Nervos Network (CKB) Crypto: Solusi Skalabilitas dan Interoperabilitas Blockchain Masa Depan!

Updated
September 17, 2024
Gambar Nervos Network (CKB) Crypto: Solusi Skalabilitas dan Interoperabilitas Blockchain Masa Depan!

Jakarta, Pintu News – Beberapa koin telah meningkatkan nilainya secara signifikan dalam seminggu yang ditandai dengan keuntungan luar biasa di pasar mata uang kripto.

Menurut data yang diunggah oleh Drops Tab (16/9/24), Nervos Network ($CKB) crypto telah muncul sebagai pemain teratas. CKB crypto baru-baru ini telah mengalami kenaikan yang signifikan, yakni sebesar 92,2%.

Lonjakan yang mengesankan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat dan kepercayaan pada Nervos Network, membuatnya menonjol dari pesaing lain dalam daftar 10 besar. Sebenarnya, apa itu CKB crypto?

Mengenal Nervos Network

Nervos Network adalah blockchain proof-of-work (PoW) yang didesain “sejak awal” untuk dapat berkembang melalui jaringan Layer 2 (L2).

Baca juga: Pasar Kripto Bangkit! Investasi Mengalir $436 Juta di Tengah Spekulasi Penurunan Suku Bunga

Blockchain Nervos juga dikenal sebagai Common Knowledge Base (CKB). Ini adalah lapisan blockchain paling bawah dari ekosistem Nervos, menyediakan rantai L2 yang ada di atasnya dengan keamanan dan kepercayaan.

Meskipun rencana penskalaan Nervos terdengar mirip dengan peta jalan Ethereum yang berpusat pada rollup, Nervos mengambil pendekatan yang bervariasi dengan memprioritaskan modularitas blockchain. Nervos melakukan ini dengan menyediakan blockchain yang sangat fleksibel, dapat dioperasikan, dan tingkat rendah yang mendukung semua bahasa pemrograman dan dapat menjalankan mesin virtual apa pun.

Lebih lanjut, untuk keamanan dan desentralisasi, Nervos mengambil inspirasi dari Bitcoin dan mengamankan dirinya sendiri menggunakan model konsensus PoW.

Menurut Nervos, mereka memilih PoW daripada model konsensus proof-of-stake (PoS) karena pendekatan tanpa kompromi, sifat anti-monopoli, dan reputasi yang telah teruji.

Apa itu CKB Crypto?

Secara singkat, CKB crypto adalah token asli ekosistem Nervos Network. Token CKB memiliki tiga kasus penggunaan utama, yakni:

  • Pembayaran siklus – Siklus adalah biaya yang dibayarkan kepada penambang Nervos berdasarkan jumlah sumber daya komputer yang digunakan untuk memverifikasi transaksi.
  • Biaya gas – Penambang Nervos dibayar dalam CKB cryptountuk memfasilitasi transaksi.
  • Sewa negara – Sewa negara adalah biaya penyimpanan yang dibayarkan kepada penambang untuk menyediakan ruang penyimpanan.

Dilansir dari Techopedia, biaya siklus dan gas dibayarkan sekali untuk memproses transaksi. Sewa negara dibayarkan terus menerus untuk menyimpan data di blockchain Nervos. Menurut Nervos, memiliki 1 token CKB memberikan hak kepada pemegangnya untuk menyimpan 1 byte data di Nervos.

Kripto Nervos Network memiliki persediaan yang tidak terbatas tetapi mengikuti jadwal inflasi tetap dengan 1,344 miliar token CKB yang diterbitkan setiap tahun.

Pada 15 Februari 2024, data dari CoinMarketCap menunjukkan bahwa total pasokan CKB mencapai 44,2 miliar token. CKB adalah mata uang kripto terbesar ke-82 dengan kapitalisasi pasar sebesar $714,730,005, pada saat artikel ini ditulis (17/9/24).

Baca juga: 3 Altcoin yang Diborong Whale Kripto, Berpotensi Melonjak Tinggi di September 2024?

Token kripto Nervos telah membukukan kenaikan bulanan selama enam bulan berturut-turut sejak September 2023, setelah naik sebanyak 480% dalam periode tersebut.

Apa yang Membuat Nervos Network Berbeda?

  • Keamanan : Nervos Network, berdasarkan algoritma konsensus Proof-of-Work (PoW) yang telah dicoba dan diuji, menawarkan tingkat keamanan yang tinggi. Ini memastikan keamanan dan perlindungan aplikasi dan token terdesentralisasi yang dibangun di platform.
  • Desentralisasi : CKB crypto menggunakan mekanisme konsensus Proof-of-Work. Ini telah mempertahankan tingkat keamanan dan desentralisasi yang sangat tinggi. Hal ini sepenuhnya terdesentralisasi dan tidak memerlukan izin. Ini memiliki langkah-langkah keamanan yang unik sehingga tidak ada peretas atau pihak ketiga yang dapat memengaruhi blockchain.
  • Interoperabilitas : Nervos Network bermaksud untuk menghubungkan banyak jaringan blockchain dan mempermudah pemindahan aset dan data tanpa gangguan. Sebagai hasil dari dukungannya untuk berbagai mesin virtual dan penyediaan kemampuan lintas rantai, Nervos memungkinkan pengguna dan pengembang untuk mendapatkan keuntungan dari fitur luar biasa yang ditawarkan oleh berbagai platform.
  • Skalabilitas :Nervos Network menggunakan metode konsensus yang unik, Nervos DAO, untuk memecahkan masalah skalabilitas. Ini menggunakan Proof of Work (PoW) dan model kripto-ekonomi baru. Metode ini menjaga keamanan dan desentralisasi jaringan sambil memungkinkan platform menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan pengembang yang berubah, memastikan pertumbuhan yang stabil.

Sebagai kesimpulan, Nervos Network (CKB) menawarkan pendekatan yang inovatif untuk memecahkan tantangan dalam ekosistem blockchain.

Dengan arsitektur lapisan ganda yang memisahkan aset kripto dan kontrak pintar, Nervos bertujuan untuk menciptakan jaringan yang lebih terdesentralisasi, aman, dan dapat diskalakan.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Vecteezy

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->