Universitas di Pakistan Pecahkan Rekor dengan Kelas Metaverse Pertama!

Updated
March 24, 2024
Gambar Universitas di Pakistan Pecahkan Rekor dengan Kelas Metaverse Pertama!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dalam langkah revolusioner yang menandai babak baru dalam dunia pendidikan, Universitas Teknologi Informasi Lahore, Pakistan, telah meluncurkan kelas berbasis realitas virtual pertama di negara itu, yang berlangsung dalam Metaverse.

Inisiatif ini tidak hanya mengubah cara siswa belajar tetapi juga membuka jalan bagi institusi pendidikan lainnya untuk mengikuti jejak inovatif ini.

Pendidikan Masa Depan Telah Tiba

itu paskistan kelas metaverse
Sumber: ITU Official

Universitas Teknologi Informasi Lahore telah mengambil langkah besar dengan memperkenalkan kelas berbasis realitas virtual dalam Metaverse, menandai era baru dalam pendidikan digital.

Baca juga: Forever Has Fallen: Metaverse Interaktif Berbasis NFT yang Menjanjikan!

Inisiatif ini bertujuan untuk meniru pengalaman kelas tradisional dengan menggunakan headset realitas virtual dan teknologi pelacakan gerak, menurut laporan dari Samaa, sebuah outlet berita lokal di Pakistan.

Profesor Ibrahim Ghaznavi, kepala departemen ilmu komputer di universitas, optimis bahwa inisiatif ini akan meningkatkan kemampuan akademik siswa yang berpartisipasi dalam pengalaman metaverse. Langkah ini menuju pendidikan berbasis realitas virtual datang setelah pandemi COVID-19, di mana kursus online menjadi umum.

Kolaborasi Internasional dan Inspirasi MIT

Program ITU Lahore dikembangkan dalam kemitraan dengan dukungan dari Universitas Denmark, yang mungkin juga mengambil inspirasi dari alma mater spiritual universitas, Massachusetts Institute of Technology (MIT).

ITU Lahore didirikan pada tahun 2012 dengan niat yang dinyatakan untuk meniru kesuksesan MIT di bidang teknologi dan teknik.

Universitas ini memiliki berbagai kemitraan dengan universitas dan perusahaan terkemuka lainnya, termasuk Harvard dan IBM. Kemitraan ini menunjukkan komitmen universitas untuk berada di garis depan inovasi pendidikan dan teknologi.

Baca juga: WEF: Perusahaan Manufaktur AS Berbondong-bondong Menuju Metaverse Industri

Komputasi Spasial dan Masa Depan Internet

Meskipun kegembiraan awal seputar era metaverse didedikasikan untuk sektor game, analisis terbaru menunjukkan bahwa metaverse untuk industri, kedokteran, pendidikan, dan pemasaran sedang memanas.

Tim Berners-Lee, orang yang banyak dikreditkan dengan menciptakan World Wide Web, baru-baru ini memprediksi bahwa komputasi spasial adalah masa depan Web.

Berners-Lee menekankan pentingnya dukungan multimodal untuk adopsi dalam wawancara dengan CNBC.

Visi ini menyoroti potensi komputasi spasial untuk merevolusi cara pengguna berinteraksi dengan konten digital, menjembatani kesenjangan antara realitas virtual dan fisik.

Secara keseluruhan, inisiatif Universitas Teknologi Informasi Lahore dalam memperkenalkan kelas berbasis realitas virtual di metaverse menetapkan preseden untuk praktik pendidikan inovatif yang memanfaatkan teknologi canggih untuk meningkatkan pengalaman belajar.

Langkah ini tidak hanya menandai kemajuan signifikan dalam pendidikan digital tetapi juga membuka jalan bagi masa depan pembelajaran yang lebih interaktif dan imersif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->