Bitcoin Dominance (BTC.D) Melemah ke Angka 57,33%, Altcoin Siap Ambil Alih?

Updated
August 14, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Bitcoin Dominance (BTC.D), yang mengukur nilai relatifnya terhadap kripto lain, sempat mencapai puncak tahunan di 57,70% pada 9 Agustus saat harga BTC pulih dari penurunan sebelumnya di bawah $50.000.

Namun, saat ini, BTC.D telah menurun, memicu spekulasi bahwa musim altcoin (alt season) mungkin sudah dekat. Banyak yang memprediksi bahwa altcoin akan segera menjadi sorotan, terutama ketika BTC.D terus melemah. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Dominance Melemah Meski Capai Tonggak Sejarah

btc dominane
Sumber: Trading View

Altcoin season adalah periode singkat ketika 75% dari 50 kripto teratas di luar BTC mengungguli Bitcoin. Untuk mencapai ini, BTC.D harus turun, dan kapitalisasi pasar TOTAL2 harus terus meningkat.

btcd vs altcoin marketcap
Sumber: TradingView

TOTAL2 adalah jumlah dari kapitalisasi pasar 125 altcoin teratas. Saat ini, BTC.D telah turun menjadi 56,95%, sementara TOTAL2 meningkat menjadi $890,18.miliar.

Beberapa bulan lalu, banyak altcoin, dipimpin oleh Ethereum (ETH), mengalami kenaikan harga dua digit. Namun, reli tersebut tidak berlangsung lama. Selain itu, peluncuran ETF Ethereum spot tidak memberikan hasil yang diharapkan, terutama karena kapitalisasi pasar TOTAL tetap di bawah $1.triliun saat ini.

Baca Juga: Yescoin Siap Luncurkan Airdrop Token dengan Pendekatan ‘Swipe-to-Earn’ yang Revolusioner!

Dengan harga Bitcoin yang turun di bawah $60.000, perdagangan pada $58.188, diskusi tentang kemungkinan datangnya musim altcoin kembali mengemuka di kalangan trader.

Sinyal Musim Altcoin: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Seorang trader kripto, Zen, berpendapat bahwa minggu ini bisa menjadi bullish untuk altcoin, asalkan Bitcoin diperdagangkan di antara $53.500 dan $60.800.

Menurutnya, skenario ini akan valid jika Bitcoin tetap stabil dalam rentang tersebut. Ini berarti, jika Bitcoin tetap stagnan, altcoin bisa mendapatkan momentum dan mengungguli BTC.

Selain itu, kejadian baru-baru ini juga mengindikasikan bahwa pendapat Zen mungkin benar. Menurut data Lookonchain, institusi yang biasanya menjadi penggerak harga BTC telah menahan diri untuk tidak membeli koin tersebut.

Baca Juga: Hamster Kombat Tolak Tawaran Investasi Besar-Besaran, Memilih Berjalan Sendiri?

Hal ini terjadi meskipun institusi memiliki akses ke sejumlah besar stablecoin beberapa hari lalu. Jika institusi berhenti melakukan akumulasi, dominasi Bitcoin bisa semakin menurun, membuka jalan bagi altcoin untuk naik.

Potensi Besar di Pasar Altcoin

Sementara itu, grafik harian TOTAL2 menunjukkan bahwa pasar altcoin sedang keluar dari tren penurunan. Nilai kapitalisasi pasar altcoin mengalami serangkaian penurunan (Lower Lows) dari Mei hingga awal Agustus.

Namun, saat ini, pasar altcoin telah mencapai titik tertinggi baru (Lower High), yang mengindikasikan bahwa tren naik yang signifikan bisa berkembang jika momentum ini terus berlanjut.

Meskipun demikian, jika bull Bitcoin kembali melakukan akumulasi besar-besaran, prediksi ini bisa saja tidak menjadi kenyataan, dan musim altcoin mungkin tidak terjadi. Oleh karena itu, penting untuk terus memantau pergerakan pasar dan mempertimbangkan strategi investasi yang bijak.

Kesimpulan

Altcoin season mungkin sudah di depan mata, tetapi keberhasilannya sangat bergantung pada bagaimana Bitcoin akan bergerak dalam beberapa waktu ke depan. Dengan BTC.D yang menurun dan kapitalisasi pasar altcoin yang meningkat, kamu perlu mempersiapkan strategi terbaik untuk memanfaatkan momentum ini. Namun, ingatlah untuk selalu melakukan riset sendiri sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8