Penambang Bitcoin Siap Jual $5 Miliar BTC Pasca Halving: Ancaman bagi Harga BTC?

Updated
April 16, 2024
Gambar Penambang Bitcoin Siap Jual $5 Miliar BTC Pasca Halving: Ancaman bagi Harga BTC?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Peristiwa halving Bitcoin yang sangat dinanti-nantikan semakin dekat, kekhawatiran besar muncul atas potensi banjir pasokan BTC yang akan melanda pasar. Analis di 10x Research memperingatkan bahwa penambang Bitcoin berpotensi melepas hingga $5 miliar BTC dalam beberapa bulan setelah halving, yang dapat meningkatkan tekanan jual dan volatilitas pasar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Prediksi Para Analis

btc post halving 2020
BTC post-2020 halving. Sumber: 10x Research

Markus Thielen, kepala riset di 10x Research, menggambarkan gambaran suram tentang aksi jual pasca-halving yang dapat berlangsung selama empat hingga enam bulan. Ia menekankan kemungkinan penambang melikuidasi BTC senilai $5 miliar setelah halving, yang dapat menyebabkan pergerakan harga Bitcoin yang datar dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Bitcoin Halving Countdown: 4 Hari Lagi, Gimana Pergerakan Harganya?

Strategi Penambang

akumulasi btc marathon
Akumulasi BTC Maratahon sebelum Halving. Sumber: 10x Research

Menjelang halving, para penambang biasanya mengumpulkan BTC, yang membuat keseimbangan antara pasokan dan permintaan menguntungkan harga Bitcoin yang lebih tinggi. Namun, setelah halving terjadi, para penambang dapat beralih menjual kepemilikan mereka untuk mengurangi kerugian pendapatan.

Marathon, penambang Bitcoin terbesar di Amerika Utara, diperkirakan akan mengikuti strategi ini, secara bertahap melepas inventarisnya untuk tetap menguntungkan. Thielen memperkirakan bahwa produksi BTC harian Marathon, yang diproyeksikan sebesar 28-30 BTC sebelum halving, dapat menyusut menjadi 14-15 BTC setelah halving.

Jika penambang lain mengadopsi langkah serupa, hal itu dapat memicu masuknya BTC dalam jumlah besar ke pasar setiap harinya, yang berpotensi mengganggu dinamika pasokan-permintaan yang mendorong lonjakan harga sebelum halving.

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024: Apa yang Berbeda dari Halving 2020?

Dampak pada Pasar Altcoin

Konsekuensi dari potensi aksi jual ini tidak hanya terbatas pada Bitcoin, tetapi juga berdampak pada altcoin. Altcoin yang sudah terpukul oleh penurunan signifikan dalam beberapa minggu terakhir, diperkirakan akan mengalami lebih banyak gejolak setelah halving.

Sementara beberapa pihak memperkirakan adanya reli altcoin yang terkait dengan halving, pola historis menunjukkan bahwa reli tersebut mungkin baru akan terjadi beberapa bulan kemudian.

Kesimpulan

Halving Bitcoin yang akan datang membawa ketidakpastian yang signifikan bagi pasar kripto. Potensi aksi jual oleh para penambang dapat menekan harga Bitcoin dan altcoin, menciptakan tantangan bagi investor dan pedagang. Penting untuk memantau perkembangan pasar dengan cermat dan mempertimbangkan strategi investasi yang tepat untuk menghadapi potensi volatilitas yang meningkat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->