BBVA dan Visa Siap Luncurkan Stablecoin Baru pada 2025!

Updated
October 7, 2024
Gambar BBVA dan Visa Siap Luncurkan Stablecoin Baru pada 2025!

Jakarta, Pintu News – Banco Bilbao Vizcaya Argentaria (BBVA), bank terbesar kedua di Spanyol, sedang mempersiapkan diri untuk memasuki pasar stablecoin yang sangat kompetitif, yang saat ini didominasi oleh Tether dan Circle, melalui kemitraan dengan Visa, raksasa pembayaran global.

Pada hari Kamis lalu, kepala aset digital dan blockchain BBVA, Francisco Maroto, mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Fortune bahwa bank tersebut berpartisipasi dalam program sandbox Visa yang baru saja diluncurkan.

BBVA Masuki Pasar Stablecoin dengan Visa

visa blockchain
Sumber: Decrypt

Program stablecoin Visa, yang dikenal sebagai Visa Tokenized Asset Platform (VTAP), baru-baru ini diperkenalkan ke pasar. Platform ini dirancang untuk memberdayakan bank dengan alat dan keahlian yang diperlukan untuk mencetak, mentransfer, dan menyelesaikan aset digital secara aman di blockchain publik dan berizin.

Baca juga: Axelar Luncurkan Mobius Development Stack: Era Baru Interoperabilitas Blockchain!

Menurut Visa, VTAP tersedia untuk bank sentral dan perusahaan jasa keuangan yang ingin membuat aset token mereka sendiri, termasuk stablecoin dan Central Bank Digital Currencies (CBDC).

Program ini diluncurkan dengan BBVA berpartisipasi sebagai penguji. Bank ini telah mulai bereksperimen dengan pengembangan tokennya sendiri. Maroto mengatakan bahwa bank tersebut bertujuan untuk mencapai fase prototipe pada tahun 2025, dengan rencana untuk meluncurkan stablecoin pada akhir tahun itu.

BBVA mengatakan bahwa keputusannya untuk bergabung dengan program sandbox Visa dipengaruhi oleh reputasi perusahaan yang kuat dan kepatuhannya terhadap kewajiban regulasi.

BBVA Bergabung dengan Pasar Stablecoin yang Terus Berkembang

kolaborasi bbva visa
Sumber: BBVA

Bank asal Spanyol ini merupakan perusahaan jasa keuangan terbaru yang memasuki pasar stablecoin, mengikuti jejak Revolut, sebuah perusahaan perbankan online yang berbasis di Inggris.

Maroto mengatakan kepada Fortune bahwa stablecoin, setelah diluncurkan, akan digunakan secara khusus untuk menyelesaikan transaksi di bursa kripto dan platform perdagangan aset digital lainnya.

Namun, BBVA belum memutuskan apakah stablecoin akan didukung oleh cadangan euro Eropa untuk pelanggan lokal atau dolar Amerika Serikat untuk penyelesaian internasional. Meskipun demikian, bank ini condong ke arah stablecoin yang didukung euro karena keberadaannya yang besar di Eropa.

Terlepas dari itu, sebagai stablecoin, aset digital akan dirancang untuk mempertahankan nilai yang stabil, bahkan dalam menghadapi musim dingin crypto.

BBA akan Mencetak Stablecoin Baru Secara Eksklusif

Kepala aset digital BBVA mengonfirmasi bahwa stablecoin akan tersedia di bursa yang menawarkan aset token, tetapi bank akan mempertahankan hak eksklusif untuk mencetak token.

Selain itu, BBVA akan menangani tanggung jawab lain, seperti mekanisme pembakaran yang mengubah fiat menjadi kripto di dalam ekosistemnya.

Baca juga: Dirangkul Banyak Orang, Lebih dari 3.000 Warga Korea Selatan Miliki Aset Crypto Bernilai $750.000!

Mengenai ketersediaannya, stablecoin yang akan datang akan ditawarkan secara eksklusif kepada pelanggan BBVA di Eropa. Maroto mencatat bahwa bank tidak memiliki rencana segera untuk memperluas aset digital ke pasar internasional seperti Amerika Serikat.

Sementara itu, ini bukan langkah pertama bank ini masuk ke pasar kripto. BBVA telah memiliki kehadiran yang kuat di industri ini, menawarkan kepada nasabah perbankan swasta dan institusi di Swiss kemampuan untuk membeli dan menjual Bitcoin , Ethereum , dan stablecoin USDC, selain menyediakan layanan kustodian untuk aset-aset ini.

Maroto lebih lanjut mengungkapkan bahwa dengan posisi BBVA yang mapan di sektor kripto Eropa, usaha baru bank ini ke pasar stablecoin akan memungkinkannya untuk mendapatkan keuntungan dari tren tokenizing aset yang sedang berkembang seperti real estat dan dana kredit pribadi.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->