ETF Kripto Hong Kong Alami Penarikan Dana Terbesar dalam Sehari

Updated
May 15, 2024
Gambar ETF Kripto Hong Kong Alami Penarikan Dana Terbesar dalam Sehari

Jakarta, Pintu News¬†‚Äď Pasar mata uang kripto di Hong Kong sedang mengalami gejolak. Exchange-traded fund (ETF) Bitcoin

(BTC)
dan Ethereum
(ETH)
di Hong Kong baru-baru ini mengalami penarikan dana terbesar dalam satu hari sejak diluncurkan. Penarikan dana ini menghapus semua keuntungan yang telah diperoleh sejak diluncurkan dua minggu lalu. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin Hong Kong Mengalami Penarikan Dana Besar-besaran

ETF Bitcoin spot dari Bosera, ChinaAMC, dan Harvest Global mencatat penarikan dana bersih sebesar $32,7 juta, dengan dana Bitcoin ChinaAMC menjadi yang paling banyak mengalami kerugian pada hari itu dengan penarikan dana sebesar $15,5 juta, menurut data Farside Investors.

etf hongkong farside
Aliran ETF BTC dan ETH Hong Kong sejak 2 Mei. Sumber: Farside Investors

Sementara itu, ETF Ether spot dari penerbit yang sama mengalami total penarikan dana bersih sebesar $6,6 juta. Harvest Global dan ChinaAMC sama-sama mengalami penarikan dana terbesar dengan masing-masing $3 juta. Sejak diluncurkan pada tanggal 30 April, semua dana tersebut telah mengalami total penarikan dana sebesar $20,9 juta, melampaui total arus masuk sebesar $18,4 juta yang diperoleh hingga Jumat, 10 Mei.

Penarikan dana pada hari Senin juga menandai hari perdagangan ketiga berturut-turut di mana ETF kripto Hong Kong membukukan penarikan dana bersih, dengan total $52,5 juta ditarik dari dana tersebut sejak 9 Mei.

Ini juga merupakan pertama kalinya ETF Bitcoin Harvest Global mengalami penarikan dana, yang totalnya mencapai $9,8 juta. Penarikan dana ini terjadi karena BTC diperdagangkan di bawah $61.000 selama akhir pekan dalam apa yang banyak orang yakini sebagai bagian dari kemerosotan pasca-halving.

Baca Juga: ETF Bitcoin dan Ethereum di Hong Kong: Peluang atau Sekadar Sensasi?

ETF Ethereum Hong Kong Juga Terkena Imbas

ETF Ether spot dari Bosera, ChinaAMC, dan Harvest Global juga mengalami penarikan dana yang signifikan. Pada tanggal 13 Mei, ketiga ETF tersebut mengalami penarikan dana bersih sebesar $6,6 juta.

AMC mengalami penarikan dana sebesar $3 juta, sehingga total penarikan dananya menjadi $5,2 juta, sementara Harvest mengalami penarikan dana sebesar $3 juta, sehingga total penarikan dananya menjadi $4,6 juta.

Penarikan dana dari Bosera pada hari itu mencapai $600.000, sehingga total arus dananya menjadi $7,5 juta arus masuk. Secara keseluruhan, ETF BTC dan ETH di HK telah mengalami penarikan dana gabungan sebesar $20,9 juta sejak diluncurkan.

Baca Juga: Hong Kong Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot, Berpotensi Kalahkan Amerika Serikat!

Pasar Kripto Hong Kong Masih Jauh Dibandingkan AS

Pasar ETF kripto di kawasan ini secara signifikan lebih kecil baik dalam hal dana yang ditawarkan maupun aset yang dikelola dibandingkan dengan Amerika Serikat. Sebelas ETF Bitcoin spot Amerika Serikat memiliki aset yang dikelola lebih dari $50 miliar.

ETF Hong Kong memiliki $179,2 juta, dibagi antara 88,5% saham untuk ETF Bitcoin dengan ruang yang tersisa untuk ETF Ether, menurut SoSoValue.

Kesimpulan

Penarikan dana besar-besaran dari ETF kripto di Hong Kong menunjukkan bahwa investor menjadi semakin khawatir tentang prospek pasar mata uang kripto. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk meningkatnya regulasi pemerintah, volatilitas harga yang tinggi, dan kurangnya pemahaman tentang aset kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->