Meskipun Ada Fasilitas Baru, Halving Bitcoin Mengurangi Pendapatan Riot Miner Sebesar 43%

Updated
June 6, 2024
Gambar Meskipun Ada Fasilitas Baru, Halving Bitcoin Mengurangi Pendapatan Riot Miner Sebesar 43%

Jakarta, Pintu News ‚Äď Perusahaan penambangan Bitcoin, Riot Platforms, melaporkan produksi sebesar 215 Bitcoin

BTC

0.41%

->
pada bulan Mei, menandai penurunan 43% dari bulan sebelumnya.

Penurunan pendapatan penambangan ini merupakan dampak langsung dari peristiwa halving Bitcoin pada 20 April, yang mengurangi imbalan penambangan menjadi 3,125 BTC.

Riot telah memprediksi penurunan ini dan merencanakan peningkatan infrastruktur untuk mempertahankan produksi Bitcoin setelah halving.

Pengembangan Infrastruktur untuk Pertumbuhan Hash Rate

Pada bulan Mei, Riot meluncurkan fasilitas penambangan Bitcoin baru di Corsicana, Texas. Fasilitas ini menambah 3,1 exahashes per detik (EH/s), meningkatkan kapasitas penambangan mandiri Riot menjadi 14,7 EH/s ‚ÄĒ peningkatan sebesar 17% dari bulan sebelumnya.

Baca juga: Bitcoin ETF Catat Arus Masuk Terbesar Kedua Sejak Maret 2024 dengan Nilai $886 Juta

Fasilitas penambangan ini saat ini beroperasi pada 100 megawatt (MW) dan akan meningkat hingga 1 gigawatt (1.000 MW) setelah sepenuhnya dikembangkan.

Riot bertujuan mencapai total kapasitas hash rate sebesar 31 EH/s pada akhir 2024 dan 41 EH/s pada 2025. Untuk mencapai ini, perusahaan telah menandatangani perjanjian pembelian jangka panjang dengan MicroBT, yang mencakup pesanan awal sebanyak 33.280 penambang untuk fasilitas baru tersebut.

Strategi yang diterapkan oleh Riot dirancang untuk memastikan profitabilitas, terutama selama pasar bearish.

Riot Perkenalkan Strategi Baru

Selain meningkatkan peralatan penambangan yang lebih efisien untuk mengurangi biaya operasional, Riot juga memperkenalkan strategi baru.

CEO Riot, Jason Les, menjelaskan bahwa strategi daya unik Riot, yang biasanya diterapkan paling aktif selama bulan-bulan musim panas, telah mulai menunjukkan hasil signifikan untuk tahun ini, menghasilkan sekitar $7,3 juta dalam bentuk kredit daya dan respons permintaan pada bulan Mei.

Sumber: Riot Platform

Pada 28 Mei, Riot Platforms mengumumkan tawaran untuk membeli pesaingnya, Bitfarms, dengan premi signifikan di atas harga sahamnya. Pada saat penawaran, Riot sudah menjadi pemegang saham terbesar Bitfarms, dengan kepemilikan 9,25%.

Baca juga: Bitcoin Halving Tahun ke Tahun, Halving 2028 Akan Jauh Lebih Berbeda: Juni 2024 Update

Proposal akuisisi mencakup kombinasi tunai dan saham biasa, dengan total nilai ekuitas sebesar $950 juta bagi para pemegang saham, yang mewakili premi 24% di atas harga rata-rata saham Bitfarms selama satu bulan yang ditimbang berdasarkan volume per 24 Mei.

Implikasi Pasar

Penurunan pendapatan dan produksi Bitcoin yang dilaporkan oleh Riot Platforms mencerminkan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam industri penambangan kripto, terutama setelah peristiwa halving Bitcoin.

Meskipun telah meluncurkan fasilitas baru dan meningkatkan kapasitas hash rate, Riot masih menghadapi tekanan dari penurunan imbalan penambangan. Namun, strategi baru dan peningkatan infrastruktur diharapkan dapat membantu perusahaan mempertahankan profitabilitas dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->