Bitcoin Halving: Hadiah Penambang Bitcoin Berkurang, Bagaimana Nasib Crypto?

Updated
April 20, 2024
Gambar Bitcoin Halving: Hadiah Penambang Bitcoin Berkurang, Bagaimana Nasib Crypto?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dunia crypto kembali diramaikan dengan peristiwa penting, yaitu Bitcoin halving keempat. Peristiwa ini terjadi pada hari Jumat, 19 April 2024 pukul 20:12 ET, tepatnya di blok 840.000. Penambang yang beruntung dari Viabtc berhasil menambang blok 840.000 dan mendapatkan hadiah berupa 3,125 BTC. Halving ini menandai babak baru dalam perjalanan Bitcoin.

Peristiwa Halving Bitcoin

Peristiwa Halving Bitcoin
Viabtc

Halving Bitcoin adalah peristiwa yang terjadi setiap 210.000 blok, atau sekitar empat tahun sekali. Dalam peristiwa ini, hadiah yang diberikan kepada penambangan Bitcoin dipotong setengah. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan inflasi dan menjaga kelangkaan Bitcoin.

Baca Juga: Market Sempat Flash Dump, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/4/24)?

Pada halving pertama yang terjadi pada tahun 2012, hadiah penambang dipotong dari 50 BTC menjadi 25 BTC. Halving kedua terjadi pada tahun 2016, dan hadiah penambang dipotong dari 25 BTC menjadi 12,5 BTC. Halving ketiga terjadi pada tahun 2020, dan hadiah penambang dipotong dari 12,5 BTC menjadi 6,25 BTC.

Dampak Halving terhadap Penambang Bitcoin

bitcoin mining difficulty
Sumber: Envato

Halving Bitcoin tentu saja berdampak besar terhadap penambang Bitcoin. Hadiah yang mereka terima berkurang setengah, sehingga pendapatan mereka juga berkurang. Hal ini dapat menyebabkan beberapa penambang kecil gulung tikar.

Namun, halving juga dapat berdampak positif terhadap harga Bitcoin. Ketika hadiah penambang berkurang, jumlah Bitcoin yang beredar di pasaran juga berkurang. Hal ini dapat menyebabkan harga Bitcoin naik.

Masa Depan Bitcoin

Halving Bitcoin merupakan peristiwa penting yang akan terus berulang setiap empat tahun sekali. Peristiwa ini akan terus berdampak terhadap penambang Bitcoin dan harga Bitcoin. Namun, terlepas dari hal tersebut, Bitcoin tetap menjadi aset crypto yang sangat populer dan diminati oleh banyak orang.

Masa Depan Bitcoin: Bagaimana Halving Mempengaruhi Penambang dan Harga Crypto

Halving Bitcoin adalah peristiwa penting yang akan terus berulang setiap empat tahun sekali. Peristiwa ini akan terus berdampak terhadap penambang Bitcoin dan harga Bitcoin. Namun, terlepas dari hal tersebut, Bitcoin tetap menjadi aset crypto yang sangat populer dan diminati oleh banyak orang.

Baca Juga: Bitcoin Tetap Stabil di Kisaran $64 Ribu di Hari Bitcoin Halving

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->