Harga SOL Naik 5% Hari Ini (3/4/24), Apa Rahasia Dibalik Naiknya Solana?

Updated
April 3, 2024
Gambar Harga SOL Naik 5% Hari Ini (3/4/24), Apa Rahasia Dibalik Naiknya Solana?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dalam seminggu terakhir, Solana (SOL) mencatatkan kenaikan harga yang signifikan, menarik perhatian pasar crypto global.

Dengan kenaikan sekitar lebih dari 5% menjadi $192 pada hari ini (3/4/2024), Solana tidak hanya mengungguli pasar crypto secara keseluruhan yang naik 2,2% dalam periode yang sama, tetapi juga menandai kebangkitan dari tekanan jual yang berkelanjutan selama 48 jam.

Harga SOL Naik 5,95% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Dilansir dari Pintu market hari ini, harga SOL mengalami kenaikan 5,95% dalam waktu 24 jam. SOL sempat menyentuh harga terendahnya di Rp2.832.282 dan harga tertingginya di Rp3.062.022.

Saat penulisan, market cap Solana berada di sekitar $83,2 miliar mencatat peningkatan 5,64%, dengan volume perdagangan yang menyentuh $4,4 miliar, naik 4,63% dalam waktu 24 jam terakhir.

Baca juga: Harga $ENA Melonjak 51%, Mengapa Ethena Naik Hari Ini (3/4/24)?

Lalu, apa yang menyebabkan harga SOL naik hari ini?

Memecoin Mania dan Dampaknya pada Solana

Sumber: CoinGecko

Mengutip laporan Cointelegraph, kenaikan harga Solana hari ini beriringan dengan pemulihan nilai pasar memecoin viral di ekosistemnya, yaitu Dogwifhat (WIF) dan Bonk (BONK).

WIF dan BONK masing-masing mengalami kenaikan 5,4% dan 1,3% dalam 24 jam terakhir. Di antara memecoin dengan kenaikan tertinggi di ekosistem Solana adalah Cat in the Dogs World (MEW) dan Book of Meme (MEME), yang naik 45% dan 9,5% dalam periode yang sama.

Proyek-proyek memecoin yang diluncurkan di blockchain Solana telah mendapat respons positif dari para penggemar Solana.

Sumber: DeFiLlama ‚Äď Cointelegraph

Akibatnya, lonjakan memecoin berbasis Solana baru-baru ini sangat selaras dengan lonjakan total nilai terkunci (TVL) jaringan; TVL telah tumbuh 70% sejauh ini pada tahun 2024 hingga mencapai 23,78 juta SOL pada tanggal 3 April 2024, yang mengindikasikan permintaan yang kuat untuk SOL, menurut laporan Cointelegraph.

Baca juga: 3 Meme Coin yang Siap Meledak di April 2024!

Dominasi Pasar Solana Meningkat

Gerakan harga Solana hari ini juga mendapat manfaat dari kekuatan pasar yang tumbuh dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya.

Indeks Dominasi Solana (SOL.D), yang mengukur kapitalisasi pasar SOL terhadap pasar crypto secara keseluruhan, naik 3,95% pada 3 April. Indeks ini telah tumbuh 28% sejak awal tahun, menunjukkan rotasi modal yang meningkat ke Solana.

Investor institusional secara signifikan berkontribusi pada peningkatan popularitas Solana di pasar dengan menyalurkan hampir $25 juta ke dalam dana investasi berbasis SOL pada bulan Maret, menurut laporan mingguan CoinShares. Sebaliknya, Ethereum (ETH), saingan utama Solana, mengalami penarikan sebesar $67,2 juta.

Analisis Teknikal Harga Solana

Berdasarkan laporan Cointelegraph, dari perspektif teknis, kenaikan harga Solana hari ini terjadi setelah memantul dari garis tren bawah pola segitiga naik yang berlaku.

Analis tradisional melihat segitiga naik sebagai pola kelanjutan bullish jika terbentuk selama tren naik. Pada 3 April 2024, pantulan SOL dari garis tren bawah segitiga menandakan lonjakan menuju garis tren atas sekitar $205, naik 8% dari level harga saat ini, dalam beberapa hari mendatang.

Sumber: Trading View ‚Äď Cointelegraph

Pecahnya garis tren atas segitiga dapat menempatkan harga untuk dorongan menuju $250 pada bulan April, naik lebih dari 35% dari level saat ini. Jika tidak, harga mungkin berkonsolidasi lebih lanjut di dalam kisaran segitiga, dengan target $175.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CoinMarketCap

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->