MoonPay dan PayPal Berkolaborasi, Dorong Adopsi Crypto!

Updated
May 23, 2024
Gambar MoonPay dan PayPal Berkolaborasi, Dorong Adopsi Crypto!

Jakarta, Pintu News ‚Äď MoonPay, aplikasi pembelian crypto, baru saja mengumumkan kerja sama strategis dengan raksasa teknologi finansial, PayPal. Kolaborasi ini memungkinkan pengguna MoonPay di Amerika Serikat untuk membeli crypto dengan mudah menggunakan PayPal melalui transfer dompet, transfer bank, dan transaksi kartu debit.

MoonPay dan PayPal: Sinergi yang Saling Menguntungkan

moonpay ventures fokus web3 dan game
Sumber: The Block

Kolaborasi antara MoonPay dan PayPal merupakan langkah strategis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. MoonPay memperluas jangkauan penggunanya dan menawarkan opsi pembayaran yang lebih fleksibel, sementara PayPal memperluas portofolio mata uang crypto yang tersedia bagi penggunanya.

Ivan Soto-Wright, salah satu pendiri dan CEO MoonPay, menyebut kerja sama ini sebagai simbiosis mutualisme. Pengguna MoonPay mendapatkan akses yang lebih luas dan opsi pembayaran yang lebih fleksibel, sementara PayPal memperluas jangkauan mata uang crypto yang ditawarkan.

Soto-Wright menekankan bahwa kolaborasi ini bukan sekadar integrasi tunggal seperti yang dilakukan PayPal dengan MetaMask, tetapi PayPal tertanam langsung dalam infrastruktur MoonPay. Proses integrasi ini memakan waktu yang cukup lama karena PayPal harus merasa nyaman dengan MoonPay.

Baca Juga: Avalanche (AVAX) Melonjak 7% Menjelang Token Unlock: Apakah $43,50 Akan Tercapai?

PayPal dan Tron: Mempengaruhi Kebijakan Crypto Eropa

tether cetak usdt di tron

Di sisi lain, PayPal dan Tron juga dilaporkan telah memengaruhi kebijakan crypto di Eropa. Kedua perusahaan tersebut menugaskan laporan terkait protokol Proof of Stake (PoS) yang dianggap lebih ramah lingkungan daripada Proof of Work (PoW).

Crypto Carbon Research Institute (CCRI) memainkan peran penting dalam mempromosikan narasi bahwa PoS lebih hijau daripada PoW. CCRI bekerja sama dengan berbagai perusahaan, termasuk South Pole, PayPal, Avalanche, TRON Network Inc., ConsenSys Software Inc., dan Polygon Technology, untuk meneliti dan menerbitkan laporan tentang efisiensi energi dan jejak karbon dari berbagai protokol blockchain.

European Markets and Securities Authority (ESMA) saat ini sedang mengembangkan standar keberlanjutan untuk aset crypto, dengan fokus khusus pada dampak lingkungan dari berbagai mekanisme konsensus. Konsultasi publik sedang berlangsung terkait standar teknis MiCA dan implikasinya bagi Penyedia Layanan Aset Crypto dalam hal pengungkapan ESG.

Tantangan Transparansi dan Keberlanjutan dalam Sektor Crypto

Sektor crypto menghadapi tantangan dalam hal transparansi dan keberlanjutan. Diperlukan metodologi independen dan pelaporan yang transparan untuk menavigasi regulasi baru secara efektif.

Berbagai pemangku kepentingan, termasuk entitas keuangan seperti PayPal, protokol PoS, dan badan pengatur, harus bekerja sama untuk membentuk masa depan regulasi crypto yang berkelanjutan dan transparan.

Penutup

Kolaborasi antara MoonPay dan PayPal serta pengaruh PayPal dan Tron terhadap kebijakan crypto Eropa menunjukkan dinamika yang menarik dalam industri crypto. Transparansi, keberlanjutan, dan metodologi penelitian independen menjadi kunci dalam menghadapi tantangan regulasi yang semakin ketat.

Baca Juga: Daftar 5 Memecoin yang Wajib Diperhatikan untuk Cuan Besar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->