Pi Network: Apa yang Harus Kamu Ketahui Tentang Altcoin yang Sedang Berkembang Ini?

Updated
September 11, 2023
Gambar Pi Network: Apa yang Harus Kamu Ketahui Tentang Altcoin yang Sedang Berkembang Ini?

Pi Network adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menambang Pi, mata uang crypto baru yang bertujuan untuk bersaing dengan Bitcoin.

Berbeda dengan mata uang crypto lainnya, Pi Network dapat ditambang menggunakan smartphone, membuatnya lebih mudah diakses oleh banyak orang.

Penambangan Pi Network

Berbeda dengan mata uang crypto lain seperti Bitcoin yang menggunakan algoritma Proof of Work (PoW) yang memerlukan daya komputasi tinggi, Pi Network menggunakan teknik ‚ÄúProof of Stake‚ÄĚ (PoS).

Pengguna hanya perlu menekan tombol di aplikasi Pi Network sekali setiap 24 jam untuk menunjukkan partisipasi mereka.

Keamanan dan Kepercayaan Pi Network

Pi Network menggunakan protokol keamanan berlapis untuk menjaga integritas jaringan. Untuk mencegah tindakan penipuan, pengguna harus memverifikasi identitas mereka melalui akun media sosial dan melalui proses KYC (Know Your Customer).

Sirkulasi dan Nilai Pi Network

Potensi Pi Network
VnExpress International

Selama fase pengujian dan pengembangan, Pi Network berfungsi sebagai sistem tertutup tanpa nilai pasar langsung untuk koin Pi yang ditambang.

Baca Juga: Terra Luna Classic Mempertimbangkan Kenaikan Setoran untuk Mengatasi Proposal Spam

Namun, dengan basis pengguna yang cukup dan keandalan jaringan, proyek ini bertujuan untuk beralih menjadi mata uang crypto yang terdesentralisasi dan berfungsi penuh.

Sejarah dan Asal-usul Pi Network

Pi Network didirikan oleh akademisi dari Stanford University, Nicolas Kokkalis dan Chengdiao Fan pada tahun 2018. Aplikasi Pi Network diluncurkan pada 14 Maret 2019.

Pi Network memiliki 4 jenis pengguna: Pioneer, Contributor, Ambassador, dan Nodes. Pada 5 Januari 2023, ada lebih dari 35 juta Pioneer yang menambang Pi.

Apa Nilai dari Pi?

Pada 6 April 2023, Pi belum memiliki nilai dan belum dapat diperdagangkan di bursa manapun.

Namun, pada 29 Desember 2022, bursa crypto Huobi Global mengumumkan daftar PI. Harga PI melonjak 461,3% dalam 24 jam setelah pengumuman tersebut.

Meskipun demikian, Pi Network memperingatkan terhadap daftar token mereka di Huobi dan bursa lainnya, menyatakan bahwa mereka belum ‚Äúmengotorisasi daftar bursa apa pun‚ÄĚ pada 29 Desember 2022.

Kesimpulan

Meskipun Pi Network menawarkan pendekatan inovatif dalam dunia mata uang crypto, masa depannya masih belum pasti.

Sementara beberapa melihat potensi besar dalam proyek ini, lainnya memandangnya dengan skeptis.

Baca Juga: Revolusi Teknologi Blockchain: Polygon (MATIC) Umumkan Terobosan Besar!

Seperti investasi crypto lainnya, selalu penting untuk melakukan penelitian sendiri dan berinvestasi dengan bijak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->