Uniswap Meroket 72,83% Hari Ini (24/2), Apa Faktor Utamanya?

Updated
February 24, 2024
Gambar Uniswap Meroket 72,83% Hari Ini (24/2), Apa Faktor Utamanya?

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan pasar crypto, token asli Uniswap (UNI) melonjak hingga 72,83% pada 24 Februari 2024, mencapai puncak dua tahun terakhir sebesar $12,48, menyusul proposal tata kelola untuk memperkenalkan mekanisme hadiah biaya bagi pemegang token.

Meskipun token tersebut telah menyerahkan sebagian keuntungannya dan diperdagangkan pada Rp192.559 pada waktu pers, kenaikan 48% dalam basis harian, menurut data CryptoSlate, menandakan optimisme yang tumbuh di antara investor. Simak faktor utama dari kenaikan Uniswap!

Proposal Tata Kelola Baru

kenaikan harga uniswap
Sumber: Market Pintu

Pendorong utama di balik lonjakan harga adalah proposal baru untuk merombak sistem tata kelola DEX. Proposal ini bertujuan untuk mengatasi masalah keterlibatan yang rendah dan delegasi ‚Äústale‚ÄĚ dengan langsung memberikan insentif untuk partisipasi aktif. Menurut proposal tersebut, Uniswap saat ini menghadapi kenyataan yang mengkhawatirkan: meskipun sistem tata kelolanya memegang kendali masa depan protokol, partisipasi tetap lesu.

Kurang dari 10% token UNI, yang merupakan inti dari pemungutan suara, digunakan secara aktif, dan sebagian besar delegasi yang ada tetap diam, gagal berkontribusi pada keputusan penting. Kurangnya keterlibatan ini menimbulkan ancaman potensial terhadap stabilitas jangka panjang Uniswap.

Baca Juga: OJK Siap Ambil Alih Pengawasan Crypto dari Bappebti pada Januari 2025!

Mekanisme Hadiah yang Menarik

mekanisme hadiah uniswap
Sumber: Akun X Eric Koen

Proposal tersebut ingin menyelesaikan masalah ini dengan menciptakan insentif yang menarik bagi pemegang token yang melibatkan delegasi dan staking token UNI ke bagian dari pendapatan biaya protokol. Ini menciptakan hubungan langsung antara partisipasi aktif dan potensi hadiah, dengan tujuan untuk mendorong komunitas yang lebih terlibat dan menarik delegasi baru.

Mekanisme ini akan diimplementasikan melalui dua kontrak pintar baru yang dirancang dengan cermat untuk mengotomatiskan pengumpulan biaya protokol dan mendistribusikannya secara adil kepada staker berdasarkan token UNI yang didelegasikan mereka.

Baca Juga: Injeksi Luncurkan Standar Token Baru untuk Saingi ERC-404 Ethereum!

Jadwal Pemungutan Suara

Komunitas telah merespons positif terhadap perkembangan ini, dan lonjakan nilai UNI menunjukkan kegembiraan pembelian menjelang pemungutan suara snapshot. Setelah diskusi terbuka dan penyempurnaan di forum Uniswap, komunitas akan mengadakan dua pemungutan suara untuk menentukan apakah itu harus diadopsi ‚Äď pemungutan suara snapshot pada 1 Maret dan pemungutan suara on-chain pada 8 Maret.

Jika berhasil, komunitas kemudian akan memiliki kata akhir tentang aktivasi mekanisme biaya melalui pemungutan suara terpisah. Ini memastikan setiap suara didengar dan memungkinkan lebih banyak pertimbangan sebelum mengambil langkah akhir.

Kesimpulan

Proposal potensial Uniswap ini tidak hanya membawa angin segar bagi pemegang token UNI tetapi juga dapat menjadi titik acuan bagi protokol terdesentralisasi lainnya yang berusaha meningkatkan partisipasi aktif dan praktik tata kelola yang bertanggung jawab. Namun, evaluasi yang cermat diperlukan untuk memahami efek potensial terhadap likuiditas dan eksekusi perdagangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->