoin Capai $1,14 Miliar

Pada tanggal 5 Agustus 2024, banyak pedagang kripto mengalami kerugian besar setelah posisi mereka dilikuidasi karena jatuhnya harga mata uang kripto terkemuka, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan Solana.

Akibat keributan tersebut, beberapa investor kripto menjual kepemilikan Bitcoin mereka untuk meminimalkan kerugian, sementara yang lain memilih untuk membeli BTC yang sedang didiskon besar-besaran di kisaran $50.000.

Baca juga: Whale Bitcoin Borong 84.000 BTC di Bulan Juli 2024, Perubahan Pasar yang Bullish?

Menurut data Blockchain.com, total nilai dolar Amerika Serikat dari volume perdagangan di bursa Bitcoin utama melebihi $1,14 miliar pada 6 Agustus 2024, seperti yang ditunjukkan data di bawah ini.

Total nilai dolar AS dari volume perdagangan Bitcoin di bursa kripto utama. Sumber: Blockchain.com

Jatuhnya Harga Pasar Menyebabkan Lonjakan Transaksi Bitcoin

Nilai transaksi yang sama terakhir kali tercatat pada bulan Maret, jauh sebelum Bitcoin halving keempat selesai pada tanggal 20 April. Pasca halving, volume perdagangan harian di bursa Bitcoin mempertahankan rata-rata $30 juta.

Penting untuk dicatat bahwa Blockchain.com mengumpulkan data dari bursa kripto teratas dan beberapa pasar bebas. Oleh karena itu, total volume perdagangan yang sebenarnya jauh lebih tinggi daripada yang dilaporkan.

Persentase transaksi Bitcoin, berdasarkan jenis protokol. Sumber: Dune Analytics

Sementara itu, data dari Dune Analytics menunjukkan bahwa lebih dari 90% transaksi yang melewati jaringan Bitcoin pada tanggal 5 Agustus adalah BTC. Protokol Bitcoin terkemuka lainnya, seperti Ordinals, BRC-20, dan Runes, secara bersama-sama menggunakan kurang dari 9% bandwidth jaringan Bitcoin.

Baca juga: Pendiri Tron, Justin Sun, Borong 14.884 ETH di Tengah Pemulihan Pasar, Sinyal Bullish?

Menguangkan Bitcoin dan Ethereum yang Didiskon

Kejatuhan kripto sesaat menurunkan harga Bitcoin dan Ethereum masing-masing lebih dari 10% dan 20%.

Para peretas mata uang kripto melihat penurunan ini sebagai kesempatan untuk membeli Ether yang sedang diskon besar-besaran menggunakan dana curian dari pencurian sebelumnya.

Seperti yang telah dilaporkan oleh Pintu News kemarin, eksekutor Nomad Bridge menggunakan 39,75 juta token Dai (DAI), yang dicuri pada Agustus 2022, untuk membeli 16,892 ETH.

Menambah temuan firma analisis blockchain Lookonchain, firma investigasi blockchain PeckShield mencatat bahwa pengeksploitasi Nomad secara bersamaan mengirim 17.75 ETH ke alamat Ethereum perantara.

Pada 5 Agustus 2024, peretas mentransfer sekitar 2.400 ETH (senilai sekitar $ 7 juta) ke Tornado Cash.

Secara keseluruhan, lonjakan volume perdagangan Bitcoin di tengah pasar yang bergejolak menunjukkan minat yang besar dari investor untuk memanfaatkan peluang beli saat harga turun.

Dengan rekor volume perdagangan ini, Bitcoin menunjukkan ketahanannya sebagai aset digital utama di pasar kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->