zkSync Era Rilis Upgrade v24 ke Mainnet: Inovasi untuk Pengalaman Pengguna dan Pengembang!

Updated
June 9, 2024
Gambar zkSync Era Rilis Upgrade v24 ke Mainnet: Inovasi untuk Pengalaman Pengguna dan Pengembang!

Jakarta, Pintu News ‚Äď zkSync Era, solusi scaling Layer 2 untuk Ethereum, baru saja berhasil merilis upgrade perangkat lunak v24 ke mainnet.

Peningkatan ini bertujuan untuk memperkuat aspek keamanan dan fungsionalitas dari solusi scaling Ethereum ini, sekaligus memperkenalkan beberapa fitur baru yang diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan pengembang.

Peluncuran zkSync Era v24 ke Mainnet

Salah satu pencapaian terbesar zkSync Era adalah peluncuran v24 upgrade yang berjalan lancar pada 7 Juni 2024. Sebelum peluncuran, para pengembang telah melakukan audit komprehensif untuk memastikan bahwa semua fitur baru bebas dari bug.

Baca juga: Zilliqa Luncurkan Upgrade 2.0 dalam Whitepaper dan Roadmap Baru!

Salah satu komponen penting dari upgrade ini adalah penambahan precompile P256Verify, yang meningkatkan kemampuan untuk menandatangani transaksi pada perangkat seperti Secure Enclave dari Apple, Webauthn, dan Android Keychain.

Upgrade ini juga menghadirkan zkSync Bridgehub, yang merupakan bagian integral dari ekosistem zkSync. Fitur ini bertujuan untuk memfasilitasi integrasi rantai ZK Stack dan memungkinkan perpindahan pengguna dan likuiditas secara lebih mulus antara platform yang berbeda.

Selain itu, mode Validium juga ditambahkan, yang mencakup token dasar baru dan lapisan Data Availability (DA) yang khusus pada blockchain ZK Stack.

Peningkatan dan Transisi Tata Kelola

Sebagai bagian dari peluncuran v24, zkSync Era juga mulai mendesentralisasi tata kelolanya. Tim pengembangan inti telah berjanji bahwa ini akan menjadi upgrade terakhir yang mereka lakukan sebelum menyerahkan tata kelola kepada komunitas pada bulan Juni tahun ini.

Langkah ini merupakan langkah signifikan menuju pendekatan pengembangan yang lebih terbuka dan berorientasi pada komunitas.

Dalam rilis ini, para pengembang telah memperbaiki beberapa masalah teknis yang ditemukan selama pengujian end-to-end dari protokol v24 di testnet. Ini mencakup perubahan pada logika sirkuit zkSync, logika VM, infrastruktur pengujian, dan jalur rilis untuk memastikan bahwa transisi ke pengaturan mainnet berjalan dengan lancar.

Baca juga: BRICS Pertimbangkan Ripple untuk Sistem Pembayaran Otomatis, Harga XRP Siap Melonjak?

Peningkatan Pengalaman Pengembang dan Pengguna

Selain itu, zkSync Era juga merilis versi Beta dari Node untuk meningkatkan antarmuka pengembang. Rilis ini secara signifikan meningkatkan kemudahan memulai dan menjalankan node, serta sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukannya, sehingga membuka kemungkinan bagi lebih banyak pengembang untuk bergabung.

Versi Beta ini memiliki pengaturan Docker satu baris dan sinkronisasi dari snapshot untuk menjaga keselarasan dengan Main Node. Peningkatan ini dirancang untuk mengoptimalkan alur kerja pengembang dan mengakomodasi perluasan komunitas zkSync.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Storj

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->