Setelah Rancang UU Khusus Crypto, El Salvador Buat Kantor Bitcoin di Negaranya!

Updated
December 6, 2022
Gambar Setelah Rancang UU Khusus Crypto, El Salvador Buat Kantor Bitcoin di Negaranya!

Setelah Presiden El Salvador, Nayib Bukele, mengungkapkan bahwa negara dengan 6,5 juta penduduk itu akan membeli satu Bitcoin setiap hari, sebuah laporan yang diterbitkan oleh Torres Legal menyatakan bahwa pemerintah El Salvador telah membuat National Bitcoin Office (ONBTC) atau Kantor Nasional Bitcoin.

Dikutip dari Bitcoin News, laporan Torres tersebut mengatakan bahwa kantor ONBTC dibuat melalui Keputusan No. 49, yang ditandatangani oleh Bukele, menteri pariwisata dan ekonomi El Salvador. Lalu, apa saja tugas yang akan dijalankan oleh ONBTC dan kaitannya dengan cryptocurrency?

Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Tugas ONBTC Dalam Kaitannya Dengan Cryptocurrency?

Apa Tugas ONBTC Dalam Kaitannya Dengan Cryptocurrency?
Sumber: The Crypto Times

Dilansir dari Crypto.News, kantor ONBTC di El Salvador akan menjadi divisi administratif khusus dengan otonomi fungsional dan teknis di dalam kantor presiden. Badan ini dibuat melalui Keputusan No. 49, yang dikeluarkan pada tanggal 17 November 2022 oleh Presiden El Salvador Nayib Bukele dan Menteri Pariwisata.

Salah satu tanggung jawab utama kantor ini adalah mengkonseptualisasikan dan menyebarkan berita tentang Bitcoin, blockchain, dan cryptocurrency di El Salvador ke media-media, agar setiap orang tertarik dengan crypto.

ONBTC juga akan mendukung perusahaan dan investor Bitcoin, blockchain, dan cryptocurrency asing yang ingin berbisnis dan pergi ke El Salvador. Dikutip dari Crypto.News, hal tersebut juga akan secara aktif mendorong partisipasi El Salvador di berbagai forum internasional.

Kantor Nasional Bitcoin ini juga bertanggung jawab untuk mengelola dan menganalisis semua individu yang meminta pertemuan dengan Presiden untuk memperkenalkan teknologi Bitcoin dan blockchain di El Salvador.

Dilansir dari Bitcoin News, beberapa tugas lain dari ONBTC yakni termasuk susunan kebijakan terkait tentang Bitcoin dan Blockchain yang ditentukan oleh Kepresidenan dalam jangka pendek, menengah dan panjang, dan juga korespondensinya dengan program ekonomi dan pendidikan dalam hubungannya dengan lembaga yang sesuai.

ONBTC Berada Dalam Naungan Presiden El Salvador, Nayib Bukele

Dikutip dari Crypto.News, Presiden El Salvador akan segera memilih direktur untuk Kantor Bitcoin, dan mereka nantinya akan bertanggung jawab untuk menyeleksi karyawan guna melaksanakan kewajiban lembaga tersebut.

Berdasarkan catatan Torres Legal, istri Max Keiser, Stacy Herbert, akan menjadi bagian dari ONBTC. Max Keiser dan Stacy Herbert dikenal sebagai ‚Äėduo Bitcoin yang memproduksi berbagai konten terkait prediksi harga Bitcoin, dan juga pendiri podcast ‚ÄėOrange Pill‚Äô.

Akun Twitter Stacy Herbert
Sumber: Akun Twitter Stacy Herbert @stacyherbert

Pada 25 November 2022, Stacy Herbert menyatakan melalui akun Twitter-nya @stacyherbert bahwa ia merasa terhormat bisa terlibat dalam pengaturan Kantor Bitcoin untuk Presiden Bukele.

Akun Twitter Bitcoin Office
Sumber: Akun Twitter The Bitcoin Office @bitcoinofficesv

Sementara itu, pada 25 November 2022, melalui cuitan di akun resmi Twitter ONBTC yang bernama @bitcoinofficesv, menuliskan bahwa, ‚Äú[Kantor Bitcoin Nasional] akan segera menerbitkan laporan pertama kami. Topiknya akan membahas mengenai [penambangan bitcoin] di El Salvador.‚ÄĚ

Sebelumnya, pada akhir November 2022, El Salvador merancang UU khusus cryptocurrency atau Digital Asset Issuance Law. Digital Asset Issuance Law bertujuan untuk memisahkan aset crypto dari semua aset dan produk keuangan lainnya, sehingga menciptakan seperangkat peraturan yang dibuat khusus untuk cryptocurrency.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->