El Salvador Luncurkan Situs Web Pemantauan Cadangan Bitcoin Senilai $360 Juta!

Updated
May 14, 2024
Gambar El Salvador Luncurkan Situs Web Pemantauan Cadangan Bitcoin Senilai $360 Juta!

Jakarta, Pintu News ‚Äď El Salvador telah meluncurkan situs web bukti cadangannya sendiri, yang menampilkan berbagai alat untuk memantau kepemilikan Bitcoin

(BTC)
negara tersebut menggunakan data on-chain.

Perbendaharaan Bitcoin online El Salvador menyediakan data real-time tentang cadangan Bitcoin (BTC) negara tersebut. Negara Amerika Tengah ini secara resmi memegang 5.748 BTC, yang saat ini bernilai sekitar $360 juta, dengan Bitcoin diperdagangkan di atas angka $62.700 per 8:20 UTC.

Lebih lanjut, El Salvador telah membeli tujuh BTC senilai lebih dari $438.000 selama seminggu terakhir sambil menambahkan total 31 BTC senilai $1,94 juta selama 30 hari terakhir, menurut situs web tersebut.

Baca juga: Produk Investasi Bitcoin Mengalami Arus Masuk dan Menunjukkan Tanda Pemulihan!

Pembelian tersebut sejalan dengan tujuan El Salvador untuk menambahkan 1 Bitcoin ke perbendaharaannya setiap hari. El Salvador adalah negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada bulan September 2021.

Pemerintah bertujuan untuk mempromosikan inklusi keuangan, memfasilitasi pembayaran pengiriman uang yang lebih efisien, dan menarik inovasi keuangan.

El Salvador Mengantongi Keuntungan BTC yang Belum Terealisasi Sebesar $57 Juta

Menurut laporan, El Salvador telah melakukan dollar-cost-averaging ke Bitcoin sejak tahun 2021, dengan harga beli rata-rata $43.097 per BTC.

Dengan BTC diperdagangkan di atas $62.000, El Salvador memiliki keuntungan yang belum terealisasi lebih dari $57,4 juta dari kepemilikan Bitcoin-nya, menurut situs web Nayib Bukele Portfolio Tracker.

Sumber: Nayibtracker

Kepemilikan Bitcoin El Salvador dapat menjadi penyelamat yang signifikan bagi negara tersebut, kata pemodal ventura populer Tim Draper kepada Cointelegraph.

Menurut Draper, negara itu dapat segera menjadi mandiri secara finansial dan melunasi pinjamannya kepada Dana Moneter Internasional jika harga Bitcoin mencapai $100.000.

El Salvador Berencana Menambahkan 1 Bitcoin ke Perbendaharaannya Setiap Hari

El Salvador telah menetapkan tujuan ambisius untuk menambahkan 1 Bitcoin ke perbendaharaannya setiap hari. Negara ini telah secara konsisten membeli Bitcoin selama beberapa bulan terakhir, dan kepemilikannya saat ini mencapai 5.748 BTC.

Baca juga: Metaplanet Adopsi Bitcoin sebagai Aset Cadangan di Tengah Beban Utang Jepang!

Pembelian terbaru El Salvador termasuk tujuh BTC senilai lebih dari $438.000 selama seminggu terakhir dan 31 BTC senilai $1,94 juta selama 30 hari terakhir.

Pemerintah El Salvador percaya bahwa Bitcoin dapat membantu meningkatkan perekonomian negara tersebut. Mereka berharap bahwa Bitcoin akan menarik investasi asing, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pariwisata.

Pemerintah juga berharap bahwa Bitcoin akan membantu mengurangi ketergantungan El Salvador pada dolar AS.

Langkah El Salvador Menuai Kritik

Secara keseluruhan, keputusan Presiden Nayib Bukele untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah telah menuai kritik dari beberapa pihak. Kritikus berpendapat bahwa Bitcoin terlalu fluktuatif dan berisiko untuk digunakan sebagai mata uang.

Mereka juga khawatir bahwa adopsi Bitcoin dapat menyebabkan ketidakstabilan keuangan dan pencucian uang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->