UMverse dan Engage: Mendefinisikan Ulang Pendidikan dengan VR dan AR!

Updated
May 9, 2024
Gambar UMverse dan Engage: Mendefinisikan Ulang Pendidikan dengan VR dan AR!

Jakarta, Pintu News¬†‚Äď Universitas Miami (UM) telah mengambil langkah dalam merevolusi pendidikan dan konferensi profesional dengan menerapkan UMverse. Inisiatif ini mengintegrasikan teknologi terkini ke dalam lingkungan belajar dan penelitiannya.

Bekerja sama dengan ENGAGE, platform komputasi spasial SaaS Enterprise, UM telah menyelenggarakan konferensi tentang penerapan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality

dalam perawatan kesehatan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

UMverse: Mendefinisikan Ulang Pendidikan

Baru-baru ini, Engage bekerja sama dengan Universitas Miami untuk menyelenggarakan konferensi inovatif, bekerja sama dengan Virtual Reality/Augmented Reality Association (VRARA). Konferensi yang dihadiri oleh hampir 100 profesional ini difokuskan pada bagaimana teknologi imersif seperti Virtual dan Augmented Reality digunakan dalam perawatan kesehatan.

UMverse bukan hanya tentang mengadopsi teknologi terkini; ini tentang mengubah metodologi pendidikan. Dengan melampaui alat tradisional seperti buku teks dan video, UMverse menawarkan pengalaman dan simulasi multisensori yang imersif yang meningkatkan pembelajaran yang dipersonalisasi dan perawatan pasien melalui penelitian lanjutan.

engage
Sumber: NFT News Today

Dengan lebih dari 40 mata kuliah yang telah menggabungkan platform ENGAGE, UM membuka jalan dalam memanfaatkan teknologi VR untuk pendidikan. Platform XR ENGAGE telah menjadi pokok di UM, tidak hanya untuk pendidikan tetapi juga dalam program pelatihan khusus.

Misalnya, mahasiswa kedokteran di Bascom Palmer Eye Institute menggunakan aplikasi yang dikembangkan ENGAGE untuk belajar tentang penggunaan lampu celah untuk pemeriksaan mata. Penerapan praktis VR dalam pelatihan medis ini menyoroti efektivitas platform dalam meningkatkan hasil pendidikan.

Baca Juga: Yuga Labs dan Somnia Forge Berkolaborasi untuk Tingkatkan Interoperabilitas Metaverse

Model Kehadiran Ganda

apple metaverse
Sumber: Technology Innovators

Salah satu fitur unik dari konferensi UMverse baru-baru ini adalah model kehadiran gandanya. Sementara banyak yang hadir secara fisik di pusat konferensi University of Miami Lakeside, peserta internasional berpartisipasi secara virtual melalui platform ENGAGE. Pengaturan konferensi hibrida ini mencontohkan masa depan, di mana kehadiran fisik dan virtual menyatu.

Menurut Kim Grinfeder, Ketua Departemen Media Interaktif, ‚ÄúTujuan kami adalah untuk memiliki sebanyak mungkin peserta di konferensi untuk bertukar pengetahuan tentang AR dan VR; kami menyadari bahwa tidak semua orang dapat hadir secara langsung. Oleh karena itu, kami memilih opsi partisipasi jarak jauh menggunakan realitas virtual, yang menyimpang dari konferensi video tradisional untuk menawarkan pengalaman yang lebih mendalam. Selain itu, kami memutuskan untuk menggunakan platform komputasi spasial yang sama yang sudah digunakan di sekolah kami untuk tujuan pengajaran.‚ÄĚ

Dengan internet yang berkembang menjadi pengalaman 3D waktu nyata, konferensi virtual menjadi semakin populer. Platform ENGAGE tampaknya menawarkan pengalaman yang lebih mendalam daripada streaming video tradisional dengan memungkinkan peserta untuk berinteraksi di ruang konferensi virtual, terlibat dengan pembicara, dan secara aktif berpartisipasi dalam diskusi dari lokasi terpencil.

Baca Juga: Apple Vision Pro: Headset Canggih yang Diminati Perusahaan Besar

Konferensi UMverse: Menjembatani Kesenjangan antara Pendidikan dan Teknologi

Konferensi UMverse adalah contoh utama bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan pendidikan dan perawatan kesehatan. Dengan menggabungkan VR dan AR ke dalam kurikulumnya, UM memberikan siswa dan profesional alat yang mereka butuhkan untuk berhasil di dunia yang semakin digital.

Kemitraan UM dengan ENGAGE adalah contoh bagaimana universitas dan perusahaan dapat bekerja sama untuk menciptakan solusi inovatif yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->