Consensys Gugat SEC AS Terkait Regulasi Ethereum, Apa yang Terjadi?

Updated
April 26, 2024
Gambar Consensys Gugat SEC AS Terkait Regulasi Ethereum, Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Perusahaan pengembangan perangkat lunak Consensys mengajukan gugatan terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) dan lima komisarisnya atas klaim bahwa mereka berencana “untuk mengatur ETH sebagai sekuritas.” Simak berita lengkapnya berikut ini!

Gugatan Consensys terhadap SEC AS

Dalam pengajuan pada tanggal 25 April di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara Texas, Consensys menuduh SEC telah mengatur kampanye “untuk menguasai masa depan mata uang kripto” dengan tindakan penegakan hukum yang bertujuan untuk mengatur Ethereum (ETH) sebagai sekuritas.

Perusahaan tersebut mengutip catatan SEC — juga merujuk pada pernyataan Ketua Gary Gensler — yang menyatakan ETH bukan sekuritas sejak tahun 2018, memperingatkan potensi konsekuensi dari perubahan posisi komisi setelah perusahaan membangun bisnis berdasarkan preseden peraturan.

“Pengambilalihan wewenang SEC yang melanggar hukum atas ETH akan menjadi bencana bagi jaringan Ethereum, dan bagi Consensys,” kata pengajuan tersebut.

“Setiap pemegang ETH, termasuk Consensys, akan takut melanggar undang-undang sekuritas jika mereka mentransfer ETH di jaringan. Dan kemampuan siapa pun yang baru mengenal ETH untuk menggunakan penyimpanan aplikasi dan layanan terdesentralisasi Ethereum akan padam. Ini akan menghentikan penggunaan blockchain Ethereum di Amerika Serikat, melumpuhkan salah satu inovasi internet terbesar.”

Baca Juga: SEC Menuntut Denda $2 Miliar dari Ripple, CEO Ripple Bereaksi Keras!

SEC AS Incar Dompet MetaMask

skandal sec
Sumber: The Block

Consensys menuduh bahwa SEC telah “mengarahkan pandangannya” pada perangkat lunak dompet MetaMask milik perusahaan, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan sendiri ETH dan mata uang kripto lainnya.

Perusahaan tersebut mengatakan dalam pengajuan bahwa mereka menerima pemberitahuan Wells dari SEC pada tanggal 10 April, yang memperingatkan potensi tindakan penegakan hukum terkait dengan produk MetaMask Swaps dan MetaMask Staking. Ia menambahkan bahwa SEC mengatakan dalam konferensi telepon bahwa Consensys beroperasi sebagai pialang-pedagang yang tidak terdaftar.

Meskipun gugatan tersebut secara khusus menyebutkan kelima komisaris SEC dalam kapasitas resmi mereka, gugatan tersebut juga menargetkan pernyataan Gensler yang tidak konsisten tentang Ethereum.

Ketua SEC menghindari pertanyaan tentang apakah ETH berada di bawah jangkauan peraturan komisi dalam sidang April 2023, meskipun mengatakan pada tahun 2018 — ketika ia menjadi profesor universitas — bahwa Ethereum bukan sekuritas.

Baca Juga: Ripple Terpaksa Membuka Laporan Keuangannya Kepada SEC Atas Perintah Pengadilan

Consensys Minta Pengadilan Tetapkan ETH Bukan Sekuritas

eth bukan sekuritas
Sumber: PACER

Menurut Consensys, perusahaan tersebut menerima tiga panggilan pengadilan pada tahun 2023 mengenai permintaan informasi terkait dengan “akuisisi, kepemilikan, dan penjualan ETH.” Perusahaan menegaskan kembali bahwa upaya SEC yang sedang berlangsung untuk mengklasifikasikan Ethereum sebagai sekuritas “menarik karpet” dari perusahaan yang berusaha beroperasi dengan itikad baik dengan pedoman peraturan.

Ia meminta keringanan resmi dengan meminta pengadilan menyatakan “ETH bukan sekuritas berdasarkan Undang-Undang Sekuritas dan bahwa penjualan ETH oleh Consensys bukan penjualan sekuritas.”

Consensys mengajukan gugatan di Texas, tempat perusahaan tersebut berkantor pusat di Fort Worth. Distrik federal negara bagian tersebut telah menjadi pusat perhatian untuk masalah hukum terkait kripto.

Pada tanggal 23 April, Blockchain Association dan Crypto Freedom Alliance of Texas menggugat SEC atas upaya perluasan Aturan Dealer-nya. Pada bulan Februari, Texas Blockchain Council dan Riot Platforms mengajukan gugatan atas informasi penggunaan energi dari penambang kripto.

Meskipun SEC belum mengajukan gugatan terhadap Consensys pada saat publikasi, pemberitahuan Wells terkadang dapat menjadi tanda bahwa komisi tersebut berencana untuk mengajukan tindakan penegakan hukum. SEC memiliki kasus perdata yang sedang berlangsung terhadap Coinbase, Binance, dan Ripple dan baru-baru ini menyelesaikan persidangan dalam tindakan terhadap Terraform Labs dan Do Kwon.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->