Bitcoin ETF Catat Arus Masuk Terbesar Kedua Sejak Maret 2024 dengan Nilai $886 Juta

Updated
June 6, 2024
Gambar Bitcoin ETF Catat Arus Masuk Terbesar Kedua Sejak Maret 2024 dengan Nilai $886 Juta

Jakarta, Pintu News ‚Äď Pada tanggal 5 Juni 2024, ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat mencatat arus masuk bersih harian terbesar kedua sejak listing, menarik dana senilai $886,75 juta.

Menurut catatan, rekor tertinggi untuk arus masuk bersih harian dari ETF Bitcoin spot adalah pada 12 Maret, dengan arus masuk sebesar $1,05 miliar.

Arus Masuk Rekor untuk ETF Bitcoin

Menurut laporan, arus masuk terbesar pada hari tersebut datang dari ETF Bitcoin Spot Fidelity (FBTC), yang menambahkan $378,7 juta, diikuti oleh ETF Bitcoin dari BlackRock (IBIT) dengan arus masuk bersih $274 juta.

Baca juga: Fidelity Sarankan Investor Alokasikan Sebagian Portofolio ke Bitcoin, Kenapa?

Sementara itu, ETF ARKB dari Ark Invest dan 21Shares mencatat arus masuk sebesar $138,7 juta, dan BITB dari Bitwise juga mencatat arus masuk sebesar $61 juta.

Grayscale GBTC menarik arus masuk sebesar $28 juta, yang merupakan arus masuk bersih terbesar ketiga sejak konversinya. ETF dari VanEck dan Valkyrie juga mencatat arus masuk bersih dalam angka satu digit.

Dominasi Pasar ETF Bitcoin

Dengan arus masuk pada hari Selasa, 11 ETF Bitcoin spot menandai hari ke-16 berturut-turut dengan arus masuk bersih, hanya satu hari di belakang rekor aliran positif terpanjang yang dicatat dari Januari hingga pertengahan Februari.

ETF Bitcoin spot telah mengumpulkan arus masuk bersih total sebesar $14,57 miliar sejak peluncurannya. Meskipun demikian, volume total aliran di ETF Bitcoin spot AS tetap lebih rendah dari puncaknya pada bulan Maret.

Nilai Bitcoin sempat menyentuh angka $71.000 pada larut malam hari Selasa, diperdagangkan sekitar $70.800 pada saat publikasi. Sementara itu, Amerika Serikat saat ini sedang menunggu peluncuran ETF Ethereum spot karena penerbit besar baru-baru ini mengajukan pernyataan pendaftaran yang diperbarui ke Securities and Exchange Commission.

Baca juga: Pasar Kripto Berpotensi Meroket $20 Triliun, CIO Bitwise Melihat Peluang Besar di AS!

Analis di K33 Research baru-baru ini memperkirakan bahwa dana Ethereum spot mungkin menarik arus masuk bersih sebesar $3,1 miliar hingga $4,8 miliar dalam lima bulan pertama perdagangan.

Pengaruh Besar pada Pasar

Presiden ETF Store, Nate Geraci, menyanggah para kritikus Bitcoin di platform media sosial yang mengatakan bahwa ETF Bitcoin akan melihat sedikit permintaan.

‚ÄúBeberapa bulan lalu saya diberitahu bahwa semua investor ritel yang ingin membeli sudah melakukannya dan tidak ada yang tersisa,‚ÄĚ tulis Geraci.

‚ÄúBagaimana ini bisa terjadi?‚ÄĚ

Di sisi lain, analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, juga menyoroti aliran besar di sekitar ETF Bitcoin pada hari tersebut, kecuali untuk Hashdex yang bergabung dengan pasar beberapa bulan setelah yang lain diluncurkan dan mengalami kesulitan dalam melihat arus masuk.

Kesimpulan

Dengan arus masuk besar-besaran pada ETF Bitcoin, jelas bahwa permintaan untuk instrumen investasi ini tetap kuat, meskipun ada skeptisisme sebelumnya.

ETF Bitcoin telah membuktikan diri sebagai alat investasi yang menarik bagi banyak investor, dan dengan peluncuran ETF Ethereum spot yang akan datang, pasar cryptocurrency semakin menunjukkan potensi pertumbuhan dan adopsi yang signifikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->