5 Crypto Potensial yang Patut Dipertimbangkan sebelum Bitcoin Halving 2024!

Updated
February 26, 2024
Gambar 5 Crypto Potensial yang Patut Dipertimbangkan sebelum Bitcoin Halving 2024!

Halving Bitcoin berikutnya diperkirakan akan terjadi pada musim semi tahun 2024, dengan perkiraan saat ini menunjuk pertengahan April sebagai kerangka waktu yang paling mungkin untuk halving.

Halving Bitcoin, yang terjadi setiap empat tahun, sejauh ini menjadi peristiwa penting bagi pasar kripto, menandai dimulainya bull run. Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 crypto potensial yang patut dipertimbangkan sebelum bitcoin halving 2024.

Penasaran ada apa saja? Simak selengkapnya hingga akhir!

Ethereum ‚Äď Pemimpin dalam Smart Contract

Ethereum adalah mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, dan kemungkinan akan tetap seperti itu untuk jangka waktu yang lama. Ethereum memiliki kapitalisasi pasar sebesar $272 miliar, sedangkan pesaing terdekat berikutnya, Tether, hanya memiliki kapitalisasi pasar sekitar $95 miliar.

Baca juga: Ethereum Meroket Jelang Upgrade Dencun, Grayscale: Ini Pemicunya!

Jika ada bull market kripto setelah halving Bitcoin berikutnya, Ethereum hampir pasti akan berkinerja baik. Ini hanyalah platform masuk untuk proyek yang ingin memanfaatkan kasus penggunaan lebih maju yang ditawarkan oleh teknologi blockchain, termasuk keuangan terdesentralisasi, token yang tidak dapat dipertukarkan, organisasi otonom terdesentralisasi, pasar prediksi, dan banyak lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada sejumlah perubahan pada protokol Ethereum yang telah membuat ETH menjadi aset yang jauh lebih menarik untuk dimiliki dalam jangka panjang. Yang terpenting, EIP-1559 memperkenalkan mekanisme pembakaran ETH di mana biaya transaksi ETH dasar untuk semua transaksi Ethereum dibakar.

Ethereum juga telah sepenuhnya beralih ke mekanisme konsensus Proof-of-Stake, yang telah mengurangi penerbitan ETH secara signifikan dibandingkan dengan sistem Proof-of-Work sebelumnya.

Dengan peluncuran ETF Bitcoin baru-baru ini, banyak investor percaya bahwa Ethereum adalah yang berikutnya. Saat ini, beberapa perusahaan investasi besar telah mengajukan aplikasi mereka untuk ETF Ethereum, termasuk BlackRock dan Grayscale.

Arbitrum ‚Äď Layer 2 Terkemuka untuk Ethereum

Arbitrum adalah salah satu solusi penskalaan layer 2 terkemuka untuk Ethereum. Ini menggunakan teknologi optimistic rollups untuk menyediakan transaksi yang jauh lebih cepat dan lebih murah sambil tetap memanfaatkan keamanan mainnet Ethereum.

Menurut pelacak layer 2 Ethereum L2Beat, Arbitrum saat ini adalah layer 2 paling populer untuk Ethereum. Ini memiliki TVL (total nilai terkunci) sebesar $5,63 miliar, sedangkan pesaing terdekat berikutnya, Optimism, memiliki TVL sebesar $2,60 miliar.

Jadi, jika kita melihat bull run di pasar mata uang kripto yang mendatangkan investor baru yang ingin mengakses peluang on-chain, Arbitrum tampaknya menjadi pilihan yang tepat sebagai solusi penskalaan untuk Ethereum.

Baca juga: Pendapatan Arbitrum Melonjak $72,8 Juta, Pemegang Ethereum Untung Besar!

Solana ‚Äď Salah Satu Blockchain Tercepat dan Tercanggih

memecoin solana
Sumber: Bitcoin Sistemi

Solana adalah salah satu platform smart contract tercepat dan tercanggih yang tersedia saat ini. Untuk memperjelas, Solana telah melihat beberapa kemunduran penting dalam setahun terakhir ‚ÄĒ masalah teknis telah menyebabkan blockchain berhenti pada beberapa kesempatan, dan salah satu pendukung terbesarnya, bursa mata uang kripto FTX, runtuh dalam salah satu skandal terbesar dalam sejarah industri mata uang kripto.

Terlepas dari masalah ini, Solana masih hidup dan berkembang. Skalabilitasnya yang mengesankan memungkinkannya untuk mendukung kasus penggunaan yang tidak layak pada sebagian besar platform blockchain lainnya.

Solana adalah rumah bagi sejumlah proyek mata uang kripto dan blockchain populer, termasuk Stepn, Helium, Magic Eden, dan Orca. Ekosistem DApp Solana sudah jauh lebih beragam dibandingkan dengan pesaing seperti Cardano.

Baca juga: Melebihi Ekspektasi, Solana Muncul Sebagai Pemain Terbaik pada Tahun 2023!

Faktor lain yang membuat SOL layak dipertimbangkan saat ini adalah kenyataan bahwa koin tersebut diperdagangkan lebih dari 64% turun dari harga tertinggi sepanjang masa.

Polygon ‚Äď Serangkaian Solusi Penskalaan Ethereum

Polygon alami kenaikan aktivitas
Sumber: Funganomics

Alasan Polygon menjadi salah satu kripto terbaik untuk dibeli sebelum halving Bitcoin berikutnya adalah karena proyek tersebut dapat diposisikan dengan sangat baik jika kita melihat lonjakan minat terhadap mata uang kripto yang berasal dari arus utama.

Tim Polygon telah mencapai kesuksesan penting dalam membangun kemitraan dengan merek-merek terkenal seperti Reddit, Starbucks, DraftKings, dan Robinhood. Contoh keberhasilan ini terbukti dalam produk Reddit’s Collectible Avatars, yang menggunakan NFT di blockchain Polygon dan telah mencapai popularitas yang signifikan.

Sementara Polygon tentu dapat memperoleh manfaat dari perhatian arus utama, teknologi proyek juga diadopsi oleh kelas berat industri mata uang kripto. Baru-baru ini, bursa mata uang kripto OKX telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan platform blockchain bernama X1.

Alasan mengapa perkembangan ini relevan untuk Polygon adalah karena platform X1 didasarkan pada CDK (chain development kit) Polygon. Perkembangan menarik lainnya untuk Polygon adalah bahwa tim sedang mengerjakan migrasi token MATIC saat ini ke token baru bernama POL.

Baca juga: 3 Koin DeFi Terbaik untuk Diperhatikan di 2024!

Toncoin ‚Äď Blockchain yang dapat Diskalakan dengan Integrasi Telegram

Toncoin adalah salah satu proyek blockchain paling menarik untuk diikuti saat ini karena potensinya untuk menjangkau basis pengguna yang sangat besar. Ini karena Toncoin dan TON Blockchain terus-menerus diintegrasikan ke dalam Telegram, aplikasi perpesanan yang berfokus pada privasi dengan 800 juta pengguna aktif bulanan.

Misalnya, Toncoin dapat digunakan untuk membeli dan menjual nama pengguna Telegram yang dapat dikoleksi di pasar Fragment. Integrasi Toncoin utama lainnya dengan Telegram adalah dompet TON Space, yang dapat diakses pengguna langsung dari aplikasi Telegram.

Dompet tersebut dapat digunakan untuk mengirim TON, atau bahkan bertukar antara berbagai token yang diterbitkan di jaringan TON Blockchain. Integrasi yang sedang berlangsung dengan Telegram tidak diragukan lagi merupakan aspek paling menarik dari Toncoin.

Namun, Toncoin juga telah membuat gelombang dengan sendirinya, jumlah dompet aktif di TON Blockchain telah tumbuh dari sekitar 390.000 pada November 2022 menjadi 1.260.000 pada Januari 2024, yang merupakan peningkatan sekitar 223%.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Generated by AI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->