Widih! Pendanaan Startup Crypto Meningkat Menjadi $2,7 Miliar pada Kuartal 2 Tahun 2024

Updated
August 13, 2024
Gambar Widih! Pendanaan Startup Crypto Meningkat Menjadi $2,7 Miliar pada Kuartal 2 Tahun 2024

Jakarta, Pintu News – Menurut laporan terbaru, startup crypto mengumpulkan sedikit lebih banyak dari pendanaan modal ventura di Q2 dibandingkan dengan kuartal pertama tahun ini – meskipun jumlah total transaksi turun, menurut data dari Pitchbook.

Peningkatan Pendanaan di Tengah Penurunan Volume Kesepakatan

Dalam laporan 9 Agustus 2024, Pitchbook mengatakan ada peningkatan 2,5% dalam total modal yang diinvestasikan tetapi penurunan 12,5% dalam jumlah kesepakatan dibandingkan dengan Q1.

Baca juga: Harga SUI Melejit 98% dalam Seminggu, Apa yang Mendorong Kenaikan Ini?

Pitchbook mengatakan bahwa hal ini dapat berarti lebih banyak harapan dari para investor institusional di pasar.

“Dengan sentimen investor yang positif yang kembali ke kripto dan tidak adanya penurunan pasar yang besar, kami memperkirakan volume dan laju investasi akan terus meningkat sepanjang tahun ini,” tulis Pitchbook.

Pitchbook mencatat bahwa proyek-proyek infrastruktur memimpin dalam pendanaan Q2, dengan platform layer-1 Monad yang mengumpulkan $225 juta dalam putaran pendanaan Seri A, protokol keuangan terdesentralisasi BeraChain – yang menggembar-gemborkan model bukti likuiditas baru – mengumpulkan $100 juta dalam putaran Seri B, dan platform restorasi Bitcoin, Babel, yang mengumpulkan $70 juta pada tahap awal.

Selain itu, Pitchbook mencatat dua “putaran besar” – protokol media sosial terdesentralisasi Farcaster mengumpulkan $150 juta dalam putaran Seri A dengan valuasi pasca-uang $1 miliar dan platform game blockchain Zentry mengumpulkan $140 juta dalam putaran tahap awal.

Total Investasi Perusahaan Kripto Tahun Ini Mengumpulan $10,8 Miliar

Namun, pendanaan untuk startup kripto dalam 18 bulan terakhir telah melambat secara signifikan sejak 2021 dan 2022, yang masing-masing menghasilkan $25,3 miliar dan $29,4 miliar dalam bentuk modal baru.

Total investasi untuk perusahaan kripto pada tahun 2023 mencapai $10,1 miliar, sementara tahun ini berada di jalur yang tepat untuk mengumpulkan $10,8 miliar dengan kurs saat ini.

Modal ventura kripto telah melambat secara signifikan pada tahun 2024 dibandingkan tahun 2021 dan 2022. Sumber: Pitchbook

Baca juga: Daftar Aset Kripto Teratas untuk Diperhatikan dan Dibeli di Bulan Agustus 2024

Laporan tersebut juga mencatat bahwa putaran startup kripto menjadi semakin kompetitif pada tahap penggalangan dana sebelumnya, tetapi tidak terlalu kompetitif pada tahap selanjutnya.

Menurut DefiLlama, lebih dari $102 miliar dana telah mengalir ke industri blockchain di 5.400 putaran pendanaan sejak Juni 2014.

Lebih dari $102 miliar telah dikumpulkan oleh proyek-proyek kripto sejak tahun 2014. Sumber: DefiLlama

Laporan ini muncul kurang dari tiga bulan setelah perusahaan modal ventura Pantera Capital dan Paradigm berusaha untuk mengumpulkan $1 miliar dan $850 juta, masing-masing, untuk dana kripto baru.

Penggalangan dana sebesar $1 miliar dari Pantera Capital akan menjadi yang terbesar untuk industri mata uang kripto sejak Mei 2022, ketika perusahaan modal ventura yang berbasis di Silicon Valley, Andreessen Horowitz (a16z), berhasil menggalang dana sebesar $4,5 miliar.

A16z mengatakan telah mengumpulkan $7,2 miliar pada bulan Mei untuk berinvestasi di beberapa sektor teknologi, termasuk kecerdasan buatan dan game, tetapi memilih untuk tidak menambah dana yang berfokus pada mata uang kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->