Farcaster Raih Pendanaan $150 Juta, Vitalik Buterin Menyerukan ZK-Likes!

Updated
May 24, 2024
Gambar Farcaster Raih Pendanaan $150 Juta, Vitalik Buterin Menyerukan ZK-Likes!

Jakarta, Pintu News – Farcaster, platform media sosial terdesentralisasi, baru saja meraih pendanaan sebesar $150 juta dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Paradigm.

Suntikan modal ini telah meroketkan valuasi perusahaan rintisan tersebut menjadi $1 miliar dan akan digunakan untuk memperluas jaringannya berdasarkan blockchain Ethereum dan ekosistem layer 2 Optimism.

Investor yang berpartisipasi dalam pendanaan Farcaster ini termasuk a16z, Variant, Haun, USV, dan Standard Crypto.

Pendanaan Besar untuk Ekspansi Farcaster

farcaster
Sumber: CoinBrain

Farcaster mengalami pertumbuhan yang pesat sejak menjadi “tidak diizinkan” Oktober lalu, yang telah menghasilkan lebih dari 350.000 pendaftaran berbayar dan peningkatan aktivitas jaringan sebesar 50x.

Baca juga: Resmi! ETF Ethereum Spot Telah Diberikan Lampu Hijau dan Disetujui oleh SEC

Pendiri platform, Dan Romero, mengumumkan bahwa dana yang diperoleh akan memungkinkan proyek untuk mempertahankan pengembangannya selama beberapa tahun, sambil terus memperluas basis penggunanya dan menambahkan alat baru untuk pengembang.

Selama sisa tahun 2024, Farcaster akan fokus pada perekrutan teknisi tingkat tinggi, meningkatkan jumlah pengguna aktif, dan menambahkan developer primitives ke protokol mereka, seperti saluran dan pesan langsung.

Selain itu, platform telah menggabungkan dukungan untuk layer 1 blockchain Arbitrum, menambah Solana dan Ethereum yang sudah didukung. Platform ini berupaya menawarkan kontrol yang lebih besar kepada pengguna atas data mereka dan memungkinkan pengembang untuk menambahkan aplikasi mini yang disebut “bingkai”.

Vitalik Buterin Dukung “Like” Anonim di Farcaster

Sumber: Wrapcast

Bersamaan dengan itu, Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, telah menunjukkan dukungannya terhadap implementasi zero-knowledge

like di Farcaster. Pada dasarnya membuat “like” menjadi pribadi.

Haofei, seorang insinyur di X, menjelaskan bahwa like publik mendorong perilaku yang salah karena takut akan pembalasan atau kebutuhan untuk melindungi citra publik.

Buterin mengemukakan gagasan agar Farcaster mengadopsi teknologi ini untuk memerangi pemalsuan preferensi, sebuah fenomena di mana pengguna menyembunyikan preferensi mereka yang sebenarnya karena tekanan sosial atau rasa takut. Proposal ini bertujuan untuk melindungi privasi pengguna, menolak sensor, dan mempromosikan otonomi.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Rencana Besar untuk Tingkatkan Desentralisasi Ethereum!

Reaksi Beragam dari Komunitas

Namun, komunitas memiliki reaksi yang beragam terhadap pengumuman untuk menjadikan like bersifat pribadi. Beberapa pengguna menyarankan agar tindakan ini juga diterapkan pada pengikut, sementara yang lain menyatakan ketidaksetujuan mereka.

Di sisi lain, Buterin telah mengusulkan solusi untuk mengurangi masalah miner extracted value (MEV), termasuk teknik karantina meminimalkan MEV, penggunaan daftar penyertaan, dan pengurangan persyaratan untuk menjalankan sebuah node.

Mereka berupaya mengurangi kemacetan jaringan, mengurangi kebutuhan _sliding_ pedagang, dan menurunkan tarif gas.

Secara keseluruhan, Farcaster, platform media sosial terdesentralisasi, telah berhasil meraih pendanaan sebesar $150 juta dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Paradigm. Dana ini akan digunakan untuk memperluas jaringan Farcaster berdasarkan blockchain Ethereum dan ekosistem layer 2 Optimism.

Sementara itu, Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, juga menunjukkan dukungannya terhadap implementasi zero-knowledge (ZK) like di Farcaster untuk memerangi pemalsuan preferensi dan melindungi privasi pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoPotato

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->