Satukan Musik, Seni, dan Teknologi, Koleksi NFT Ini Digadang-gadang Jadi Evolusi NFT

Updated
February 5, 2023
Gambar Satukan Musik, Seni, dan Teknologi, Koleksi NFT Ini Digadang-gadang Jadi Evolusi NFT

Tidak hanya penggiat pasar crypto, NFT juga telah menarik banyak kalangan di beberapa industri, termasuk seni, musik, dan lainnya. Dilansir dari Cointelegraph, koleksi digital ‚ÄúA Hard Working Man‚ÄĚ mewakili evolusi terbaru dalam utilitas NFT saat musik, seni, dan teknologi bertemu. Kok bisa? Simak selengkapnya di artikel ini.

Perjalanan NFT Sejak 2021

Evolusi NFT

Pada tahun 2021, dunia mulai menyaksikan non-fungible tokens (NFT) sebagai peluang investasi jangka pendek dan cara untuk menghasilkan uang dengan cepat. Bersamaan dengan pasar bullish yang sedang berkembang dan kelompok investor yang tertarik pada sektor teknologi, blockchain dan aset turunannya, seperti NFT, menjadi hotspot investasi dan menarik miliaran dolar.

Hingga saat ini, keuntungan bisa dibuat dan hilang dalam hiruk pikuk NFT. Contoh yang bisa diambil adalah CryptoPunk #9998, sebuah NFT yang dijual seharga 124,457.0675 ETH, atau setara degan $533 juta pada Oktober 2021, yang menandai lonjakan valuasi yang luar biasa dari proyek NFT pada saat itu.

Terlepas dari jumlah yang luar biasa, para kritikus mempertanyakan nilai sebenarnya dari barang koleksi digital ini. Menurut Cointelegraph, teknologi NFT ini memiliki implikasi yang menarik untuk kepemilikan item digital yang dapat diverifikasi di blockchain.

Maka dari itu, percakapan seputar NFT kini terpaku pada kegunaan teknologi tersebut, apa yang akan terjadi dengan nilai NFT di masa depan, dan bagaimana pengusaha, investor, dan pelanggan akan menggunakannya dalam lingkaran pribadi dan profesional mereka.

Evolusi Utilitas NFT

Evolusi NFT
Kreator: Yinchen Niu 

Dicatat oleh Cointelegraph, utilitas NFT telah berkembang pesat sejak 2021. Selama bull run crypto terbaru, kegunaan utama dari barang koleksi digital adalah kemampuannya untuk mengikat konten digital dengan pemiliknya melalui data blockchain yang dapat diverifikasi secara publik. Hal ini juga didorong oleh kemampuan untuk meningkatkan ketenaran koleksi melalui media sosial sebagai gambar profil. Namun, para kritikus meremehkan kegunaan NFT yang seharusnya, karena menurut mereka, siapa pun secara teknis dapat mengakses konten NFT, karena sifat publik dari kontrak pintar yang mengelola hak kepemilikan.

Dengan munculnya tren baru dalam teknologi blockchain, terutama Metaverse dan Web3, kegunaan NFT telah mengalami evolusi. Misalnya, kasus penggunaan klasik NFT di Metaverse adalah bukti kepemilikan atas barang seseorang dan kemampuan untuk mengakses komunitas khusus keanggotaan.

Brand papan atas seperti Nike dan Adidas telah mulai bereksperimen dengan merilis NFT dan akses ke berbagai Metaverse.

Baca jugaa: Tes Ombak, Nike Luncurkan Air Force 1 di Pasar NFT!

Selain itu, teknologi NFT juga telah membuat kemajuan berkaitan dengan aset dunia nyata, dan juga dengan mendemokratisasi peluang investasi yang membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak investor. Contohnya, NFT telah digunakan untuk memecah kepemilikan di real estat kelas atas dan karya seni fisik. Dengan membeli NFT yang terikat dengan barang fisik yang terpecah-pecah, investor ritel memiliki peluang untuk menjadi pemilik sebagian dari aset mewah yang sebelumnya tidak penah mereka bayangkan bahwa mereka dapat memilikinya.

Beroperasi dengan nada yang sama, artis dalam musik dan hiburan juga telah memasangkan hak istimewa pada NFT mereka, yang memberi pemegang NFT akses eksklusif ke penukaran bernilai tinggi. Di ruang ini, membeli NFT dapat memberikan kesempatan kepada kolektor untuk mengklaim tiket gratis ke konser dan acara Metaverse atau langsung, mengakses konten eksklusif seperti lagu atau video baru, dan bahkan berpartisipasi dalam pertemuan dengan artis-artis terkenal secara eksklusif.

Koleksi NFT A Hardworking Man

NFT A Hardworking Man

Mengutip dari Cointelegraph, artis yang telah berkontribusi atau jadi bagian dari evolusi NFT dalam hiburan musik adalah The Avila Brothers, Billy Ray Cyrus, dan Snoop Dogg.

Bekerja sama dengan pakar Metaverse, Animal Concerts dan media berita crypto, Cointelegraph, artis musik terkenal di dunia ini akan membawa lagu hit terbaru mereka ‚ÄúA Hard Working Man‚ÄĚ ke Web3 melalui koleksi NFT eksklusif yang menggambarkan para pekerja keras dalam berbagai profesi.

Koleksi NFT ‚ÄúA Hard Working Man‚ÄĚ akan menjadi langkah maju untuk utilitas NFT, karena koleksi digital ini memasangkan rendering artistik Cyrus dan Snoop Dogg dengan keuntungan dan hadiah eksklusif di dunia nyata yang dapat ditukarkan. Koleksi ini akan terdiri lebih dari 12.000 koleksi digital dalam tiga tingkatan berbeda, yakni the blue collar, hustle edition perks senilai Rp4.4 juta, dan overachiever edition seharga Rp22.3 juta, untuk semua pekerja keras yang terus bekerja keras setiap harinya.

Adapun keuntungan atau hadiah yang di dapat dari para pemegang NFT A Hardworking Man adalah mendapatkan akses ke acara virtual AHWM secara pribadi, tiket untuk berpesta dengan Snoop Dogg secara langsung di sebuah acara eksklusif, dan masih banyak lagi.

Ketiga pemusik ini berharap dapat menginspirasi apa yang akan menjadi masa depan hiburan musik, dengan menggabungkan kekuatan musik, seni dan teknologi. Mau tau lebih lanjut? Baca selengkapnya di Snoop Dog Rilis NFT untuk Para Buruh, Maknanya Dalem Banget!


Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->